Kode QR atau yang dapat disebutkan dengan kode QR adalah tehnologi evolusi dari barcode atau yang disebutkan dengan kode batang. Awalannya, kode batang sendiri mengangkat satu dimensi. Sedang QR Code mengangkat dua dimensi.

QR Code sendiri benar-benar seringkali dipakai oleh Negari Sakura, Jepang. Mereka yakin jika QR Code mempunyai potensi yang lebih hebat dibanding dengan barcode. QR Code tertera dapat untuk menaruh data yang semakin besar dibanding dengan barcode. Tetapi sekarang Indonesia sendiri juga juga mengangkat QR Code untuk kepentingan usaha atau register.

Nah, tahukah Anda jika QR Code dapat dibikin sendiri? Keringanan dari QR Code ini dapat juga Anda buat sendiri lho. Maka, kesempatan ini Carisinyal akan mengulas bagaimanakah cara membuat QR Code. Ingin tahu ? Yuk cek artikel Carisinyal ini sampai akhir.

QR Code pertama-tama diusung oleh satu Corporation bernama Denso Wave. Denso Wave Corporation sukses mempublikasikan tehnologi QR Code pertama-tama pada tahun 1994. Denso Wave sendiri adalah perusahaan Jepang yang ingin membuat alat pindai dengan tanggapan yang cepat. Oleh karena itu, mereka membuat alat pindai QR. QR sendiri adalah singkatan dari quick response atau tanggapan cepat. Sesuai singkatannya, QR Code diinginkan dapat mengemukakan info secara cepat menanggapinya dengan cepat.

 

Peranan awal dari QR Code sendiri digunakan jadi pencarian kendaraan sisi manufaktur. Tetapi sekarang, QR Code mempunyai peranan yang lebih luas. Bila Anda lihat, Jepang benar-benar memercayakan QR Code untuk memudahkan semua kegiatan.

Hampir tiap hp selular yang berada di Jepang mempunyai tekonologi QR Code untuk mempermudah promo produk, layanan, atau perdangan yang lain. Sedang di Indonesia, QR Code pertama-tama dipakai oleh KOMPAS supaya beberapa pembacanya lebih gampang untuk terhubung berita, memberi komentar atau memberi input pada KOMPAS.

Peranan serta Faedah QR Code Dibagian riwayat QR Code telah diuraikan selintas tentang peranan serta faedah dari QR Code yaitu menaruh data serta memudahkan akses. Untuk peranan dari QR Code dapat dibagi ke dua jenis yaitu berperan jadi komersial serta sebagai kebutuhan umum.

1. QR CODE UNTUK KOMERSIAL

Untuk kebutuhan komersial ini dapat jadikan arena promo produk, layanan, atau advertensi yang lain. Seperti yang didapati QR Code mengefesiensikan keringanan dalam menaruh serta terhubung data. Misalnya ada iklan yang mengirim QR Code saja. Bila Anda memindai QR Code itu karena itu dengan automatis Anda akan masuk ke halaman situs iklan itu.

Hal itu pernah dipakai oleh vokalis asal Inggris yaitu Pet Shop Boys di tahun 2007. Mereka manfaatkan kode QR supaya beberapa orang memindai kode itu serta langsung ditempatkan ke situs sang vokalis. , QR Code pernah dipakai untuk pemasaran Movie 9. Waktu itu, beberapa pelanggannya diberi kartu yang tampilkan satu kode QR. Nah, cukup hanya pindai QR Code, karena itu konsumen setia langsung bisa terhubung filmnya dengan cepat.

2. QR CODE UNTUK KEBUTUHAN UMUM

Tahukah Anda jika QR Code dapat menolong untuk keamanan makanan? Di Jepang, salah satunya peranan QR Code untuk tampilkan kandungan nutrisi serta waktu kadaluwarsa makanan. Jadi, Jepang mengaplikasikan kode QR yang dapat dipindai. Saat Anda memindai kode QR yang ada di paket makanan, karena itu dengan automatis Anda dapat tahu kandungan yang ada di makanan.

Hal itu dipakai oleh salah satunya tempat makan McDonald di Jepang. Ada seputar 19 type roti isi atau sandwich yang dibubuhkan oleh tehnologi kode QR. Kode itu dapat dipindai serta akan tampilkan info alergi, jumlahnya kalori, dan nutrisi yang ada di sandwich.

Tidak cuma dipakai untuk tahu nutrisi makanan, Anda dapat juga tahu tempat bis dengan memakai QR Code. Saat Anda sedang menanti bis di halte karena itu ada satu kode QR yang bisa dipindai. Kode QR itu akan tampilkan tempat bis yang sedang Anda nantikan. Jadi, QR Code betul-betul berguna serta benar-benar menolong beberapa manusia.

CARA MEMBUAT QR CODE DENGAN ONLINE

Nah, sekarang Anda telah mengerti tentang kode QR dan peranan serta faedahnya. Sekarang Anda dapat juga lho membuat QR Code sendiri. Masalahnya langkah membuat QR Code juga termasuk gampang. Banyak situs pembuat QR Code dengan gampang cukup dengan lakukan copy-paste link web atau link yang akan dibuatkan kode QR.

