Cara Register Website Anda ke Google Search Console

 

Google Search Console adalah layanan Google baru yang akan menggantikan Google Webmaster Tools (GWT), dan untuk saat ini Google Search Console belum sepenuhnya menggantikan Google Webmaster Tools, Anda masih dapat melihat versi GWT dan juga rekomendasi untuk melihat GSC sebagai pengganti.

Dan ini adalah kesempatan bagi kamu untuk mempelajari tentang Google Search Console agar kamu terbiasa kalau nanti sudah dijadikan full version dan Google betul-betul menghilangkan Google Webmaster Tools.

Pada artikel kali ini saya akan menjelaskan secara jelas tentang apa itu Google Search Console dan bagaimana itu dapat bermanfaat untuk situs WordPress kamu (bahkan untuk semua jenis website). Lalu saya akan memberitahukan beberaa cara berbeda untuk melakukan mendaftarkan atau menambahkan situs WordPress anda ke Google Search Console yang baru.

GOOGLE SEARCH CONSOLE ADALAH

Saya akan menjelaskan secara singkat, jelas dan padat karena anda mungkin hanya ingin langsung memmbaca pada bagian verifikasi situs web ke Google Search Console.

Namu saya sangat menyarankan kepada anda sebaiknya terlebih dahulu anda membaca dengan baik agar benar-benar paham dengan tentang apa yang akan anda tambahkan kedalam situs website anda dengan Google Search Console.

Google Search Console adalah layanan resmi dari Google yang membantu dengan SEO.

Google Search Console  sebagai tempat untuk menambahkan sitemap daripada situs website anda dan mengontrol pengaturan SEO penting lainnya, seperti seberapa cepat Google merayapi atau menelusuri website anda

Google Search Console berperan penting untuk memasukan situs WordPress dan semua URL anda untuk dimasukan ke dalam daftar mesin pencarian giigke

Google Search Console juga memungkinkan anda melihat analytics yang bermanfaat seperti kata kunci mana yang bekerja untuk website anda.

CARA VERIFIKASI GOOGLE SITE UNTUK SITUS DI WORDPRESS

Plugin SEO WordPress ⇒ Meskipun sebagian besar plugin SEO dapat membantu anda menyelesaikan langkah verifikasi situs Google, saya akan membahas nya secara detail tentang YOAST SEO dan All In One SEO Pack karena ke-2 plugin SEO ini merupakan plugin SEO yang paling populer dan banyak digunakan oleh para pengguna wordpress diseluruh dunia.

Google Analytics / Google Tag Manager ⇒ Kalau anda telah menggunakan Google Analytics untuk menganalisis pengunjung / Google Tag Manager, anda bisa terhubung ke salah satu layanan ini tanpa harus menambahkan sesuatu yang baru kedalam situs anda.

Memasang Kode Verifikasi Google Tag di bagian <head> ⇒ Kalau anda sudah menggunakan plugin seperti “Insert Header or Footer” atau kalau themes yang anda gunakan mempunyai fitur untuk memungkinkan anda menambahkan kode langsung ke bagian <head>, maka anda dapat menggunakan fitur tersebut tanpa perlu melakukan installasi plugin “insert Headers or Footer”.

Menggunakan DNS Record Domain ⇒  Ini mungkin sedikit susah untuk pemula , namun itu bagus karena tidak melibatkan penambahan kode apapun langsung ke situs website anda (kalau anda seseorang yang sangat memprioritaskan optimasi kinerja web, maka anda harus menggunakan cara ini).

Upload File ⇒  Ini bukanlah metode yang saya sukai karena ini adalah cara yang paling menguras waktu dan mengharuskan anda meninggalkan file di server anda. Namun ini juga merupakan salah satu metode yang direkomendasikan oleh Google, jadi saya akan tetap membahas nya.

CARA UNTUK MENAMBAHKAN SITUS WEBSITE ANDA KE GOOGLE SEARCH CONSOLE

Untuk mengawali silahkan anda membuka Google Search Console, lalu klik tombol “Start Now

Anda kemudian akan diminta untuk menambahkan situs website anda dengan memasukan alamat URL nya

Setelah anda selelai memasukan URL nya, anda akan melihat daftar opsi untuk melakukan Verifikasi kepemilikan (Owner Verifications) situs.

 

CARA UNTUK VERIFIKASI GOOGLE SITE

Anda hanya perlu memilih salah satu metode ini. Silahkan anda memilih mana yang paling mudah untuk anda dan tidak perlu anda gunakan semua, cukup pilih salah 1 saja.

1 – PLUGIN SEO WORDPRESS

Kalau anda sudah menggunakan plugin SEO WordPress, maka plugin tersebut tentu akan menawarkan kepada anda cara mudah untuk menyelesaikan proses Verifikasi Google Site.

Untuk memulai, silahkan anda buka pilihan HTML tag dan salin kode yang berada didalamnya.

Lantas anda harus menambahkan kode ini kedalam plugin SEO anda

Yoast SEO ⇒ Kalau kamu menggunakan Yoast SEO, kamu bisa melakukannya dengan masuk kedalam SEO ⇒ General ⇒ Webmaster Tools di dalam dashboard WordPress anda. Lalu silahkan tempelkan tag HTML lengkap kedalam kotak kode verifikasi Google.

 

Klik tombol “Save Changes” dan selesai! Waktu anda menyimpan pengaturan tersebut, kode yang anda masukan tadi hanya tinggal kode angka unik yang berada diantara tanda petik 2 () dan itu tidak bermasalah karena memang hanya itu yang dibutuhkan.

