Table of contents: [Hide] [Show]

Mengenal 50 Kata Sifat Bahasa Jepang


Kata Sifat Bahasa Jepang

Bahasa Jepang memiliki banyak sekali kata sifat yang digunakan untuk mengekspresikan sifat dan karakter dari sesuatu atau seseorang. Kata sifat dalam bahasa Jepang dikenal sebagai “keiyoushi” yang berarti kata sifat yang dapat mengubah bentuk kata benda seperti menunjukkan keadaan, pengalaman, sifat dan sebagainya. Oleh karena itu, untuk kamu yang ingin mempelajari bahasa Jepang, mengenal 50 kata sifat bahasa Jepang sangatlah penting.

Berikut adalah 50 kata sifat bahasa Jepang yang perlu kamu ketahui:

  1. Akai (赤い) artinya merah
  2. Amai (甘い) artinya manis
  3. Amari (余り) artinya sedikit
  4. Atarashii (新しい) artinya baru
  5. Atsui (暑い) artinya panas
  6. Benri (便利) artinya berguna
  7. Chiisai (小さい) artinya kecil
  8. Chikai (近い) artinya dekat
  9. Daijoubu (大丈夫) artinya baik-baik saja
  10. Hayai (早い) artinya cepat
  11. Hidoi (酷い) artinya kejam
  12. Honki (本気) artinya serius
  13. Hoshi (欲しい) artinya ingin
  14. Ichiban (一番) artinya nomor satu
  15. Itai (痛い) artinya sakit
  16. Jouzu (上手) artinya pandai
  17. Kawaii (可愛い) artinya imut
  18. Kirei (綺麗) artinya cantik
  19. Kuromu (黒い) artinya hitam
  20. Kurusai (臭い) artinya bau
  21. Kyuukyoku (究極) artinya utama
  22. Mabushii (眩しい) artinya terang
  23. Majime (真面目) artinya jujur
  24. Minikui (醜い) artinya jelek
  25. Muzukashii (難しい) artinya sulit
  26. Nagai (長い) artinya panjang

Selain kata-kata di atas, masih ada banyak lagi kata sifat bahasa Jepang yang perlu kamu pelajari. Memahami kata sifat bahasa Jepang akan membantumu untuk lebih memahami penggunaan kata-kata tersebut dalam kalimat Jepang.

Selain itu, untuk lebih memperdalam pemahamanmu tentang kata sifat bahasa Jepang, kamu juga bisa bergabung dengan komunitas pembelajar Jepang, mencari bahan-bahan belajar online, atau meminta bantuan guru bahasa Jepang atau teman yang mahir dalam bahasa Jepang.

Terakhir, hindari mencoba untuk menghafal semua kosakata sekaligus. Sebaiknya pelajari perlahan dan berlatih menggunakan kata-kata tersebut dalam konteks kalimat. Jangan takut melakukan kesalahan, karena itu adalah bagian dari belajar.

Belajar bahasa Jepang memang membutuhkan usaha dan kesabaran yang cukup besar, namun dengan tekad dan semangat yang kuat, kamu pasti bisa menjadi mahir dalam menggunakan bahasa Jepang dalam waktu yang cukup singkat.

Sifat Warna dalam Bahasa Jepang


Sifat Warna dalam Bahasa Jepang

Warna merupakan unsur penting dalam kehidupan kita, tidak terkecuali dalam bahasa Jepang. Pada artikel kali ini, kita akan membahas mengenai sifat warna dalam bahasa Jepang. Bahasa Jepang memiliki beragam sifat warna yang dapat digunakan untuk menggambarkan warna suatu benda atau benda itu sendiri. Berikut ini 50 kata sifat warna bahasa Jepang yang perlu kamu ketahui.

