Ads - After Header

Makna Shokuji dalam Budaya Jepang

Rinidesu

Pengertian Shokuji dan Asal Kata


Shokuji Artinya in Indonesia

Shokuji adalah salah satu kata dalam bahasa Jepang yang sering kita dengar. Dalam bahasa Jepang, shokuji artinya makanan atau makan malam. Namun, shokuji bukan hanya sekedar istilah makanan, karena dalam budaya Jepang, shokuji memiliki makna yang lebih dalam.

Shokuji bukan sekadar masalah mengisi perut. Di Jepang, makanan dipandang sebagai sesuatu yang penting dan dihargai. Makanan dianggap sebagai sesuatu yang mempunyai kekuatan dalam meraih kesehatan dan membentuk ikatan emosional antar manusia. Oleh karena itu, saat melakukan shokuji, bukan hanya makanan yang dihadirkan, lebih dari itu, seni dalam mempersiapkan makanan juga sangat diperhatikan.

Asal mula kata shokuji berasal dari bahasa Jepang yaitu sho dan kuji. Sho yang berarti makanan, sedangkan kuji berarti upacara. Dalam tradisi Jepang shokuji juga dapat diartikan sebagai upacara makan. Sebelum makan, terdapat serangkaian peraturan yang harus diikuti seperti membersihkan tangan, menunggu semua tamu untuk datang dan diantarkan makanan. Selain itu, di Jepang, shokuji juga dianggap sebagai media untuk memupuk rasa persaudaraan dan menghormati tamu yang datang kerumah.

Selain sebagai upacara, shokuji juga menjadi media dalam membentuk watak seseorang. Makanan yang dihidangkan harus disajikan dengan sederhana dan mengandung nilai gizi yang baik. Makanan juga harus dihidangkan dengan penuh rasa syukur dan rendah hati. Hal itu bisa mereka terapkan dalam hidup sehari-hari, untuk menjadi pribadi yang baik dan berakhlak mulia.

Also Read

Bagikan:

Rinidesu

Rinidesu Merupakan Seorang Mahasiswi Sastra Jepang di Universitas Indonesia, Memiliki Passion Berbagi ilmu Bahasa Jepang Melalui Situs Rinidesu.com ini

Tags

Ads - Before Footer