Makna Bunga dalam Bahasa Jepang


Makna Bunga dalam Bahasa Jepang

Bunga memiliki peran penting dalam kehidupan Jepang. Selain sebagai benda hias, bunga juga membawa makna mendalam dalam budaya Jepang. Bunga tidak hanya dijadikan sebagai bingkisan atau hadiah, tetapi juga sebagai simbol dan bahkan diterapkan dalam komunikasi sehari-hari secara tidak langsung. Berikut adalah makna bunga dalam bahasa Jepang yang patut diketahui oleh semua orang:

1. Sakura (Bunga Sakura)

Sakura

Bunga sakura atau bunga cherry blossoms adalah bunga nasional Jepang. Bunga ini dikenal akan keindahannya dan kesejukan warnanya, yang sangat populer di seluruh dunia. Sakura di Jepang memiliki makna kesetiaan, kegembiraan, kerendahan hati, dan keberuntungan. Selain itu, bunga sakura juga diyakini sebagai suatu simbol kehidupan yang singkat dan kerap mengingatkan manusia untuk selalu menghargai waktu yang dimilikinya.

Pada saat bunga sakura mekar, orang-orang di seluruh Jepang merayakan “Hanami” atau pesta bunga sakura. Hanami merupakan tradisi Jepang di mana orang berkumpul di bawah pohon sakura untuk menikmati keindahan bunga dan serta menikmati waktu untuk bersosialisasi. Tradisi ini sangat populer di kalangan mahasiswa, kantor atau keluarga. Orang Jepang percaya bahwa hanami dapat membuat orang merasa lebih dekat dengan alam dan menyegarkan pikiran. Sejarah mencatat bahwa budaya Hanami telah ada sejak abad ke-8 dan telah menjadi bagian dari budaya Jepang hingga saat ini.

Itulah beberapa makna dari bunga sakura yang dihargai oleh masyarakat Jepang. Tak hanya di Jepang, tetapi juga di seluruh dunia, keindahan bunga sakura sungguh memikat.

Jenis Bunga yang Sering Digunakan dalam Budaya Jepang


Japanese Culture Flower

Bunga memiliki peranan penting dalam budaya Jepang. Selain sebagai dekorasi pada acara-acara resmi, bunga juga dijadikan hadiah dalam bentuk kado. Bekerja sama dengan drungstore yang menyediakan bunga -paling lengkap, Eka Nobel sebagai Pembina SMK KPBJ Kreatif membahas jenis-jenis bunga yang sering digunakan di Jepang.

Sakura (Bunga Sakura)


Cherry Blossoms in Japan

Sakura atau bunga sakura adalah bunga nasional Jepang. Mereka berkembang di awal musim semi dan melambangkan awal musim dan kehidupan yang singkat. Bunga sakura juga sangat dikenal di seluruh dunia dan digunakan sebagai simbol Jepang. Orang Jepang melihat sakura sebagai bunga yang sangat indah dan sangat relevan dalam budaya mereka.

Chrysanthemum (Bunga Krisan)


Chrysanthemum in Japan

Bunga Krisan sangat dikenal di Jepang. Krisan yang berarti bunga matahari adalah simbol dari kerajaan Jepang dan menjadi simbol dari keluarga kekaisaran. Krisan ditanam untuk mencapai warna khas putih, kuning, jingga, merah dan ungu. Krisan digunakan sebagai tema utama dalam pertunjukan kebun raya di Jepang yang disebut Matsuri.

Ume (Bunga Plum)


Ume Blossom

Ume atau bunga plum adalah bunga yang sangat penting dalam budaya Jepang. Ume biasanya berkembang di tengah musim dingin menjelang awal musim semi. Bunga ini juga mudah dikenali karena memiliki warna merah muda yang cantik dan segar. Karena warna merah muda yang cerah, bunga plum dianggap sebagai pencerah pada hari yang gelap dan dingin. Bunga ini sering diberikan sebagai simbol cinta dan permohonan maaf dalam budaya Jepang.

Azalea (Bunga Azalea)


Azalea

Azalea atau bunga azalea adalah bunga yang sangat terkenal di Jepang. Azalea biasanya mekar pada akhir musim semi dan awal musim panas. Bunga ini sangat dikenal karena warna yang sangat cerah dan segar. Bunga Azalea memiliki corak warna merah, ungu, dan pink. Jepang menganggap bahwa bunga azalea memiliki keindahan yang luar biasa dan sangat dihormati.

