Kepadatan Penduduk Vietnam

Pembaca rinidesu.com, selamat datang kembali di platform kami. Pada kesempatan kali ini, kami akan membahas tentang kepadatan penduduk Vietnam. Sebelum masuk ke dalam pembahasan yang lebih mendetail, mari kita bahas apa itu kepadatan penduduk.

Pendahuluan

Kepadatan penduduk adalah ukuran kepadatan jumlah penduduk dalam suatu area tertentu. Biasanya dihitung dengan menghitung banyaknya orang per kilometer persegi. Indonesia memiliki kepadatan rata-rata sekitar 141 jiwa per kilometer persegi, sedangkan Vietnam memiliki kepadatan rata-rata sekitar 308 jiwa per kilometer persegi.

Kepadatan penduduk Vietnam cenderung meningkat setiap tahunnya. Oleh karena itu, penting untuk memahami kelebihan dan kekurangan dari tingkat kepadatan penduduk yang semakin meningkat di Vietnam.

Artikel ini akan membahas kelebihan dan kekurangan dari kepadatan penduduk Vietnam serta solusi untuk mengatasi masalah yang ada.

Keterbatasan Ruang

Kelebihan dari kepadatan penduduk yang tinggi adalah dapat menunjang kemajuan ekonomi. Namun, salah satu kelemahan tingginya kepadatan penduduk adalah keterbatasan ruang. Semakin banyak populasi, semakin sedikit lahan yang tersedia untuk subsisten. Kondisi ini dapat mengakibatkan pertumbuhan perkotaan yang tak terkendali, banyaknya bangunan ilegal, dan merosotnya kualitas lingkungan hidup dan kesejahteraan warga.

Ketergantungan pada Tenaga Kerja Asing

Industri Vietnam selama ini sangat bergantung pada tenaga kerja asing, untuk mengisi kekosongan lowongan pekerjaan karena penduduk Vietnam lebih banyak mengandalkan pekerjaan informal seperti pedagang, dan tukang ojek. Jika Vietnam benar-benar ingin maju sebagai pabrik dunia, maka hal ini harus diatasi dengan meningkatkan pendidikan pekerjaan yang sesuai dengan kebutuhan industri.

Kualitas Hidup Menurun

Kelebihan kepadatan penduduk di Vietnam dapat membuat orang menjadi lebih produktif, namun kekurangannya adalah menurunnya kualitas hidup akibat buruknya lingkungan yang dihasilkan. Udara semakin tercemar, jalan-jalan yang padat membuat transportasi umum sering macet dan merugikan pengusaha. Selain itu, tinggi harga lahan pun bisa memberikan dampak buruk terkadang mengakibatkan tempat tinggal para warga memprihatinkan.

Tingginya tingkat Pengangguran

Tingginya angka pengangguran dapat mempengaruhi jumlah penduduk suatu negara. Tingkat pengangguran Vietnam saat ini mencapai 2,03%, secara keseluruhan itu termasuk yang rendah, namun apabila dilihat dari jumlah penduduknya yang mencapai lebih dari 95 juta jiwa, ini sangat besar. Tingkat pengangguran ini dikhawatirkan akan memperburuk distribusi pendapatan.

Lingkungan Hidup yang Buruk

Kepadatan penduduk yang tinggi bisa menyebabkan lingkungan yang buruk, termasuk kekurangan air bersih, kepadatan sampah, kualitas bypasifitas yang sangat rendah, jalan-jalan yang kurang bersih, dan bising. Hal ini menyebabkan tingkat kesehatan yang buruk dan kualitas hidup yang rendah bagi penduduk Vietnam .

Kepadatan Penduduk Membuat Kumuh

Penduduk Vietnam terkadang bergerombol di kota-kota besar yang mengakibatkan perkembangan informal settlement atau hunian yang tidah resmi disebut kumuh. Pada negara berkembang seperti Vietnam hal ini sangat sulit diatasi, kumuh ini sebenarnya berkaitan dengan keterbelakangan ekonomi dan ketidakadilan perkokoaan yang membuat kemiskinan berkerumun di daerah yang padat penduduk.

Peningkatan Jumlah Penduduk

Salah satu alasannya Vietnam membutuhkan tenaga kerja, karena menerapkan sistem one-child policy. Tidak mengendalikan jumlah kelahiran membuat pendapatan dan jumlah konsumsi semakin bertambah, dimana hal demikian yang mengakibatkan peningkatan jumlah penduduk juga bertambah dalam rentang waktu 5 sampai 10 tahun. Hal ini mendorong pertumbuhan ekonomi namun dengan sumber daya yang terbatas untuk memenuhi kebutuhan penduduk Vietnam saat ini.

