Kata-kata Bahasa Jepang yang Sering Digunakan dalam Anime


anime japanese words

Anime merupakan bentuk animasi Jepang yang dikenal di seluruh dunia dan mempunyai daya tarik yang sangat besar. Selain cerita yang menarik dan karakter unik, anime juga dikenal dengan sejumlah kata-kata bahasa Jepang yang sering digunakan. Salah satunya adalah menggunakan bahasa formal atau informal dalam mengungkapkan sebuah pernyataan.

Dalam bahasa Jepang, kata-kata dalam anime terbagi menjadi dua jenis yaitu kata-kata formal dan informal. Kata-kata formal biasanya digunakan untuk menghormati atau memperlihatkan rasa sopan santun terhadap lawan bicara. Sedangkan kata-kata informal lebih banyak digunakan dalam percakapan sehari-hari dengan teman atau orang yang lebih muda.

Berikut ini adalah beberapa kata-kata bahasa Jepang yang sering digunakan dalam anime:

1. Onegaishimasu/ Kudasai

onegaishimasu anime

Kata “onegaishimasu” atau “kudasai” sering disebutkan dalam anime sebagai tindakan meminta sesuatu atau meminta tolong pada orang lain. Contohnya, dalam anime Naruto, karakter utama Naruto akan berterima kasih dengan meminta bantuan dengan kata “Tolong, tolonglah aku, Sakura-sensei!”, atau dalam anime Attack on Titan, karakter Mikasa akan meminta tolong menggunakan kata “Kato, onegaishimasu!”

Dalam percakapan sehari-hari, kata “onegaishimasu” biasanya digunakan sebagai permintaan atau permohonan baik seperti “Tolong buka pintunya onegaishimasu” atau “Tolong belikan aku minuman kemasan, onegaishimasu”. Sedangkan kata “kudasai” dapat digunakan sebagai permintaan kepada seseorang untuk melakukan sesuatu seperti “Tolong pulangkan bukunya kudasai” atau “Tolong bantu aku mengangkut barang-barang waktu pindahan, kudasai”.

2. Arigatou Gozaimasu

arigatou gozaimasu anime

Kata “arigatou gozaimasu” atau terkadang hanya dipakai “arigatou saja” yang memiliki makna terima kasih dengan gaya formal dalam bahasa Jepang. Kata “arigatou” juga bisa dipakai sebagai ucapkan terima kasih dalam bahasa Jepang pada penggunaan percakapan sehari-hari.

Dalam anime, karakter-karakter sering mengucapkan kata ini dari waktu ke waktu, seperti dalam anime Your Lie in April, saat Kosei Arima memperlihatkan penampilan terbaiknya dalam pertunjukan piano, orang terdekatnya mengucapkan “Arigatou gozaimasu” karena penampilannya yang memukau.

3. Gomenasai/ Sumimasen

anime kata gomenasai

Kata “gomenasai” atau “sumimasen” sering digunakan dalam anime sebagai tindakan permohonan maaf. Kedua kata ini mempunyai makna yang sama; permohonan maaf formal.

Dalam anime, karakter sering mengucapkan “gomenasai” dalam situasi yang membutuhkan permintaan maaf. Contohnya, dalam anime Clannad, karakter Nagisa meminta maaf pada teman sekelasnya karena kelewat sedikit ujian masuk perguruan tinggi.

“Sumimasen” juga dapat digunakan dalam percakapan sehari-hari sebagai tindakan permohonan maaf yang lebih sopan seperti “Maaf, datang telat, sumimasen” atau “Maaf, bisakah kamu pindah sedikit, sumimasen”.

Dalam mempelajari bahasa Jepang, mengenal kata-kata dalam anime sangat membantu untuk memahami kultur dan budaya yang berbeda. Dengan mempraktikkan kata-kata tersebut, kamu bisa terbiasa dengan bahasa Jepang sehari-hari.