  1. Akai (赤い) – Merah
  2. Aoi (青い) – Biru
  3. Aka-irosa ( 赤色さ ) – Kemerahan
  4. Ao-irosa (青色さ) – Kebiruan
  5. Kiiro (黄色) – Kuning
  6. Momo-iro (桃色) – Pink
  7. Hai-iro (灰色) – Abu-abu
  8. Midori (緑) – Hijau
  9. Tsumetai (冷たい) – Dingin
  10. Atsui (暑い) – Panas
  11. Shiroi (白い) – Putih
  12. Kuroi (黒い) – Hitam
  13. Murasaki (紫) – Ungu
  14. Orenji (オレンジ) – Oranye
  15. Chairo (茶色) – Cokelat
  16. Kon (紺) – Biru Tua
  17. Sorairo (空色) – Biru Langit
  18. Kari-irosa (仮色さ) – Cokelat Kekuning-kuningan
  19. Awai (薄い) – Tipis
  20. Fukai (深い) – Dalam
  21. Karai (辛い) – Pedas
  22. Suppai (酸っぱい) – Asam
  23. Amai (甘い) – Manis
  24. Shizuka (静か) – Tenang
  25. Sawagashi (騒がしい) – Ramai
  26. Takanaru (鷹狩り) – Cemas
  27. Namida (涙) – Menangis
  28. Sabishii (寂しい) – Kesepian
  29. Kimoi (気持ち悪い) – Mual
  30. Hikui (低い) – Pendek
  31. Takai (高い) – Tinggi
  32. Omoku (重く) – Berat
  33. Karuka (軽く) – Ringan
  34. Mijikai (短い) – Pendek
  35. Nagai (長い) – Panjang
  36. Katai (硬い) – Keras
  37. Yawarakai (柔らかい) – Lembut
  38. Atatakai (温かい) – Hangat
  39. Tsumetai (冷たい) – Dingin
  40. Samui (寒い) – Dingin
  41. Mushiatsui (蒸し暑い) – Lembab
  42. Haru – Gulung
  43. Kusai (臭い) – Bau
  44. Kareru (枯れる) – Kering
  45. Irodorareru (彩られる) – Berwarna
  46. Fukuranda (ふくらんだ) – Buncit
  47. Chisa-irosa (茶々色さ) – Kehitaman
  48. Haikei-irosa (灰桂色さ) – Kelabu Keunguan
  49. Hai-cha-iro (灰茶色) – Kelabu Keunguan
  50. Kougai-iro (紅外色) – Cokelat Gelap
  51. Kumori (曇り) – Mendung

Itulah 50 kata sifat bahasa Jepang yang digunakan untuk menggambarkan warna suatu benda atau benda itu sendiri. Warna-warna tersebut mampu menggambarkan apa yang dirasakan manusia seperti dingin, panas, dingin, tenang, ramai, dan lain sebagainya. Bagaimana, apakah kamu sudah mengenal sifat warna dalam bahasa Jepang ini? Jangan ragu untuk mencobanya saat berbicara dengan teman-teman Jepangmu ya!

Sifat Bentuk dalam Bahasa Jepang


Sifat Bentuk dalam Bahasa Jepang

Bahasa Jepang memiliki banyak kata sifat yang cukup banyak dipakai dalam percakapan sehari-hari. Kata sifat ini bisa digunakan untuk menggambarkan bentuk dari sebuah barang atau keadaan dari suatu tempat atau orang. Berikut adalah 50 kata sifat bahasa Jepang dalam subtopik Sifat Bentuk dalam Bahasa Jepang.

1. Atatakai

Atatakai

Kata sifat yang memiliki arti hangat atau bersahabat ini, dapat digunakan untuk menggambarkan tempat tertentu yang hangat atau suasana yang menyenangkan. Misalnya, “Rumah mertua saya selalu terasa hangat saat musim dingin tiba.”

2. Osoroshii

Osoroshii

Osoroshii berarti mengerikan atau menakutkan. Kata sifat ini bisa digunakan untuk menggambarkan keadaan atau juga benda seperti film horor atau bangunan yang seram. Contohnya, “Lokasi acara Halloween malam ini sangat osoroshii.”

3. Kantan

Kantan

Kata sifat kantan artinya mudah. Kata sifat ini biasa dipakai saat berbicara tentang pekerjaan atau tugas yang tidak sulit untuk dilakukan. Misalnya, “Tugas rumah yang diberikan oleh guru sangat kantan.”

4. Kitanai

Kitanai

Sementara kitanai artinya kotor. Kata sifat ini dipakai untuk mendeskripsikan benda atau tempat yang kotor. Contohnya, “Kamar mandi yang tidak pernah dibersihkan di rumah teman saya sangatlah kitanai.”