Kelebihan Kepadatan Penduduk Vietnam

Pemberdayaan Ekonomi

Kelebihan dari kepadatan penduduk yang tinggi selain dapat mempercepat perekonomian, kehadiran pemimpin yang efektif dan mampu memberikan dukungan kepada masyarakat akan membantu meningkatkan pemberdayaan ekonomi rakyat. Hal ini dilihat pada sektor usaha kecil yang semestinya turut mengalami peningkatan pertumbuhan.

Kekuatan Sumber Daya Manusia

Kepadatan penduduk Vietnam yang tinggi dapat menunjukkan jumlah lahiran yang memenuhi kebutuhan berbagai sektor ekonomi. Jadi, dalam hal pembangunan kebijakan dapat lebih mudah mencari tenaga kerja ataupun kamten dalam pembangunan suatu daerah.

Aksesibilitas Yang Mudah

Kelebihan dari kepadatan penduduk selain dapat menunjang perekonomian, aksesibilitas menjadi lebih mudah. Semua kerumunan tersebut biasanya akan memicu pembangunan infrastruktur sehingga sebagian warga memiliki akses kepada jaringan kereta bawah tanah, membuat bis yang memudahkan mobilitas warga.

Kemajuan dalam Pendidikan

Tingkat kepadatan penduduk yang tinggi juga menunjukkan potensi generasi muda dalam hal pendidikan. Hal ini akan berkaitan dengan keberhasilan yang dapat diperoleh di kemudian hari dalam pengembangan daerah dan peningkatan kualitas korupsi.

Produktif dalam Industri

Kelebihan dari kepadatan penduduk di Vietnam adalah produktivitas warga dalam industri yang berbeda. Dalam peningkatan kualitas bekerja informasi menjadi canggih sehingga lebih mudah diterapkan di kegiatan sehari-hari.

Kemandirian Ekonomi

Keberhasilan pertumbuhan ekonomi dapat diukur oleh tingkat kemandirian ekonomi di perusahaan-perusahaan kecil dan menengah di Vietnam. Kepadatan penduduk Vietnam yang tinggi membentuk jaringan bisnis yang kuat dan memiliki kemampuan untuk saling menguatkan, sehingga dapat saling membantu kemandirian berusaha yang dapat menghasilkan produk yang berkualitas dan terjamin serta menciptakan keberlanjutan.

Optimalisasi Sumber Daya Alam

Kelebihan dari kepadatan penduduk Vietnam yang tinggi merupakan peluang untuk optimalisasi sumber daya alam. Hal ini dapat dilakukan dengan memanfaatkan lahan yang belum dimanfaatkan sesuai dengan bidang, dan memberikan pengelolaan konservasi yang baik.

Kekurangan Kepadatan Penduduk Vietnam

Perubahan Iklim

Kepadatan penduduk Vietnam yang tinggi dapat membuat perubahan iklim semakin buruk. Polusi udara dari kendaraan bermotor dan pabrik akan membuat udara semakin tercemar. Selain itu, tidak adanya ruang hijau untuk taman dan kegiatan rekreasi dapat membuat lingkungan semakin buruk dan tidak sehat. Tingkat cekaman lingkungan akibat kepadatan penduduk yang meningkat dapat menjadi faktor penting dalam perubahan iklim global.

Overcrowding

Salah satu kelemahan Kepadatan penduduk di Vietnam adalah terjadinya overcrowding, yaitu sebuah keadaan dimana jumlah penduduk lebih banyak daripada ruangan yang tersedia. Hal ini terjadi ketika banyak warga yang tinggal di rumah yang sama, membuat ruangan menjadi sempit dan tidak nyaman. Hal ini dapat memengaruhi produktivitas penduduk ketika pekerjaan membutuhkan kerja sama tim dalam ruangan.

Transportasi Tidak Memadai

Peningkatan jumlah penduduk membuat primer transportasi anak negara seperti kereta bawah tanah dan bus menjadi macet, menimbulkan kemacetan lalu lintas setiap hari. Padahal mobilitas menjadi faktor penting dalam penentuan perekonomian kota. Dengan begitu, pada saat jam-jam sibuk jalan-jalan juga akan macet dan memakan waktu banyak.