Iris (Bunga Iris)


Iris in Japan

Iris atau bunga iris dikenal di seluruh dunia karena keindahan dan keunikan bentuknya. Bunga iris menjelaskan keabadian dan keinsyafan dalam budaya Jepang. Bunga ini juga memiliki warna yang sangat beragam seperti biru, ungu, dan putih kekuningan. Bunga iris sering digunakan sebagai dekorasi di acara-acara resmi dan hadiah dalam bentuk kado.

Camellia (Bunga Camellia)


Camellia

Bunga Camellia adalah salah satu bunga terkenal di Jepang. Bunga ini mekar pada awal musim dingin dan semakin banyak dipelajari oleh orang Jepang. Bunga ini memiliki warna beragam seperti putih, pink, merah, dan ungu. Camellia memiliki makna kasih sayang dan rasa hormat dalam budaya Jepang. Bunga ini juga dipercaya memiliki kekuatan dan kekuatan magis.

Amaryllis (Bunga Amaryllis)


Amaryllis in Japan

Bunga Amaryllis adalah salah satu bunga yang sangat terkenal di Jepang. Amaryllis sering digunakan sebagai bunga dekorasi yang berarti kebahagiaan dan keselamatan. Bunga Amaryllis memiliki warna dan bentuk yang sangat unik. Orang Jepang percaya bahwa bunga amaryllis memberi energi positif yang besar dalam kehidupan mereka.

Itulah beberapa jenis bunga yang sering digunakan dalam budaya Jepang. Pengaruh bunga dalam budaya Jepang sangat menakjubkan. Semua jenis bunga ini sangat indah dan menarik perhatian banyak orang untuk menghargai keindahan bunga dalam kehidupan mereka.

Kegunaan Bunga dalam Tradisi Jepang


Bunga Sakura Jepang

Bunga memegang peranan penting dalam budaya Jepang. Selain sebagai tanaman hias, bunga secara simbolis juga mewakili musim dan keindahan alam. Di beberapa acara dan perayaan tradisional, bunga sering digunakan sebagai bentuk penghormatan, ucapan syukur, dan simbol keindahan. Berikut adalah beberapa kegunaan bunga dalam tradisi Jepang.

Bunga Sakura


Bunga Sakura Jepang

Bunga Sakura atau kembang Seri merupakan bunga nasional Jepang. Bunga ini melambangkan awal musim semi dan awal tahun ajaran di Jepang. Biasanya, Sakura mekar selama seminggu dan selalu sangat dinantikan oleh warga Jepang. Puncak musim sakura disebut sebagai Sakura Hanami. Saat Sakura Hanami, masyarakat berkumpul untuk melakukan pesta dan piknik di bawah pohon sakura. Bunga ini juga sering digunakan sebagai dekorasi dalam acara pernikahan, kencan, dan acara perayaan spesial lainnya. Bunga Sakura juga mempunyai makna spesial dalam Dunia Manga. Rata-rata adegan dalam manga bertema Sakura memiliki artian-khusus

Bunga Krisan


Bunga Krisan Jepang

Bunga Krisan dalam tradisi Jepang melambangkan keberanian, kekuatan, dan keindahan. Bunga ini biasanya digunakan dalam bentuk karangan bunga dan dihadiahkan sebagai bentuk dukungan dan semangat untuk orang yang sedang sakit atau mengalami kesulitan. Krisan juga digunakan dalam festival seremonial Shichigosan. Pada festival ini anak perempuan yang berusia tiga, lima, atau tujuh tahun dan anak laki-laki yang berusia lima tahun mendapatkan pakaian tradisional Jepang dan dikirimkan ke kuil untuk berdoa memohon keselamatan dan kesehatan.

Bunga Chrysanthemum


Bunga Chrysanthemum Jepang

Bunga Chrysanthemum atau bunga Kiku dalam tradisi Jepang menandakan keberanian, kebanggaan, dan kehormatan. Pada hari Senin ketiga bulan September diadakan Hari Festival Kiku. Di festival ini, bunga Krisan yang berasal dari Seluruh Penjuru Jepang Dibawa ke tengah kota Tokyo untuk diadakan perlombaan dan pameran yang tergolong 2.000 jenis bunga Krisan).