Contoh Kata-kata Bahasa Jepang yang Sering Muncul dalam Anime


bahasa jepang dalam anime

Terus terang, anime jepang memang sangat populer di Indonesia terutama di kalangan anak muda. Hal itu dapat dilihat dari banyak nya fans anime yang tergabung dalam sebuah komunitas anime atau yang kerap di sebut dengan otaku. Berbicara tentang anime, tentu saja tidak lepas dari kata-kata bahasa jepang yang sering muncul dalam setiap scene drama anime tersebut. Meskipun bagi sebagian orang, kata-kata tersebut cukup sulit untuk dipahami. Namun, bagi para penggemar anime jepang, kata-kata bahasa jepang yang sering digunakan di anime menjadi sebuah kebiasaan yang kerap dilakukan saat menonton anime jepang.

Nah, berikut ini adalah beberapa contoh kata-kata bahasa jepang yang sering muncul di anime. Simak baik-baik ya!

1. Arigatou Gozaimasu (ありがとうございます)

arigatou gozaimasu

Kata terima kasih dalam bahasa jepang ini cukup sering terdengar di seluruh drama anime jepang. Biasanya, kata-kata ini muncul ketika terjadi perkenalan atau juga saat seorang karakter membantu karakter lain dalam suatu masalah.

2. Gomenne / Sumimasen (ごめんなさい / すみません)

gomenne sumimasen

Kata permintaan maaf dalam bahasa jepang ini juga cukup sering terdengar di drama anime jepang. Biasanya, kata-kata ini muncul ketika terjadi kesalahpahaman antar sesama karakter atau juga saat seorang karakter melakukan kesalahan.

Gomenne (ごめんなさい) merupakan bahasa jepang yang memiliki arti maafkan aku, sementara Sumimasen (すみません) merupakan bahasa jepang yang memiliki arti maaf atau permisi. Kedua kata ini memiliki arti yang hampir sama dan dapat digunakan pada situasi yang berbeda.

3. Itadakimasu (いただきます)

itadakimasu

Kata ucapan sebelum makan dalam bahasa jepang ini cukup sering terdengar dalam drama anime jepang. Biasanya, kata-kata ini muncul ketika karakter akan memulai makan.

Selain itu, kata-kata ini juga diartikan sebagai ungkapan untuk mengucapkan terima kasih kepada Tuhan atau dewa atas segala rezeki yang diberikan. Kata-kata ini sepenuhnya merangkum makna rasa syukur dalam bahasa jepang.

4. Kawaii (かわいい)

kawaii

Istilah ini cukup sering terdengar dalam drama anime jepang terutama pada karakter cewek. Kata ini memiliki arti lucu, imut, atau cantik. Karakter anime yang digambarkan memiliki mata besar, rambut warna-warni, dan desain karakter yang imut-imut biasanya dikatakan sebagai “kawaii”.

5. Hai (はい)

hai anime

Kata “Hai” atau “Hai, Sou Desu” adalah kata ajaib dalam bahasa jepang yang sering terdengar di anime. Frase ini sering digunakan sebagai pengganti “iya” atau “benar” dalam bahasa Indonesia.

Sekian beberapa kata bahasa jepang yang sering muncul di anime. Terlepas dari apakah Anda merupakan penggemar anime atau tidak, mempelajari beberapa kata-kata bahasa jepang bisa mempermudah sekaligus menyenangkan saat menonton anime, bukan?

Pentingnya Memahami Kata-kata Bahasa Jepang dalam Anime untuk Belajar Bahasa Jepang


Anime Jepang

Menonton anime memang menjadi suatu bagian dari kehidupan banyak orang di seluruh dunia, dan Indonesia pun tidak terkecuali. Anime yang berasal dari Jepang ini memang memiliki fanbase yang sangat besar di Indonesia dan tentunya banyak orang yang menyukai anime tersebut. Namun, tahukah kamu bahwa menonton anime juga dapat membantumu untuk belajar bahasa Jepang?