5. Shinsetsu

Shinsetsu

Shinsetsu berarti ramah. Kata sifat ini bisa digunakan untuk menggambarkan sifat seseorang yang sangat menyenangkan dan mudah didekati atau suasana yang bersahabat dan akrab. Contohnya, “Staf hotel di Jepang sangatlah ramah dan shinsetsu.”

6. Tsumaranai

Tsumaranai

Kata sifat tsumaranai memiliki arti membosankan. Kata ini biasa digunakan ketika kita menilai sebuah acara atau kegiatan yang dianggap tidak menarik. Contohnya, “Film itu sangat tsumaranai, saya bosan menontonnya.”

7. Shizuka

shizuka

Kata sifat shizuka artinya tenang. Kata sifat ini dipakai untuk menggambarkan suatu tempat atau situasi yang tenang atau tidak terganggu. Contohnya, “Saat menikmati waktu pagi di taman, suasana menjadi sangat shizuka.”

8. Amai

Amai

Kata sifat amai artinya manis. Biasanya dipakai ketika kita mendeskripsikan rasa makanan atau minuman yang manis. Contohnya, “Es krim ini sangatlah enak dan memiliki rasa yang sangat amai.”

9. Muzukashii

Muzukashii

Muzukashii berarti sulit. Kata sifat yang satu ini sering digunakan ketika kita menemukan sesuatu yang sulit untuk dipahami atau dikerjakan. Contohnya, “Soal ujian yang diberikan oleh guru sangatlah muzukashii.”

10. Sawaranaidesu

sawaranaidesu

Kata sifat sawaranaidesu biasanya digunakan sebagai permintaan atau permisi. Artinya, “jangan menyentuhnya” atau “bolehkah saya memegangnya?” Misalnya, “Sawaranaidesu, benda itu sangat rapuh.”

Demikianlah 10 dari 50 kata sifat yang sering digunakan dalam bahasa Jepang. Ada banyak lagi kata sifat yang bisa kamu pelajari dan gunakan dalam percakapan sehari-hari. Yuk, mulai belajar bahasa Jepang lebih intensif!

Sifat Karakter dalam Bahasa Jepang


Sifat Karakter dalam Bahasa Jepang

Bahasa Jepang kaya dengan kata-kata sifat yang menggambarkan karakter seseorang. Setiap kata memiliki arti dan nuansa yang berbeda, memberikan gambaran yang unik tentang kepribadian individu atau situasi tertentu.

Berikut adalah 50 kata sifat Bahasa Jepang yang menggambarkan sifat karakter seseorang, yang bisa kamu gunakan dalam percakapan sehari-hari.

1. 忠実 (chuu-jitsu) – Setia

Orang yang memiliki karakter ini adalah orang yang bisa dipercaya dan sangat akan setia hingga ujung akhir. Mereka bisa dipercaya dan tekun dalam apa yang mereka lakukan.

2. 元気 (genki) – Ceria dan bersemangat

Orang yang memiliki sifat ini adalah orang yang selalu ceria. Mereka memiliki semangat yang tinggi serta selalu positif dan enerjik.

3. 優しい (yasashii) – Lembut hati dan ramah

Orang dengan sifat ini dikenal sebagai orang yang luas hati dan ramah. Orang dengan sifat ini selalu memberikan dukungan serta senang membantu orang lain.

4. 積極的 (sekkyokuteki) – Gigih dan bersemangat


Sifat Karakter dalam Bahasa Jepang

Orang dengan karakter ini selalu bersemangat dan gigih dalam mencapai tujuan mereka. Mereka tidak mudah menyerah dan selalu siap berjuang.

Sifat ini juga sering digunakan untuk menggambarkan orang yang selalu ingin belajar dan meningkatkan diri. Mereka tidak takut mengambil inisiatif dan mencoba hal baru.

5. 礼儀正しい (reigi tadashii) – Sopan dan beradab

Orang yang memiliki karakter ini selalu sopan dan memiliki etika yang baik. Mereka selalu menghormati orang lain dan memperlakukan semua orang dengan cara yang baik.

6. 正直 (shoujiki) – Jujur dan jelas

Orang yang memiliki karakter ini selalu jujur dan terbuka mengenai apapun. Mereka tidak pernah menyembunyikan apapun dan selalu terus terang mengenai apapun.

7. 強気 (tsuyoki) – Kuat dan tegas

Orang yang memiliki karakter ini selalu kuat dan tegas dalam menghadapi masalah. Mereka selalu percaya diri dan berani mengambil keputusan yang sulit.

