4 Cara Memperbaiki Layar Laptop Yang Rusak Dengan Mudah

 

CARA MEMPERBAIKI LAYAR LAPTOP YANG RUSAK – Pernahkah kamu para pengguna laptop alami kerusakan pada layar perangkat kamu? Barangkali bisa dikatakan tidak sedikit pengguna yang sempat alami kerusakan layar pada laptop.

Entah itu cuma hanya kerusakan ringan semacam layar yang berkedip- kedip tiap beberapa waktu, sampai kerusakan yang lebih parah seperti layar timbul garis serta bayangan berwarna- warni atau bahkan mati total tidak menyala sama sekali.

Nah, untuk kamu yang tengah hadapi kerusakan layar laptop serta mencari- cari cara buat memperbaikinya sendiri, berikut ini Tekno Mania bagikan cara memperbaiki layar laptop tanpa wajib ke tukang servis.

Cara Memperbaiki Layar Laptop Yang Rusak Dengan Mudah

Kerusakan pada layar laptop mempunyai pemicu serta akibat dan cara membetulkan yang berbeda satu sama yang lain. Berikut merupakan beberapa di antaranya.

1. Layar Laptop Berkedip

Layar laptop berkedip rata- rata biasanya diakibatkan oleh bermacam aspek, seperti misalnya resolusi layar terlampau besar, energi listrik yang tidak normal, sampai VGA yang bermasalah.

Pastinya, layar yang berkedip ini akan membuat mata tidak nyaman, terlebih bila digunakan untuk waktu yang lama. Apalagi, laptop yang berkedip umumnya menunjukkan visual yang cenderung low definition, sehingga kurang memuaskan.

Khususnya, bila kamu memerlukan tampilan visual yang detail buat kebutuhan desain serta editing. Untuk itu, pastikan terlebih dulu pemicu layar laptop kamu berkedip. Bila memang penyebabnya merupakan resolusi sangat besar, kamu bisa menurunkannya lewat pengaturan di control panel.

Sebaliknya, apabila energi listrik yang tidak normal merupakan permasalahannya, maka solusinya merupakan memakai stabilizer ataupun membetulkan komponen stabilizer di layar laptop kamu. Buat VGA yang bermasalah, tidak ada cara lain selain membawanya ke tempat servis, sebab agak susah memandang VGA built- in laptop yang mengalami kendala.

2. Layar Laptop Terdistorsi

Karakteristik utama dari layar laptop terdistorsi merupakan tampilannya yang nampak semacam tv yang“ bersemut”. Permasalahan semacam ini umumnya tidak sering ditemui, tetapi dalam mayoritas permasalahan, layar terdistorsi diakibatkan oleh kerusakan yang terjadi pada komponen hardware pada laptop kamu.

Misalnya kabel output video yang longgar ataupun pengaturan OS yang salah. Bila masalahnya ada di OS, maka kamu bisa mengeceknya langsung lewat BIOS.

Jika pada tampilan BIOS tidak terdapat permasalahan, maka kamu bisa menginstal ulang OS. Sebaliknya, bila masalahnya ada di kabel output yang longgar, maka kamu butuh membongkar layar tersebut.

3. Layar Laptop Hitam

Layar laptop yang mati ataupun biasa diucap juga blank screen ataupun layar laptop hitam, biasanya diakibatkan oleh bermacam hal. Beberapa di antaranya merupakan RAM yang tidak terpasang dengan baik ataupun lampu neon yang menerangi layar yang bermasalah.

Buat memastikan bila memang permasalahan terletak pada layar laptop hitam, kamu bisa menyambungkannya dengan fitur proyektor ke layar ataupun monitor pc.

Bila menyala, dapat ditentukan bila kasus terletak di layar laptop. Buat menyiasatinya, kamu bisa membongkar laptop dengan hati- hati serta membenarkan penyebabnya. Bila permasalahannya terletak di RAM, maka kamu bisa membukanya serta memperbaiki posisinya ataupun dipasang kembali.

Permasalahannya belum berakhir? Coba dahulu buat membersihkan metal pin di RAM ataupun slot motherboard dengan karet penghapus. Apabila permasalahan masih berlanjut, maka telah saatnya laptop kamu betul- betul dibawa ke tukang servis.

4. Layar Laptop Terbalik

Yang diartikan dengan layar laptop terbalik merupakan tampilan laptop berganti 90 derajat dikala dinyalakan. Keadaan ini umumnya dirasakan bila kamu salah memencet tombol tertentu ataupun memanglah pada dasarnya ada kehancuran pada hardware laptop. Bila perkaranya merupakan yang awal, hingga kamu bisa melaksanakan langkah gampang berikut ini.

Memencet Ctrl+ Alt+→[Panah Kanan]: perintah ini akan membuat tampilan layar kamu berbalik 90 derajat ataupun ke arah samping kanan.

Memencet Ctrl+ Alt+↓[Panah Bawah] perintah ini akan membuat tampilan layar kamu berbalik 180 derajat ataupun ke arah bawah.

Memencet Ctrl+ Alt+←[Panah Kiri]: perintah ini akan membuat tampilan layar kamu berbalik 270 derajat ataupun ke arah samping kiri.

Ctrl+ Alt+↑[Panah Atas]: perintah ini akan membuat tampilan layar kamu berbalik 360 derajat ataupun ke arah atas yang ialah posisi wajar.

Nah, jika permasalahannya ada pada hardware laptop, tidak terdapat cara lain selain membongkar laptop tersebut terlebih dulu, ataupun juga dengan pertolongan tukang servis pc terdekat dari rumah kamu.

Sekian cara memperbaiki layar laptop yang rusak sampai bertemu di artikel Tekno Mania lainnya, semoga bermanfaat!

Baca juga:

5 Kekurangan WhatsApp versi PC & Laptop

Iklan