All in One SEO ⇒ Jika kamu menggunakan plugin SEO All in One SEO Pack, anda bisa melakukannya dengan mengulir ke area webmaster Verification di dalam General Setting.

Kali ini anda hanya butuh menempelkan bagian dari tag HTML ke dalam kotak alat Google Webmaster. Khusus nya, anda perlu bagian diantara tanda petik 2 (“) tepat nya berada di bagian content=”Copy_this”.

Kemudian, tambahkan hanya bagian tersebut kedalam kolom “Google Webmaster Tools” di All in One SEO Pack anda.

Klik tombol “Save Changes” dan finish!

Setelah itu anda dapat menyimpan perubahan dalam plugin SEO anda, silahkan kembali lagi ke Google Search Console dan klik tombol “Verify” untuk menyelesaikan proses verifikasi.

2. GOOGLE ANALYTICS / GOOGLE TAG MANAGER

Apabila anda telah menggunakan Google Analytics atau Google Tag Manager didalam situs anda, anda bisa menggunakan layanan yang ada untuk melakukan verifikasi situs anda dengan Google Search Console karena semuanya adalah layanan resmi Google.

Kami mempunyai panduan untuk menambahkan Google Analytics dan menambahkan Google Tag Manager jika kamu ingin menggunakannya. Saya tidak akan menambahkan layanan ini hanya untuk melakukan verifikasi situs anda dengan Google Search Console.

 

Setelah berhasil menambahkan Google Analytics atau Google Tag Manager, selanjutnya kamu hanya perlu memilih opsi Google Analytics atau Google Tag Manager ketika anda mencoba untuk menambahkan situs anda ke Google Search Console. Kemudian, hanya tinggal klik “Verify“. Selamat, Langkah Verifikasi Google Site anda sudah selesai.

3. KODE SNIPPET DALAM HEADER WEBSITE

Pada dasarnya anda harus melakukan ini pada plugin SEO anda, namun ini dilakukan secara manual, caranya anda bisa menambahkan HTML tag yang sama ke bagian dari situs WordPress anda dengan menggunakan :

⇒ Plugin Insert Header and Footer

⇒ Pasang di WordPress Themes anda

Cara paling gampangnya adalah menggunakan plugin Insert Headers and Footers gratis dan letakkan pada kolom Header.

Setelah menambahkan kode berikut silahkan anda menekan tombol “Verify” pada Google Search Console untuk menyelesaikan proses verifikasi Google Site.

4. DNS RECORD

Ini adalah cara yang paling susah, namun dengan cara ini anda tidak perlu menambahkan apapun baik itu file atau kode kedalam situs WordPress anda.

Di sisi lain, kalau kamu menggunakan CDN Cloudflare untuk situs WordPress anda, anda perlu menambahkan catatan DNS menggunakan Cloudflare Interface.

Lihat dokumentasi dukungan hosting anda kalau anda tidak yakin dimana mengedit data DNS. Google juga akan memberikan anda alat untuk mencoba dan membantu anda dengan perintah.

Setelah kamu bisa mengedit data DNS, silahkan kamu salin kode dari Google Search Console, kamu bisa memilih provider mana dimana anda membeli domain, karena disini saya menggunakan hosting Bluehost, jadi saya akan memilih Bluehost dan klik link teks “Add a TXT recored”  dan kalau provider anda tidak ada dalam daftar , silahkan melakukan pilihan “other” pada menu drop down.

 

Untuk melakukannnya, anda harus dapat mengedit data DNS domain anda. Biasanya anda harus melakukannya melalui cPanel Hosting anda. Contohnya, di akun Bluehost, saya bisa mengedit catatan DNS Record melalui cPanel.

Lalu, silahkan anda buat data TXT baru dan tempel nilai tersebut sebagai Type TXT. Tergantung pada dimana anda menambahkan catatan anda, anda juga mungkin harus menentukan TTL – dan anda bisa menggunakan 1800 sebagai score nya.

Setelah melakukan perubahan pada DNS disebarkan (yang mungkin memerlukan sedikit waktu), anda akan dapat menyelesaikan proses verifikasi dengan melakukan klik tombol “verify” pada Google Search Console.

5. UPLOAD FILE KE SERVER

Terakhir adalah, anda juga bisa menggunakan metode lain yang direkomendasikan oleh Google, yaitu meng-upload file ke server hosting anda.

Anda dapat mendownload file dari pilihan “HTML File” di Google Search Console :

Lalu kamu bisa meng-upload file tersebut ke server hosting kamu menggunakan FTP client Filezilla atau via cPanel File Manager.

Pastikan untuk meng-uploadnya ke folder root dari situs anda. Itu biasanya folder yang sama berisi folder wp-config.php anda subfolder wp-admin atau yang umum dalam folder public-html.

Sesudah kamu mengunggah file, kembali ke Google Search Console dan klik tombol “Verify”.

Terakhir, penting untuk diperhatikan bahwa untuk semua cara ini anda harus menempelkan kode atau file di dalam situs anda. Artinya anda dilarang menghapus kode cuplikan tersebut atau file setelah melakukan verifikasi situs website anda dengan Google Console, jika anda hapus maka anda harus mengulang nya kembali dari awal dan melakukan verifikasi kembali.

Sekian cara lengkap mendaftarkan atau menambahkan website WordPress anda ke Google Search Console. Pastikan anda memilih metode yang paling gampang dan cukup satu verifikasi saja. Semoga artikel ini bermanfaat untuk anda dan situs anda.

Baca Juga : Apa itu CF dan TF? 

Iklan