Langkah yang satu ini cukup gampang. Anda dapat membuat QR Code dengan online. Ada banyak situs penyuplai dalam membuat QR Code. Anda dapat cek serta datangi situs atau situs sebagai penyuplai layanan membuat QR Code.  Tidak repot lho, cukup turuti langkah membuat QR Code di bawah ini :

1. PILIH QR CODE GENERATOR YANG COCOK DENGAN ANDA

 

Ada empat situs atau web sebagai QR Code Generator. QR Code Generator dapat disebut satu tehnologi yang sediakan layanan untuk bikin QR Code. Anda dapat berkunjung ke situs Kaywa, GOQR.me, Visualead, serta QR Stuff. Semua QR Code Generator ucap mempunyai sarana yang melepaskan Anda untuk memperoleh kode QR yang unik.

Anda ingin membuat QR Code dengan bentuk yang mirip simbol merek Anda sendiri? Anda dapat membuat dengan 4 QR Code Generator yang sudah disebut awalnya. Atau Anda ingin memberikan QR Code jadi deskripsi web Anda? Tentunya dapat. Ini langkah membuat QR Code dengan gampang. Di sini, Kami akan memberi panduan memakai GOQR.me :

  • Anda dapat masuk ke halaman GOQR.me dengan click di sini. Kemudian GOQR akan tampilkan halaman penting seperti gambar berikut ini. Ada tiga tahap yang perlu kerjakan untuk bikin QR Code di GOQR ini.
  • Anda dapat pilih type QR Code yang ingin dibikin. Ada 9 type QR Code beberapa salah satunya ialah web/url, text, kontak, SMS, telephone, atau tempat. Di sini kami akan mendemonstrasikan QR Code dengan type url. Karena itu, Kami akan mengeklik type url seperti di gambar di atas.
  • Langkah selanjutnya ialah memasukkan link url yang Anda ingin bikin kode QR-nya. Anda perlu lakukan copy-paste untuk link web atau url Anda.
  • Sesudah Anda usai memasukkan link, karena itu Anda dapat masuk ke step seterusnya yaitu Live Preview. Di bagian ke-3 ini, Anda langsung bisa mengeklik “Download.”
  • Sesudah mengeklik “download” maka ada beberapa pilihan. Anda dapat mengubah warna QR Code, mengubah ukuran QR Code serta yang lain. Sesudah Anda merasakan cukup, silakan langsung click salah satunya pilihan dari “Download QR Code as.”

Ada banyak pilihan untuk download QR Code yang telah dibikin. Anda dapat pilih dengan format PNG, JPEG, SVG, atau EPS. Langsung click di format yang diharapkan.

3. CHECK KEBERHASILAN QR CODE YANG SUDAH ANDA BUAT

Sesudah beberapa step serta Anda sukses membuat QR Code sendiri, karena itu setelah itu menguji kesuksesan QR Code yang sudah dibikin. Anda dapat memakai “Google search by Image” atau Anda dapat memakai aplikasi QR Code Reader & Scanner, unduh aplikasinya di sini.

Tetapi umumnya menguji QR Code dengan “Google Search by Image” sering alami ketidakberhasilan. Walau demikian, Anda masih dapat memakai aplikasi QR Code Reader yang sudah Kami merekomendasikan awalnya. Bagaimana, apa QR Code yang Anda bikin sukses? Benar-benar gampang untuk langkah membatu QR Code, kan?

CARA MEMBUAT QR CODE di ANDROID

Ada langkah lain dalam membuat QR Code dengan gampang. Bila Anda berkunjung ke PlayStore, karena itu Anda temukan aplikasi yang diberi nama dengan QR Code Generator, click di sini untuk download aplikasinya. Langkah membuat QR Code dengan memakai aplikasi di Android saling mudah seperti membuat QR Code dengan online. Berikut caranya :

  • Masuklah ke aplikasi QR Code Generator. Selanjutnya Anda akan hadapi dengan bermacam type content untuk QR Code. Di sini, Carisinyal akan pilih type URL. Karena itu, Anda dapat mengeklik tulisan “URL.”
  • Kemudian Anda dapat tuliskan link URL yang ingin Anda buat QR Code. Janganlah lupa untuk tuliskan “Tittle” yang ada dibawah link URL. Selanjutnya, Anda dapat mendesak kata “GENERATE” yang berada di sisi kanan atas.
  • Sesudah Anda lakukan GENERATE, karena itu dengan automatis QR Code ada serta langsung bisa Anda save. Sekarang Anda sukses membuat QR Code sendiri. Silakan cek keberhasilannya dengan memakai aplikasi QR Code Reader & Scanner.

Nah berikut barusan ialah langkah membuat QR Code sendiri dengan gampang serta praktis. Anda tak perlu ribet untuk mengcopy link untuk diberikan pada orang lain. Bikin saja QR Code serta bagi QR Code pada orang lain. Gampang kan? Anda sukses mengerjakannya?

Oh ya, tidak hanya panduan membuat QR Code, kami sempat juga mengulas langkah membuat barcide dengan gampang. Bila ingin tahu triknya, langsung bisa cek artikelnya di sini.

Iklan