Tutorial Lengkap Cara Menyambungkan HP ke TV

 

Cara Menyambungkan HP ke TV  – Buat kamu yang suka main game atau nonton film di handphone pasti sering bertanya-tanya, bagaimana cara menghubungkan handphone kamu ke TV agar bisa bermain game atau menonton film di layar yang lebih besar kan?

Cara menampilkan layar ponsel di TV sebenarnya cukup sederhana, Anda hanya perlu menghubungkan ponsel Anda ke TV menggunakan MHL atau kabel nirkabel menggunakan dongle seperti Google Chromecast, Miracast, dan Anycast yang sekarang populer. Menggunakan perangkat ini, Anda dapat melakukan streaming langsung dari ponsel ke TV Anda.

Cara Sambungkan HP ke TV

Lalu, bagaimana caranya? Mari kita bahas satu per satu. Berikut cara melakukan streaming dari ponsel Anda ke TV menggunakan kabel MHL dan Google Chromecast.

Cara Streaming HP ke TV Dengan Kabel MHL

Untuk menyambungkan ponsel Anda ke TV dengan cara ini, Anda tidak perlu menggunakan aplikasi tambahan. Yang harus Anda lakukan hanyalah menyiapkan kabel MHL yang memiliki dua konektor, yaitu Micro USB / USB C to HDMI.

Namun sebelumnya, pastikan ponsel Anda mendukung fitur MHL. Tidak semua HP mendukung teknologi ini. Pertama, periksa apakah kabel jenis ini cocok dengan port di ponsel Anda. Anda dapat memeriksanya di situs resmi MHL.

Kemudian, jika sesuai, cara menyambungkan ponsel Anda ke TV menggunakan kabel Mikro USB MHL ke HDMI adalah sebagai berikut:

1. Pertama, matikan TV Anda dengan menekan “Power” atau ON / OFF.

2. Kemudian, sambungkan ponsel ke TV dengan memasukkan ujung datar kabel MHL ke port HP, sedangkan ujung kabel terbesar dimasukkan ke soket TV yang bertuliskan HDMI.

3. Kemudian, hidupkan kembali TV Anda dan alihkan saluran ke opsi HDMI.

4. Selanjutnya, periksa opsi yang bertuliskan ‘Koneksi HDMI’ di ponsel Anda.

5. Sekarang, layar ponsel Anda bisa dilihat di TV. Anda dapat mengatur layar ponsel Anda ke posisi lanskap agar sesuai dengan area layar TV dan lebih nyaman untuk dilihat.

Cara Streaming HP ke TV Dengan Google Chromecast

Atau, Anda dapat melakukan streaming dari ponsel ke TV menggunakan Google Chromecast.

Google Chromecast adalah perangkat khusus dari Google yang dapat digunakan untuk menikmati streaming konten multimedia. Bagi Anda yang tidak memiliki smart TV, Google Chromecast sudah pasti menjadi perangkat yang wajib dimiliki.

Menariknya, meski dikembangkan oleh Google, Chromecast juga bisa digunakan oleh pengguna iPhone. Jadi, selain ponsel Android, Chromecast juga bisa digunakan oleh pengguna Apple.

Kondisi utama untuk menggunakan Chromecast adalah internet. Ya, Anda harus menyiapkan jaringan internet untuk menggunakan Google Chromecast.

Cara kerja Chromecast sendiri sangat unik. Anda dapat menemukan konten yang ingin Anda tonton di ponsel Anda. Kemudian Anda akan menekan tombol “Cast”, ponsel Anda akan mengirimkan tautan ke Chromecast. Chromecast Anda kemudian akan memutar konten yang ditautkan menggunakan jaringan internet yang telah Anda sambungkan.

Anda tidak akan melihat proses pengiriman tautan itu sendiri. Pasalnya, hal itu dilakukan secara otomatis oleh sistem.

Berikut cara menghubungkan ponsel Anda ke TV menggunakan Google Chromecast:

1. Di dalam kotak Google Chromecast Anda akan menemukan Chromecast, kabel USB, dan kabel pengisi daya. Langkah pertama yang perlu Anda lakukan adalah menemukan port HDMI di bagian belakang atau samping TV Anda dan menghubungkan Chromecast Anda ke port HDMI di TV.

2. Kemudian, nyalakan TV dan tekan tombol ‘Input’. Setelah itu, opsi koneksi HDMI akan muncul yang cocok dengan Chromecast Anda.

3. Pilih opsi HDMI yang bertuliskan Chromecast, seperti Chromecast HDMI atau Chromecast HDMI-CEC.

4. Selanjutnya, download aplikasi Google Home di ponsel Anda dan atur sepenuhnya seperti membuat akun di aplikasi Google Home.

5. Setelah itu, Anda akan diminta untuk memasukkan kode yang muncul di layar TV melalui aplikasi Google Home untuk proses sinkronisasi. Hubungkan aplikasi Google Home ke jaringan WiFi yang sama dengan TV Anda.

6. Chromecast dan TV terhubung dan Anda dapat menjalankan aplikasi yang kompatibel dengan Chromecast di layar TV.

7. Untuk menonton konten dari ponsel ke TV, yang harus Anda lakukan adalah menekan tombol “Cast” pada layar aplikasi seluler. Tombol ini biasanya terletak di kanan atas aplikasi dan memiliki ikon layar TV.

8. Anda dapat mengontrol tampilan Anda menggunakan ponsel Anda. Selain menonton video dari aplikasi tertentu (contoh: Netflix, YouTube, iflix), Anda juga dapat mendengarkan musik di TV melalui aplikasi tertentu (contoh: Spotify) dan bermain game.

Itu dia tutorial lengkap cara menyambungkan HP ke TV yang bisa kami berikan. Sampai bertemu di artikel Tekno Mania berikutnya, semoga bermanfaat.

Baca juga:

6 Cara Ampuh Menambah Followers Twitter

Iklan