Banyak anime yang menggunakan bahasa Jepang sebagai bahasa utama yang dipakai oleh para karakter di dalamnya. Dalam beberapa anime, terdapat banyak kata-kata bahasa Jepang yang seringkali kita dengar, seperti konnichiwa, arigatou, sayonara, dan masih banyak lagi. Meskipun terdengar sepele, namun memahami kata-kata bahasa Jepang yang dipakai di dalam anime adalah suatu hal yang penting, terutama jika kamu ingin belajar bahasa Jepang.

Belajar Bahasa Jepang dengan Anime

1. Cara Mudah untuk Memahami Kata-kata Bahasa Jepang

Menonton anime memang tidak selalu bisa membantumu untuk mempelajari bahasa Jepang secara langsung, namun dengan menonton anime, kamu akan lebih mudah untuk memahami dan mendengarkan kata-kata bahasa Jepang yang dipakai di dalamnya. Kamu bisa mengamati cara pengucapan dan intonasi dalam kata-kata tersebut, sehingga kamu bisa belajar bagaimana cara untuk mengucapkan kata-kata tersebut dengan benar.

Kata-kata Bahasa Jepang dalam Anime

2. Membantumu Meningkatkan Kemampuan Mendengar

Mendengarkan bahasa Jepang yang biasa dipakai di dalam anime juga akan membantumu untuk meningkatkan kemampuan mendengarmu. Dalam bahasa Jepang, ada beberapa kata yang pengucapannya serupa namun memiliki arti yang berbeda, atau beberapa kata yang pengucapannya beda namun memiliki arti yang serupa. Dengan mendengarkan kata-kata yang dipakai di dalam anime, kamu akan lebih mudah untuk membedakan dan memahami artinya.

Anime Jepang dan Belajar Bahasa Jepang

3. Menambah Kosa Kata Bahasa Jepang

Menonton anime juga bisa menjadi suatu cara yang berbeda dan lebih menyenangkan untuk mempelajari kosakata bahasa Jepang yang baru. Dalam anime terdapat banyak kosakata bahasa Jepang yang mungkin tidak bisa ditemukan di dalam buku-buku pelajaran bahasa Jepang yang biasa dipakai di sekolah atau kursus. Kamu juga bisa menemukan kosakata bahasa Jepang yang biasa dipakai di dalam kehidupan sehari-hari dan tidak diajarkan di buku pelajaran.

Dengan menambah kosakata bahasa Jepang yang lebih luas, kamu akan lebih mudah untuk berbicara dengan orang Jepang dan juga dapat menjadi lebih percaya diri ketika kamu sedang berbicara dengan orang asing yang berbahasa Jepang.

Anime dan Bahasa Jepang

Jadi, menonton anime memang dapat membantumu untuk belajar bahasa Jepang dengan cara yang lebih menyenangkan. Namun, jangan lupa untuk selalu mempraktikan bahasa Jepang yang kamu pelajari agar lebih lancar dalam berbicara bahasa Jepang. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi kamu yang ingin mempelajari bahasa Jepang dari anime.

Cara Terbaik untuk Mempelajari Kata-kata Bahasa Jepang dalam Anime


anime jepang

Anime merupakan salah satu media terbaik dalam mempelajari bahasa Jepang. Selain seru untuk ditonton, anime juga memuat banyak kata-kata bahasa Jepang yang bisa diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Terdapat beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mempelajari kata-kata bahasa Jepang dalam anime. Salah satunya adalah sebagai berikut:

1. Tonton anime dengan sub judul bahasa Jepang

anime jepang subtitle

Saat menonton anime, ada baiknya jika kamu mencoba menonton dengan sub judul bahasa Jepang. Dengan begitu, kamu bisa lebih memahami makna dari setiap kata yang disebutkan oleh karakter di anime tersebut. Selain itu, kamu juga bisa melihat bagaimana kalimat dibentuk dan struktur kata-kata bahasa Jepang yang digunakan. Hal ini akan membantumu memperkaya kosakata bahasa Jepangmu.