8. 恥ずかしがり屋 (hazukashigariya) – Penakut dan pemalu

Orang dengan sifat ini adalah orang yang cenderung pemalu dan seringkali enggan untuk berbicara di depan banyak orang. Sifat ini juga sering digunakan untuk menggambarkan seseorang yang mudah merasa malu atau canggung.

9. 感じが鋭い (kanjiga surudoi) – Peka

Orang dengan sifat ini sangat peka terhadap perasaan orang lain. Mereka selalu memperhatikan detail serta mampu membaca emosi orang-orang di sekitarnya.

10. 頑固 (ganko) – Keras kepala

Orang yang memiliki karakter ini kerap kali keras kepala dan enggan menerima pendapat orang lain. Mereka cenderung mempertahankan pendapat mereka hingga akhir.

11. 慎重 (shincho) – Berhati-hati

Orang dengan sifat ini adalah orang yang sangat berhati-hati dan selalu mempertimbangkan segala sesuatu dengan seksama sebelum mengambil keputusan.

12. 明るい (akarui) – Cerah dan riang

Orang dengan karakter ini adalah orang yang selalu cerah dan riang. Mereka memiliki aura positif yang menular pada orang-orang di sekitarnya.

13. 臆病 (okubyou) – Takut dan cemas

Orang dengan sifat ini kerap kali takut dan cemas dalam menghadapi situasi baru atau tak terduga. Mereka cenderung enggan mengambil risiko atau melakukan hal-hal yang berpotensi berbahaya bagi diri mereka sendiri.

14. 楽観的 (rakkanteki) – Optimis

Orang dengan sifat optimis selalu melihat sisi baik dari setiap situasi dan memiliki keyakinan bahwa segala sesuatu akan berakhir baik-baik saja.

15. 無口 (mukuchi) – Pendiam

Sifat ini sering digunakan untuk menggambarkan orang yang cenderung pendiam atau enggan untuk berbicara. Mereka biasanya lebih memilih untuk mendengarkan daripada berbicara.

16. 短気 (tanki) – Mudah marah

Orang dengan sifat ini sangat mudah marah dan cenderung mengambil tindakan atau melakukan sesuatu secara impulsif.

17. 謙虚 (kenkyo) – Sopan dan rendah hati

Sifat ini sering digunakan untuk menggambarkan orang yang sopan dan rendah hati. Mereka tidak suka memamerkan diri dan selalu menghargai orang lain.

18. 生意気 (namaiki) – Sombong dan arogan

Di sisi lain, sifat ini menggambarkan orang yang sombong dan arogan. Mereka cenderung meremehkan orang lain dan merasa bahwa diri mereka lebih baik daripada yang lain.

19. 真面目 (majime) – Bertanggung jawab dan serius

Orang dengan karakter ini selalu bertanggung jawab dan serius dalam segala hal yang mereka lakukan. Mereka sangat fokus pada tugas dan pekerjaan mereka, serta selalu berusaha memberikan yang terbaik.

20. 優秀 (yuushuu) – Unggul dan berprestasi

Sifat ini menggambarkan orang yang berprestasi dan unggul dalam bidang tertentu. Mereka biasanya sangat kompeten dan memiliki kemampuan atau keahlian khusus.

21. 賢い (kashikoi) – Cerdas dan bijaksana

Orang dengan sifat ini dikenal sebagai orang yang sangat cerdas dan bijaksana. Mereka selalu bisa memecahkan masalah dengan baik dan memberikan solusi yang tepat ketika diperlukan.

22. 勇敢 (yuukan) – Berani dan kuat

Sifat ini menggambarkan orang yang sangat berani dan kuat, dan tidak takut menghadapi rintangan atau bahaya.

23. 天真爛漫 (tennenshikou) – Polos dan kekanak-kanakan

Sifat ini sering digunakan untuk menggambarkan orang yang polos dan kekanak-kanakan. Orang dengan sifat ini tidak terlalu serius dalam hal-hal tertentu dan selalu bersikap seperti anak kecil.

24. 周到 (shuutou) – Teliti dan cermat

Orang dengan sifat ini sangat teliti dan cermat dalam segala hal yang mereka lakukan. Mereka selalu memperhatikan detail dan tidak pernah menyepelekan hal-hal kecil.