Bunga Kamelia


Bunga Kamelia Jepang

Bunga Kamelia dalam budaya Jepang mempunyai simbol watak dan kesempurnaan dan melambangkan sifat kesucian dan kecantikan. Bunga ini biasanya digunakan dalam acara pernikahan di Jepang. Pada acara tersebut, Kamelia akan diatur sedemikian rupa untuk memberikan kesan yang harmonis dan indah. Tanaman kamelia juga populer sebagai tanaman hias di Jepang. Kamelia memiliki beberapa varian warna, yaitu putih, merah, dan merah tua.Makna Kamelia sendiri dipertegas dengan adanya manga populer (Manga : Yuri Kuma Arashi).

Bunga Iris


Bunga Iris Jepang

Bunga Iris dalam tradisi Jepang melambangkan harapan, kebahagian, dan keberhasilan. Bunga ini juga sering dihubungkan dengan perjalanan spiritual dan pembebasan dari kesengsaraan. Bunga Iris sering dijadikan tempat upacara shinto, jika di hubungkan dengan anime, Iris sangat populer dalam serial anime “Your Lie In April”, bunga Iris dijadikan pengingat akan seseorang yang sudah meninggal dunia. Biasanya, Bunga Iris adalah bunga dengan susunan dan warna yang sederhana

Bunga dalam tradisi Jepang memiliki simbolisme yang dalam dan mengandung makna di baliknya. Penggunaan bunga sebagai bentuk penghormatan, ucapan syukur, dan simbol keindahan sangat terpatri dalam budaya masyarakat Jepang. Di tengah perkembangan zaman, tradisi dan budaya Jepang tetap dijaga dan dilestarikan dengan rasa kebanggaan oleh masyarakat Jepang.

Cara Merawat Tanaman Bunga Jepang di Indonesia


Cara Merawat Tanaman Bunga Jepang di Indonesia

Bunga bahasa Jepang menghadirkan daya tarik yang memukau dengan kombinasi warna dan bentuk yang unik. Tanaman ini memerlukan perawatan khusus agar dapat tumbuh dengan sehat dan indah. Berikut adalah beberapa cara merawat tanaman bunga Jepang di Indonesia:

1. Pemilihan Tanah


Pemilihan Tanah

Penting untuk memilih tanah dengan kualitas baik atau campuran tanah antara liat, pasir dan humus. Campuran ini akan memungkinkan tanaman menyerap nutrisi yang dibutuhkan dari tanah. Tanah murah meriah kualitas rendah disarankan untuk dihindari. Pastikan tanah yang digunakan mengandung cukup banyak air, karena tanaman memerlukan kelembaban.

2. Pilihan Wadah


Pilihan Wadah

Wadah yang terlalu kecil dapat menghambat pertumbuhan akar tanaman, sementara yang terlalu besar dapat menyebabkan akar menjadi busuk. Pilihlah wadah dengan ukuran sedang dan sesuai dengan ukuran tanaman.

3. Penyiraman dan Pemupukan


Penyiraman dan Pemupukan

Penyiraman harus dilakukan secara teratur, sekitar 1-2 kali sehari pada keadaan cuaca normal, dan 3-4 kali sehari saat terik matahari. Pastikan tanah selalu lembab namun tidak tergenang air. Pemupukan juga harus dilakukan secara rutin, namun jangan terlalu sering atau terlalu banyak. Pemupukan sebaiknya dilakukan sebulan sekali menggunakan pupuk cair organik.

4. Sinar Matahari


Sinar Matahari

Tanaman bunga Jepang membutuhkan sinar matahari yang cukup namun tidak terlalu banyak. Identifikasi daerah rumah yang terkena sinar matahari, dan pilih tempat yang cocok dengan intensitas cahaya yang diperlukan. Intensitas yang kurang mempengaruhi warna dan bentuk bunga.

5. Pemangkasan Tanaman


Pemangkasan Tanaman

Pemangkasan adalah proses yang sangat penting untuk menyeimbangkan pertumbuhan tanaman. Cara ini dimaksudkan untuk menghapus bagian-bagian yang rusak atau mati sehingga pertumbuhan tanaman menjadi semakin sehat. Selain itu, pemangkasan juga dilakukan untuk menghasilkan beberapa cabang tunas yang baru. Tunas baru biasanya terletak pada dekat cabang tangkai. Pemotongan juga dapat dilakukan untuk membentuk model atau bentuk tanaman sesuai dengan keinginan.

Nah, itulah beberapa cara merawat tanaman bunga Jepang di Indonesia. Dengan merawat tanaman yang baik, Anda akan mendapatkan bunga yang indah dan sehat. Selamat menanam!

Iklan