Kesehatan Terpengaruh

Padatnya penduduk di Vietnam bisa memberikan dampak buruk pada kesehatan warga, karena lingkungan yang buruk. Hal ini bisa terjadi karena banyaknya kendaraan bermotor yang mengeluarkan gas karbon monoksida, polusi udara dan tingginya suhu di kota-kota besar. Selain itu, polusi suara juga bisa membuat kesehatan masyarakat semakin buruk.

Harga Properti Mahal

Kepadatan penduduk di Vietnam memberikan dampak buruk pada harga properti, hal ini dapat membuat harga properti kian melambung. Harga tanah menjadi sangat mahal terutama di kota-kota besar, sehingga warga yang ingin membeli tanah merasa kesulitan. Hal ini membuat mereka harus mencari alternatif seperti membeli rumah secara kredit, yang bisa membuat harga properti naik dan tidak cukup terjangkau oleh kalangan bawah dengan pendapatan yang rendah.

Berisik

Kepadatan penduduk Vietnam membuat kota-kota di Vietnam terasa sangat bising. Kualitas pengangkutan umum juga menjadi faktor utama dalam peningkatan tingkat kebisingan. Padatnya populasi dan semakin meningkatnya bising di kota, membuat jumlah penduduk mengalami stress karena sulit untuk tidur dan berkonsentrasi.

Tingkat pengangguran Meningkat

Kepadatan penduduk di Vietnam dapat menyebabkan tingkat pengangguran semakin tinggi. Hal ini mungkin terjadi karena tidak adanya pekerjaan di bidang tertentu yang cocok dengan kemampuan penduduk. Ada beberapa faktor penyebab tingginya angka pengangguran di Vietnam, termasuk ekonomi yang tidak stabil serta kurangnya kesempatan kerja yang tersedia di sektor publik dan swasta.

Tabel Statistik Kepadatan Penduduk Vietnam

Kota Jumlah Penduduk Kepadatan Penduduk
Ho Chi Minh City 8,8 juta 4,363 jiwa/km²
Hanoi 7,6 juta 2027 jiwa/km²
Da Nang 1,2 juta 1089 jiwa/km²

Frequently Asked Questions (FAQ)

1. Kepadatan Penduduk Vietnam di Ukur Berdasarkan Apa?

Kepadatan penduduk diukur berdasarkan jumlah penduduk dalam satu KM persegi pada suatu daerah atau wilayah.

2. Apa yang Menjadi Penyebab Tingginya Kepadatan Penduduk di Vietnam?

Kepadatan penduduk di Vietnam saat ini dipengaruhi oleh pertumbuhan populasi yang tinggi, laju urbanisasi yang cepat, serta migrasi warga di kota-kota besar.

3. Apa Dampak Buruk Kepadatan Penduduk Terhadap Pertumbuhan Ekonomi di Vietnam?

Kondisi kepadatan penduduk di Vietnam mempengaruhi aktivitas perekonomian, seperti terjadinya pemaksaan perkotaan yang sulit diatasi dan mengurangi produktivitas warga. Selain itu, tingkat pengangguran semakin tinggi dan harga properti menjadi sangat tinggi.

4. Apa Saja Implementasi yang Harus Dilakukan Untuk Mengatasi Kepadatan Penduduk di Vietnam?

Solusi untuk mengatasi masalah kepadatan penduduk di Vietnam adalah dengan mempromosikan urbanisasi yang berkelanjutan. Selain itu, mendorong pertumbuhan ekonomi yang kuat dengan cara meningkatkan produksi industri dan kualitas pendidikan, serta terus memperkuat jaringan transportasi umum.

5. Bagaimana dengan Kualitas Lingkungan Terkait dengan Kepadatan Penduduk di Vietnam?

Penduduk Vietnam, terutama di kota-kota besar, memiliki masalah lingkungan dan kesehatan yang menjadikannya tidak nyaman untuk hidup. Polusi udara dan air tidak menunjukkan bahwa Vietnam memerlukan penanganan lebih lanjut untuk mengatasi masalah ini.

6. Apa yang Terkait dengan Tingkat Pengangguran yang Tinggi di Vietnam?

Tingginya angka pengangguran di Vietnam dapat disebabkan oleh kurangnya kesempatan dan tantangan ekonomi yang menghantui generasi muda, menurunkan produktivitas warga di bidang-bidang tertentu. Solusi untuk mengatasi hal ini mulai diambil dengan meningkatkan keter

Iklan