25. 冷静 (reisei) – Tenang dan terkendali

Orang dengan sifat ini selalu tenang dan terkendali dalam segala situasi. Mereka selalu bisa mempertahankan ketenangan dalam situasi yang sulit atau stres.

26. 無邪気 (mujaki) – Polos dan jujur

Sifat ini sering digunakan untuk menggambarkan orang yang polos dan jujur, serta tidak memiliki niat jahat. Orang dengan sifat ini biasanya selalu memberikan persepsi positif pada orang lain.

27. 社交的 (shakou-teki) – Ekstrovert dan ramah

Sifat ini menggambarkan seseorang yang terbuka dan ramah kepada orang lain. Orang dengan sifat ini juga suka berinteraksi dengan orang lain dan tidak kesepian.

28. 照れ屋 (tereya) – Malu-malu

Orang dengan sifat ini cenderung malu-malu dan enggan untuk menunjukkan perasaan atau emosi mereka. Sifat ini biasanya terlihat di depan orang yang dekat.

29. 無口 (mushin) – Tenang dan terfokus

Sifat ini sering digunakan untuk menggambarkan seseorang yang tenang dan terfokus saat melakukan suatu tindakan. Mereka biasanya lebih banyak berdiam dan fokus pada tugas di depan mereka tanpa gangguan dari luar.

30. 素直 (sunao) – Mudah diatur dan patuh

Orang dengan sifat ini selalu patuh dan mudah diatur. Mereka cenderung mematuhi perintah atau instruksi dan tidak suka melakukan tindakan yang berlawanan dengan ketentuan.

31. 猪突猛進 (chototsumoushin) – Terburu-buru dan impulsif

Sifat ini menggambarkan seseorang yang buru-buru dan impulsif dalam mengambil keputusan. Mereka sering kali tidak mempertimbangkan konsekuensi atau risiko ketika melakukan suatu tindakan.

32. 賑やか (nigiyaka) – Ramai dan bising

Sifat ini sering digunakan untuk menggambarkan suasana yang ramai dan bising, seperti ketika ada orang banyak atau pesta yang meriah. Orang dengan sifat ini cenderung suka berada di tengah keramaian.

33. 剛直 (goujiku) – Tegas dan lurus

Orang dengan sifat ini cenderung tegas dan lurus dalam semua hal. Mereka tidak mengenal kompromi dan selalu memperjuangkan pendapat mereka.

34. 操作上手 (sousa jouzu) – Ahli dalam mengoperasikan sesuatu

Sifat ini menggambarkan seseorang yang ahli dalam mengoperasikan suatu peralatan atau berbagai jenis mesin.

35. 八方美人 (happou bijin) – Penuh kasih sayang dan sopan santun

Sifat ini menggambarkan seseorang yang selalu ramah dan sopan terhadap semua orang, dan selalu berusaha memberikan rasa kasih sayang kepada orang lain.

36. 大雑把 (oozappa) – Kurang terperinci dan asal-asalan

Sifat ini menggambarkan seseorang yang cenderung kurang terperinci dan kurang memperhatikan detail. Orang dengan sifat ini sering melakukan sesuatu secara asal-asalan.

37. 優柔不断 (yuujoufudan) – Mudah bimbang dan ragu-ragu

Sifat ini menggambarkan seseorang yang sangat mudah bimbang dan ragu-ragu dalam mengambil keputusan.

38. 素早い (subayai) – Cepat dan tangkas

Orang dengan sifat ini sangat cepat dan tangkas dalam melakukan suatu tindakan atau pekerjaan.

39. 真剣 (shinken) – Serius dan tekun

Sifat ini menggambarkan seseorang yang sangat serius dan tekun dalam melakukan suatu tugas atau pekerjaan.

40. 強情 (goujou) – Keras kepala dan memegang pendirian

Sifat ini menggambarkan seseorang yang sangat keras kepala dan memegang teguh pendirian mereka.

41. 愛想 (aisou) – Ramah dan suka bergaul

Orang dengan sifat ini selalu suka bergaul dan secara alami ramah dengan semua orang.

42. 頑張り屋 (ganbariya) – Pekerja keras dan tekun

Sifat ini menggambarkan seseorang yang sangat tekun dan selalu bekerja keras dalam semua hal yang mereka lakukan.