2. Tulis kata-kata bahasa Jepang yang diucapkan di anime

menulis di laptop

Saat menonton anime, pastikan kamu menyiapkan alat tulis seperti buku catatan atau laptop. Setiap kali ada kata-kata bahasa Jepang yang diucapkan di anime, tulislah di buku catatan atau ketik di laptop. Dengan mempraktikkan cara ini, kamu bisa menghafal kata-kata bahasa Jepang dalam anime dengan lebih mudah. Selain itu, menulis akan membuatmu lebih memperhatikan ucapan karakter di anime dengan seksama.

3. Berlatih mengucapkan kata-kata bahasa Jepang dengan benar

mengucapkan kata bahasa jepang

Selanjutnya, setelah menonton dan menulis kata-kata bahasa Jepang dalam anime, kamu harus berlatih mengucapkannya dengan benar. Caranya, ulangi setiap kata bahasa Jepang di anime yang diucapkan oleh karakter. Berlatihlah pengucapan kata-kata tersebut secara perlahan dan perlahan, hingga kamu bisa mengucapkannya dengan benar dan lancar. Bahkan beberapa kata yang diucapkan dalam anime bisa kamu gunakan dalam kehidupan sehari-hari.

4. Gabungkan kata-kata bahasa Jepang dengan kegiatan sehari-hari

kegiatan sehari-hari

Untuk menguasai kata-kata bahasa Jepang dalam anime dengan lebih mudah, kamu bisa mencoba menggabungkannya dengan kegiatan sehari-hari. Misalnya, saat kamu ingin memasak, gunakan kata-kata bahasa Jepang yang sering dipakai dalam dunia memasak anime. Atau saat kamu ingin membeli barang di toko, gunakan bahasa Jepang yang kamu pelajari dalam anime untuk berkomunikasi dengan penjual. Dengan begitu, kamu bisa memperdalam kosakata bahasa Jepang dan menjadikannya lebih mudah diingat serta diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.

Nah, itulah beberapa cara terbaik untuk belajar kata-kata bahasa Jepang dalam anime. Selain dapat meningkatkan pemahamanmu tentang kosakata bahasa Jepang, menonton anime yang tiap harinya disajikan oleh website-anime.id juga dapat menjadi tontonan mengaasikkan dan bisa menjadi hobi bagi kamu pecinta anime. Setelah mempelajari beberapa cara di atas, jangan lupa untuk terus mempraktikkannya dalam kehidupan sehari-hari ya!

Kesalahan Umum dalam Menggunakan Kata-kata Bahasa Jepang dalam Anime dan Bagaimana Mencegahnya


kata kata bahasa jepang anime Indonesia

Dalam tayangan anime, kita seringkali mendengar penggunaan kata-kata bahasa Jepang yang seringkali terdengar menarik di telinga. Namun, dalam perjalanan penggunaannya di Indonesia, terdapat kesalahan dalam menggunakan kata-kata bahasa Jepang yang seringkali tidak sesuai dengan konteks. Oleh karena itu, dalam artikel ini, kami akan membahas beberapa kesalahan umum dalam menggunakan kata-kata bahasa Jepang dalam anime serta bagaimana cara mencegahnya.

Kesalahan dalam menggunakan kata sapaan


sapaan sensei jepang

Penggunaan kata sapaan seperti “sensei” atau “san” seringkali salah digunakan dalam bahasa Indonesia. Sensei sendiri digunakan ketika kita ingin menyapa seseorang yang memiliki profesi menjadi guru atau pendidik di suatu tempat. Sedangkan san sering digunakan dalam bahasa Jepang sebagai pertanda hormat atau kesopanan.

