Penjelasan Partikel Ni

Partikel Ni
Partikel Ni

Penjelasan Partikel Ni

Partikel Ni dan De adalah salah satu dari beberapa partikel dasar yang digunakan dalam bahasa Jepang. Secara gramatikal, partikel ini memiliki makna yang menunjukkan keberadaan atau tempat dimana suatu kegiatan dilakukan, yang dalam bahasa Indonesia setara dengan kata depan “di”. Partikel Ni dan De terbagi ke dalam empat kelompok yang disebut Joshi: Kakujoshi, Fukujoshi, Setsuzokujoshi, dan Shuujoshi.

Kakujoshi termasuk partikel yang menyatakan hubungan antara satu bagian kalimat dengan bagian lainnya, Fukujoshi adalah partikel yang dapat menambah arti dari kata yang ada sebelumnya, Setsuzokujoshi adalah partikel yang berfungsi untuk menghubungkan bagian-bagian kalimat, dan Shuujoshi adalah partikel yang digunakan pada akhir kalimat atau akhir bagian kalimat. Partikel Ni dan De yang dibahas dalam artikel ini termasuk dalam Kakujoshi.

Dalam kalimat bahasa Jepang, partikel Ni dan De memiliki beberapa fungsi dan cara penggunaannya. Partikel Ni memiliki fungsi untuk menunjukkan waktu, penunjuk tujuan, sebagai penanda objek tidak langsung, dan sebagai penunjuk tempat keberadaan pelaku.

Partikel De memiliki fungsi untuk menunjukkan tempat, menunjukkan alat, menunjukkan cara, dan menunjukkan waktu. Banyak dari pembaca yang sedang belajar bahasa Jepang pada tahap awal mengalami kesulitan untuk membedakan cara pemakaian partikel De dan partikel Ni dalam membuat kalimat bahasa Jepang, karena di dalam bahasa Indonesia kedua partikel ini mempunyai arti yang sama dengan kata depan “di”.

 

Fungsi Partikel Ni dalam Bahasa Jepang

 

Partikel NI に secara umum berarti ‘di;pada;ke;untuk

 

1. Menunjukkan letak/beradanya sesuatu ‘di

Gakusei tachi wa kyōshitsu ni imasu.
学生たちは教室います。
Murid-murid ada di ruangan kelas.

Basurūmu ni shawā ga tsukete arimasu ka.
バスルームシャワーが付けてありますか。
Apakah di kamar mandi ada dipasang shower?

2. Menunjukkan pada apa kita melakukan sesuatu ‘di;pada

Nōto ni kakimasu.
ノート書きます。
Menulis di buku catatan.

Koko ni goshomei kudasai.
ここご署名ください。
Silahkan tanda tangan di sini.

3. Untuk menyatakan waktu. ‘pada

Jippun hodo mae ni tōchaku shimashita.
十分ほど前到着しました。
Saya tiba pada kira-kira sepuluh menit lalu.

Ichiji ni kōen e ikimashita.
一時公園へ行きました。
Saya telah pergi ke taman pada jam 1.

4. Menunjukkan menghadap/menuju/memasukkan ke suatu arah/tempat. ‘ke

Watakushi no uchi wa kita ni muite imasu.
私の家は北向いています。
Rumah saya menghadap ke utara.

Baketsu ni mizu o iremasu.
バケツ水を入れます。
Memasukkan air ke ember.

5. Menunjukkan objek yang dituju/dipengaruhi. ‘kepada

Anata ni dake hanashimasu.
あなただけ話します。
Saya hanya berbicara kepada kamu saja.

Nihon no yōsu ni tsuite tomodachi ni kikimashita.
日本の様子について友達に聞きました。
Saya telah bertanya kepada teman tentang keadaan Jepang.

 

Apa bedanya partikel ni dan de?

Berikut ini adalah perbedaan antara partikel Ni dan De:

a. Partikel Ni digunakan untuk menunjukkan keberadaan benda atau orang. Contoh: 電話機のそばにテレビがある。Denwa ki no sobani terebi ga aru. (Di sebelah televisi ada telepon.)

b. Partikel De digunakan untuk menunjukkan subjek melakukan suatu kegiatan/ aksi di suatu tempat. Contoh: 私はこれから部屋で本を読む。 Watashi wa kore kara heya de hon o yomu. (Saya sekarang akan membaca buku )

Penggunaan partikel De untuk menunjukkan waktu Partikel De juga dapat digunakan untuk menunjukkan waktu tertentu dalam suatu kegiatan. Contoh: 毎朝、8時に起きる。Maiasa, hachiji ni okiru. (Setiap pagi, saya bangun pada pukul 8.)

Partikel Ni dan De adalah dua partikel dasar yang digunakan dalam bahasa Jepang. Keduanya sering memiliki makna yang sama dengan kata depan “di” dalam bahasa Indonesia, tetapi memiliki beberapa perbedaan dalam penggunaannya. Berikut ini adalah perbedaan antara partikel Ni dan De:

  1. Partikel Ni digunakan untuk menunjukkan keberadaan benda atau orang. Contoh: 電話機のそばにテレビがある。Denwa ki no sobani terebi ga aru. (Di sebelah televisi ada telepon.)
  2. Partikel De digunakan untuk menunjukkan subjek melakukan suatu kegiatan/ aksi di suatu tempat. Contoh: 私はこれから部屋で本を読む。 Watashi wa kore kara heya de hon o yomu. (Saya sekarang akan membaca buku di kamar)
  3. Partikel Ni juga dapat digunakan untuk menunjukkan waktu tertentu, sebagai penunjuk tujuan, sebagai penanda objek tidak langsung, dan sebagai penunjuk tempat keberadaan pelaku. Sedangkan partikel De dapat digunakan untuk menunjukkan tempat, menunjukkan alat, menunjukkan cara, dan menunjukkan waktu.

 

 

Pos terkait