43. 清潔 (seiketsu) – Bersih dan rapi

Orang dengan sifat ini selalu menjaga kebersihan dan keindahan lingkungan sekitar.

44. 無垢 (muku) – Suci dan polos

Sifat ini menggambarkan seseorang yang suci dan polos, seperti seorang anak kecil yang belum tercemar oleh dunia.

45. 精神力 (seishinryoku) – Mental yang kuat

Orang dengan sifat ini memiliki daya tahan mental yang kuat. Mereka selalu bisa melewati situasi sulit dan tidak mudah menyerah atau merasa putus asa.

46. おっとり (ottori) – Santai dan lembut

Sifat ini menggambarkan seseorang yang santai dan lembut dalam segala hal.

47. 気むずかしい (kimuzukashii) – Sibuk dan selalu sibuk

Sifat ini menggambarkan seseorang yang sibuk dan selalu sibuk, dan merasa tidak cukup waktu untuk melakukan semua hal yang mereka inginkan.

48. 気配り上手 (kikubarini jouzu) – Pandai memikirkan orang lain

Orang dengan sifat ini sangat pandai dalam memikirkan perasaan dan kebutuhan orang lain, dan selalu berusaha untuk membantu mereka.

49. 手先が器用 (tesakigakigyou) – Pandai dengan tangan

Sifat ini menggambarkan seseorang yang sangat pandai dan terampil dalam menggunakan tangan mereka.

Penggunaan Sifat dalam Bahasa Jepang Sehari-hari
Penggunaan Sifat dalam Bahasa Jepang Sehari-hari

Banyak kata sifat dalam bahasa Jepang yang digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Dalam artikel ini, kami akan membahas 50 kata sifat bahasa Jepang dan cara penggunaannya.

1. Atatakai


Atatakai

Artinya hangat atau nyaman. Kata sifat ini sering digunakan untuk menjelaskan suasana hati atau perasaan seperti “saya merasa hangat melihat film itu”.

2. Genki


Genki

Artinya sehat atau riang. Kata sifat ini sering digunakan ketika kita bertanya kepada seseorang tentang kesehatannya atau keadaannya, seperti “Apa kabarmu? Apakah kamu genki?”.

3. Kirei


Kirei

Artinya cantik. Kata sifat ini digunakan untuk menjelaskan keindahan atau kecantikan, seperti “Bunga-bunga di taman itu sangat kirei”.

4. Oishii


Oishii

Artinya enak. Kata sifat ini digunakan untuk merujuk pada makanan atau minuman yang enak, seperti “Nasi goreng itu sangat oishii”.

5. Sabishii


Sabishii

Artinya kesepian. Kata sifat ini sering digunakan untuk menggambarkan keadaan hati orang yang merasa sendirian, seperti “Saya merasa sangat sabishii tanpa teman di sini”.

6. Shizuka


Shizuka

Artinya tenang atau sunyi. Kata sifat ini sering digunakan untuk menggambarkan keadaan sekitar yang tenang atau sunyi, seperti “Kota ini sangat shizuka pada malam hari”.

7. Taihen


Taihen

Artinya sulit atau susah. Kata sifat ini digunakan untuk menggambarkan suatu pekerjaan atau tugas yang sulit, seperti “Mengerjakan tugas itu sangat taihen”.

8. Tanoshii


Tanoshii

Artinya menyenangkan. Kata sifat ini digunakan untuk menggambarkan suatu aktivitas atau peristiwa yang menyenangkan, seperti “Piknik di taman itu sangat tanoshii”.

9. Yasashii


Yasashii

Artinya baik hati atau lembut. Kata sifat ini digunakan untuk menggambarkan perilaku atau sifat seseorang yang baik dan lembut, seperti “Guru itu sangat yasashii pada murid-muridnya.”

10. Yumei


Yumei

Artinya terkenal. Kata sifat ini digunakan untuk menggambarkan seseorang atau sesuatu yang terkenal, seperti “Artis itu sangat yumei di Jepang.”

Itulah 10 contoh penggunaan kata sifat dalam bahasa Jepang sehari-hari. Semoga dengan mengetahui berbagai macam kata sifat ini, kamu bisa berkomunikasi dengan lebih lancar dalam bahasa Jepang.

Iklan