Jika ingin menghindari kesalahan dalam penggunaan kata sapaan, caranya cukup mudah. Pastikan bahwa tempat atau profesi disebut dalam bahasa Jepang, kemudian sapaan seperti “Sensei” baru digunakan. Sebagai contoh, jika ingin menyapa seorang guru bahasa Jepang, kita dapat menggunakan frasa “bahasa Jepang no sensei” yang berarti “guru bahasa Jepang”.

Kesalahan dalam menggunakan kata seru


kata seru jepang

Kata seru merupakan salah satu kesalahan penggunaan bahasa Jepang yang kerap kali terjadi. Padahal, kata ini merupakan penanda dari sebuah keadaan atau perasaan dari pembicara. Misalnya, menggunakan kata “Sugoi!” yang berarti “Keren!” saat melihat sesuatu yang menakjubkan.

Untuk meminimalisir kesalahan dalam menggunakan kata seru, pahami terlebih dahulu konteks penggunaannya dalam anime yang sedang kamu tonton. Apakah kata seru tersebut cocok dengan situasi atau tidak. Selain itu, hindari juga penggunaan kata seru terlalu berlebihan yang seolah-olah membuat percakapan di dalam anime menjadi terkesan dipaksakan.

Kesalahan dalam pengucapan kata dalam bahasa Jepang


ucapan kata kata bahasa Jepang

Kesalahan dalam pengucapan merupakan hal yang wajar ketika mempelajari bahasa Jepang yang cukup sulit. Namun, hal tersebut cukup berpengaruh terhadap pemahaman kita dalam memahami bahasa Jepang dalam anime yang kita tonton. Misalnya, pengucapan kata “Sugoi!” yang seharusnya tidak dimulai dengan huruf “su” yang terlalu diurai.

Untuk memperbaiki pengucapan kata dalam bahasa Jepang, ada beberapa tips yang dapat kamu coba. Pertama, cari referensi pengucapan melalui video maupun situs tanya jawab bahasa Jepang. Selain itu, praktikkan juga pengucapan dengan biasa menggunakan frasa atau kata sederhana dalam bahasa Jepang.

Kesalahan dalam penggunaan kata ganti orang ketiga


kata ganti orang ketiga bahasa Jepang

Ketika membicarakan orang ketiga dalam bahasa Indonesia, kita akan menggunakan kata ganti “dia” untuk melukiskan seseorang. Namun, dalam Bahasa Jepang, terdapat perbedaan dalam penggunaan kata ganti orang ketiga sesuai dengan jenis kelamin dan hubungan pembicara dengan lawan bicara.

Untuk mengatasi kesalahan dalam penggunaan kata ganti orang ketiga, perhatikan dulu konteks situasi dalam anime tersebut. Jika ingin menunjukkan karakter perempuan, gunakanlah kata ganti”Kanojo” dan jika ingin menunjukkan karakter laki-laki, gunakanlah kata ganti “Kare”.

Kesalahan dalam melakukan terjemahan langsung


terjemahan kata kata bahasa Jepang anime

Kesalahan mengartikan sebuah perkalimat bahasa Jepang kedaalam bahasa Indonesia terkadang sering dilakukan oleh para penggemar anime. Terkadang, terjemahan langsung justru menghasilkan konteks yang tidak sesuai dengan sebenarnya.

Untuk memperbaiki kesalahan dalam terjemahan langsung, yang harus kamu lakukan adalah mencari tahu terlebih dahulu makna kata atau frasa dalam bahasa Jepang tersebut. Kemudian, terjemahkan maknanya kedalam bahasa Indonesia yang kontekstual dan mempunyai arti yang sesuai dengan situasi dalam anime tersebut.

Dalam menggunakan kata-kata bahasa Jepang dalam anime, pastikan bahwa penggunaannya sesuai dengan konteksnya. Menghindari berbagai kesalahan dalam penggunaan kata-kata bahasa Jepang dalam anime dapat memudahkan pemahaman kita terhadap cerita dan konteks obrolan pada karakter di dalamnya.

Iklan