Penjelasan Ikura Desuka (Berapa?)

Ikura Desuka

Ikura Desuka

 

Ikura desu ka adalah frasa Jepang yang digunakan untuk bertanya tentang harga suatu barang atau jasa. Kata “ikura” berarti “berapa” dan “desu ka” merupakan cara formal untuk bertanya dalam bahasa Jepang. Frasa ini biasanya digunakan dalam percakapan sehari-hari dan dianggap sopan untuk bertanya tentang harga. Ada juga versi yang lebih sopan yaitu “oikura desu ka” atau “oikura deshou ka”. Dalam lingkungan bisnis atau profesional, lebih umum menggunakan frasa “onedan wa ikahodo ni narimasu ka” untuk bertanya tentang harga dalam komunikasi tertulis seperti email.

Frasa ini sering digunakan untuk bertanya tentang harga suatu barang. Misalnya, jika Anda sedang berbelanja di toko dan ingin mengetahui harga barang tertentu, Anda bisa bertanya pada petugas toko “ikura desu ka?” untuk mengetahui harganya.

Pola Kalimat Dasar

Pola kalimat dasar yang Anda sebutkan merupakan cara yang paling umum untuk menanyakan harga suatu barang atau benda menggunakan kalimat “ikura desuka” dalam bahasa Jepang. Kata tunjuk “kore” (これ), “sore” (それ), atau “are” (あれ) dapat digunakan untuk menunjuk pada barang atau benda yang berada di dekat Anda, sedangkan “kono” (この), “sono” (その), atau “ano” (あの) dapat digunakan untuk menunjuk pada barang atau benda yang berada jauh dari Anda.

Untuk menanyakan harga suatu barang atau benda, tambahkan partikel “wa” (は) setelah kata tunjuk tersebut, kemudian tambahkan kalimat “ikura desuka” di akhir. Misalnya, Anda dapat menggunakan kalimat “kore wa ikura desuka?” (これはいくらですか?) untuk menanyakan harga barang yang berada di dekat Anda, atau “kono keeki wa ikura desuka?” (このケーキはいくらですか?) untuk menanyakan harga kue.

Sebagaimana yang Anda sebutkan, pola kalimat ini juga dapat digunakan untuk menanyakan harga hal-hal lain selain barang atau benda, seperti biaya listrik atau tiket masuk tempat wisata. Anda hanya perlu mengganti kata tunjuk dengan nama hal yang ingin Anda tanyakan harganya, dan tambahkan partikel “wa” setelahnya. Misalnya, Anda dapat menggunakan kalimat “tiket wa ikura desuka?” (チケットはいくらですか?) untuk menanyakan harga tiket, atau “denki-hi wa ikura desuka?” (電気費はいくらですか?) untuk menanyakan biaya listrik.

Penggunaan frasa “ikura desu ka” cukup sederhana. Anda hanya perlu menyatakan nama barang atau jasa yang ingin Anda tanyakan harganya, lalu tambahkan frasa “ikura desu ka” setelahnya. Contohnya:

  • Ikura desu ka, kore wa nan desu ka? (Berapa harganya, ini apa?)
  • Ikura desu ka, keeki wa? (Berapa harga kue ini?)
  • Ikura desu ka, eiga no kippu wa? (Berapa harga tiket film?)

Anda juga bisa menggunakan frasa ini dalam pertanyaan yang lebih spesifik, misalnya:

  • Ikura desu ka, kono hon wa ikutsu desu ka? (Berapa harga buku ini?)
  • Ikura desu ka, kono heya no shatei wa ikutsu desu ka? (Berapa harga sewa kamar ini?)

Atau dalam bentuk pertanyaan yang lebih umum:

  • Ikura desu ka, sushi wa ikutsu desu ka? (Berapa harga sushi?)
  • Ikura desu ka, hikoukigata wa ikutsu desu ka? (Berapa harga tiket pesawat?)

Sebagai tambahan, jika Anda ingin bertanya tentang harga suatu barang atau jasa dalam bentuk yang lebih sopan, Anda bisa menggunakan versi yang lebih formal seperti “oikura desu ka” atau “oikura deshou ka”. Contohnya:

  • Oikura desu ka, kono fuku wa? (Berapa harga baju ini dengan sopan?)
  • Oikura deshou ka, kono shashin no tame no shashin-ka wa? (Berapa harga fotografer untuk foto ini dengan sopan?)

Contoh Dalam Kanji

“Ikura desu ka, kore wa nan desu ka?” dalam kanji adalah いくらですか、これは何ですか? “Ikura desu ka, keeki wa?” dalam kanji adalah いくらですか、ケーキは? “Ikura desu ka, eiga no kippu wa?” dalam kanji adalah いくらですか、映画の切符は?

“Ikura desu ka, kono hon wa ikutsu desu ka?” dalam kanji adalah いくらですか、この本はいくつですか? “Ikura desu ka, kono heya no shatei wa ikutsu desu ka?” dalam kanji adalah いくらですか、この部屋のシェアティはいくつですか?

“Ikura desu ka, sushi wa ikutsu desu ka?” dalam kanji adalah いくらですか、寿司はいくつですか? “Ikura desu ka, hikoukigata wa ikutsu desu ka?” dalam kanji adalah いくらですか、飛行機型はいくつですか?

Perlu dicatat bahwa dalam kalimat di atas, ikutsu (いくつ) dapat diterjemahkan sebagai “berapa banyak” atau “berapa harga”.

 

Dalam bahasa Jepang, “ikura” (いくら) berarti “berapa” atau “berapa banyak”, sedangkan “desuka” (ですか) adalah bentuk lain dari “ka” (か) yang berarti “apa”. Jadi, kalimat “ikura desuka” secara harfiah berarti “berapa apa”, atau lebih tepatnya “berapa harganya?”.

Contoh-contoh yang Anda berikan menunjukkan cara menanyakan harga suatu barang menggunakan kalimat “ikura desuka”. Anda dapat menggunakan kalimat tersebut untuk bertanya tentang harga apa saja, termasuk tas, tiket, atau kue. Anda hanya perlu mengganti kata “kore” (これ), “sore” (それ), atau “are” (あれ) dengan nama barang yang ingin Anda tanyakan harganya, dan tambahkan kata “wa” (は) setelahnya untuk menunjukkan bahwa barang tersebut adalah subjek dari pertanyaan.

Sebagai jawaban, Anda akan mendapatkan harga barang tersebut dalam yen. Anda dapat menggunakan kata-kata yang sesuai untuk menyebutkan jumlah yen, misalnya “has-sen go-hyaku en” (8,500円) untuk menyebutkan 8.500 yen, atau “ni-man en” (20,000円) untuk menyebutkan 20.000 yen. Semoga membantu!

 

 

 

Pos terkait