Menyiapkan Kosakata Bahasa Jepang Sehari-hari


Kosakata Bahasa Jepang Sehari-hari

Jepang adalah salah satu negara yang sangat eksotis, unik, dan kaya akan budaya. Tidak hanya itu, bahasa Jepang juga memiliki kosakata yang unik dan menarik untuk dipelajari. Banyak orang di Indonesia yang tertarik untuk belajar bahasa Jepang. Hal tersebut disebabkan karena kepentingan studi dan pekerjaan, atau cukup sekedar ingin mengunjungi negara tersebut untuk berwisata. Memiliki kosakata Bahasa Jepang sehari-hari tentunya sangat berguna bagi Anda yang ingin menguasai bahasa Jepang dengan baik.

Beberapa kosakata yang harus dimiliki untuk sehari-hari, antara lain:

1. Salam dan permisi dalam Bahasa Jepang

Salah satu kunci memulai percakapan dalam Bahasa Jepang adalah dengan menyapa seseorang dengan salam. Kata-kata salam dalam Bahasa Jepang adalah ‘Konnichiwa’ yang berarti selamat siang, dan ‘Ohayou gozaimasu’ yang berarti selamat pagi. Sedangkan untuk permisi, terdapat beberapa cara dalam Bahasa Jepang. Contohnya ‘Sumimasen’ untuk meminta maaf, dan ‘Arigatou gozaimasu’ untuk mengucapkan terimakasih.

2. Kata-kata penyapa dalam Bahasa Jepang

Kata penyapa dalam Bahasa Jepang tergantung pada siapa yang kamu sapa dan klasifikasinya. Untuk penyapaan pada teman sebaya atau kenalan, kamu dapat menggunakan ‘Kimi’ atau ‘Anata’. Sedangkan untuk penyapaan pada orang yang lebih tua atau atasan, kamu dapat menggunakan ‘San’ atau ‘Sama’ sebagai bentuk penghormatan.

3. Kata-kata tentang makanan dan minuman dalam Bahasa Jepang

Makanan dan minuman adalah bagian penting dalam budaya Jepang, maka penting juga untuk menguasai kosakata seputar makanan dan minuman. Beberapa contoh kosakata sehari-hari dalam Bahasa Jepang adalah ‘Ocha’ yang berarti teh, ‘Sushi’ yang berarti makanan gulung yang terbuat dari nasi dan daging atau ikan, dan ‘Onigiri’ yang berarti makanan berbentuk segitiga atau bulat yang dibungkus dengan daun nori atau rumput laut yang diisi dengan nasi.

Belajar kosakata Bahasa Jepang sehari-hari tidaklah sulit. Kamu dapat mencari informasi kosakata sehari-hari secara online atau melalui buku-buku panduan. Kamu juga dapat mengunakan aplikasi belajar bahasa Jepang yang banyak tersedia di internet. Selain itu, kamu juga dapat memperdalam kosakata tersebut melalui kegiatan chatting dengan teman atau kenalan yang juga menguasai Bahasa Jepang.

Itulah beberapa contoh kosakata Bahasa Jepang sehari-hari yang dapat membantu mempermudah percakapan dalam Bahasa Jepang. Dengan belajar dan menguasai kosakata sehari-hari dalam Bahasa Jepang, kamu dapat memperluas wawasan budaya Jepang dan dapat berkomunikasi dengan mudah dengan orang Jepang.

Meningkatkan Keterampilan Berbicara dan Mendengar dalam Bahasa Jepang dengan Mudah


Meningkatkan Keterampilan Berbicara dan Mendengar dalam Bahasa Jepang dengan Mudah

Jika kamu ingin memperluas pengetahuan bahasa, namun bingung harus mengambil kursus atau tidak, jangan khawatir! Kamu masih bisa belajar bahasa Jepang dari rumah, di mana kamu dapat mempelajari berbagai keterampilan, termasuk keterampilan berbicara dan mendengar dalam Bahasa Jepang dengan mudah.

Bahasa Jepang adalah salah satu bahasa yang menarik untuk dipelajari, dikarenakan simbol-simbol kanji yang unik serta pengucapan dan penulisannya yang berbeda dengan bahasa-bahasa lainnya. Tapi sebenarnya melatih keterampilan berbicara dan mendengar dalam bahasa Jepang itu mudah, asalkan kamu mengikuti beberapa tips penting:

1. Dengarlah Musik dengan Lirik Jepang untuk Melatih Pendengaranmu


Musik Jepang sangat menarik dan banyak digemari oleh seluruh dunia. Lagu-lagu dalam bahasa Jepang memiliki pengucapan yang jelas dan sering dipakai dalam kalimat-kalimat sehari-hari. Mengapa tidak mencoba mendengarkan lagu-lagu Jepang dan mencocokkan kata-kata yang dinyanyikan? Dalam jangka waktu yang tidak terlalu lama, pendengaranmu akan terlatih untuk mengenali kosa kata baru dan keterampilan bidang ini akan semakin meningkat.

2. Mengikuti Kursus di Sekolah atau Online


Kursus bahasa Jepang di sekolah cukup membantu, karena guru akan membantu kamu untuk kolaborasi dan memberikan penjelasan yang mudah dipahami. Jika kamu memiliki keterbatasan waktu dan ingin belajar mandiri, kamu bisa mencoba opsi kursus online, di mana kamu bisa mengakses pelajaran kapanpun dan di mana saja. Kamu bisa mencari sumber online seperti video Youtube, aplikasi Duolingo atau simak berita Jepang di NHK World, ini bisa menambah pengetahuanmu sekaligus melatih pendengaran dan pengucapanmu.

3. Tonton Anime Jepang dan Drama


Drama Jepang dan Anime Jepang sangat populer bukan hanya di Jepang, bahkan di seluruh dunia. Inilah kesempatanmu untuk memperluas kosa kata dalam bahasa Jepang dan latihan pendengaranmu. Tanpa sama sekali sadar, kamu akan terbiasa dengan logat, kosakata, dan beberapa kata kunci serta frasa sehari-hari.

4. Practice Makes Perfect


Cobalah untuk berbicara Bahasa Jepang dengan semua orang yang kamu temui, bahkan jika hanya berkomentar tentang cuaca. Seperti pepatah “Practice Makes Perfect”, melatih keterampilan berbicara dan mendengar dalam bahasa Jepang akan membantumu menajamkan kemampuanmu dalam memahami grammar dalam bahasa Jepang.

5. Bergabunglah dengan Kelas Bahasa Jepang


Cara terakhir untuk meningkatkan keterampilan berbicara dan mendengar dalam bahasa Jepang adalah dengan bergabung dengan kursus bahasa Jepang secara offline, di mana kamu akan bergabung dengan orang-orang lain yang memiliki tujuan yang sama: mempelajari bahasa Jepang. Kamu akan dituntut untuk mempraktikkan berbicara dan mendengar Bahasa Jepang, serta mengenal beberapa kosa kata penting secara langsung melalui konversasi dengan teman sekelas.

Dalam akhirnya, mengembangkan keterampilan berbicara dan mendengar dalam bahasa Jepang bisa memakan waktu dan usaha yang disertai dengan perilaku konsisten. Yang terpenting, jangan takut untuk salah bicara atau terdengar bodoh. Hal-hal yang seperti itu biasa terjadi bagi pelajar bahasa Jepang; kamu harus percaya diri dalam berbicara dan mendengarkan.

Iklan