Kondisi cuaca yang panas dan kering membuat potensi kebakaran hutan di Jepang semakin meningkat.

Wisata di Jepang saat musim panas


Wisata di Jepang saat musim panas

Jepang merupakan salah satu negara yang memiliki keindahan alam yang sangat memukau. Musim panas menjadi waktu yang tepat untuk melakukan wisata di Jepang. Cuaca yang panas namun segar karena banyaknya pepohonan yang tumbuh di Jepang membuat suasana menjadi nyaman. Selain itu, terdapat banyak destinasi wisata yang menarik untuk dikunjungi. Berikut adalah beberapa destinasi wisata yang dapat dikunjungi saat musim panas di Jepang.

1. Tokyo DisneySea

Tokyo DisneySea

Tokyo DisneySea merupakan taman hiburan yang menarik untuk dikunjungi saat musim panas. Terdapat berbagai macam atraksi dengan tema yang unik di dalamnya. Salah satunya adalah atraksi “Journey to the Center of the Earth” yang akan membawa pengunjung berjalan kaki di sekitar bagian dalam bumi yang dimodelkan. Selain itu, terdapat juga atraksi yang cocok untuk keluarga seperti “Ariel’s Playground” dan “Mickey and Friends’ Greeting Trail”. Waktu terbaik untuk berkunjung adalah selama weekday untuk menghindari kerumunan orang.

2. Mount Fuji

Mount Fuji

Mountain climbing di Gunung Fuji merupakan kegiatan yang populer di Jepang. Selain menyaksikan matahari terbit, Gunung Fuji juga menyuguhkan pemandangan yang sangat indah. Waktu terbaik untuk mendaki adalah dari Juli hingga awal September karena musim panas menjadi waktu yang paling cocok untuk pendakian. Rute pendakian yang paling populer adalah rute Yoshida.

3. Shiretoko National Park

Shiretoko National Park

Shiretoko National Park merupakan taman nasional yang terletak di pulau utara Jepang, Hokkaido. Terdapat berbagai macam spesies flora dan fauna yang hanya bisa ditemukan di sana. Disini pengunjung bisa menikmati pemandangan indah dari laut dan gunung yang bersalju. Terdapat juga beberapa jalur hiking yang menarik untuk dijelajahi.

4. Matsushima

Matsushima

Matsushima adalah kumpulan dari 260 pulau kecil yang terletak di Teluk Matsushima. Disini pengunjung bisa menikmati pemandangan yang sangat indah dari laut dan gunung yang bersalju. Terdapat juga benteng-benteng yang telah berumur ratusan tahun yang kini sudah direstorasi dengan baik. Kegiatan yang bisa dilakukan adalah berjalan-jalan di sekitar kota dan menikmati udara segar bersama keluarga.

5. Hakone Open-Air Museum

Hakone Open-Air Museum

Hakone Open-Air Museum merupakan museum seni yang terletak di Hakone, Jepang yang menawarkan pengunjung berbagai macam patung dan instalasi seni dari seniman dunia. Terdapat juga kolam air panas yang sangat indah di museum ini. Disini pengunjung bisa mengeksplorasi museum dengan santai sambil menikmati pemandangan indah sekitarnya.

Itulah beberapa tempat wisata yang menarik untuk dikunjungi saat musim panas di Jepang. Pastikan untuk menjaga kondisi tubuh karena cuaca yang panas dan memakai pakaian yang nyaman. Jangan lupa juga untuk membawa kamera untuk mengabadikan momen berharga.

Makanan khas Jepang yang cocok untuk cuaca panas


Makanan khas Jepang cocok untuk cuaca panas

Bicara tentang makanan khas Jepang, kita pasti akan teringat dengan sushi yang merupakan hidangan populer dan sudah dikenal oleh banyak orang. Namun, tahukah kamu bahwa Jepang memiliki banyak makanan lain yang juga cocok untuk disantap saat cuaca panas? Berikut adalah beberapa jenis makanan khas Jepang yang bisa jadi pilihan tepat selama musim panas.

Ramen dingin (Hiyashi Chuka)


Ramen dingin (Hiyashi Chuka)

Ramen biasanya disajikan dalam kuah panas, namun di musim panas kamu bisa memilih untuk mencoba hiyashi chuka yaitu ramen dingin. Hiyashi chuka biasanya dibuat dengan mie yang dicampur dengan sayuran segar seperti selada, ketimun, dan tomat. Selain itu, makanan ini juga dihidangkan dengan daging, telur rebus dan disiram saus asam manis. Selain menyegarkan, hiyashi chuka juga mengandung banyak gizi.

Som Tam Jepang (Goma-ae)


Som Tam Jepang (Goma-ae)

Goma-ae juga dikenal sebagai som tam Jepang. Salad segar yang terbuat dari sayuran dan biji wijen atau kacang. Biji wijen atau kacang ditumbuk dan dicampur dengan bumbu kacang yang membuat rasa makanan ini menjadi nikmat. Makanan ini sangat cocok dijadikan sebagai lauk pauk di siang hari, karena dapat meningkatkan energi langsung tanpa membuat perut begah.

Kakigori


Kakigori

Jangan khawatir, musim panas bukan hanya waktu yang tepat bagi kamu untuk menyantap makanan tetapi juga waktu yang tepat untuk menikmati aneka minuman terbaik. Salah satu minuman yang sangat cocok di cuaca panas adalah kakigori. Kakigori adalah sejenis es serut yang dibuat dari es batu yang di-serut dan diberi sirup rasa. Banyak tempat di Jepang yang menjual minuman ini, mulai dari yang dibuat ditempat hingga yang sudah dikemas dalam kotak.

Hiyayakko


Hiyayakko

Hiyayakko adalah palung tahu Jepang yang menyegarkan dan ringan. Hidangan ini terdiri dari tahu sutra segar yang dihidangkan dengan irisan bawang hijau, daun ketumbar, dan saus shoyu. Saus shoyu yang ringan membuat hidangan ini cocok dijadikan sebagai camilan sehat dan segar di musim panas.

Yakitori


Yakitori

Yakitori adalah sate ayam khas Jepang yang sangat populer. Potongan daging ayam di tusuk dengan tusukan bambu dan dipanggang. Yakitori biasanya dihidangkan dengan saus tare alias saus manis asin khas Jepang. Makanan ini cocok sebagai teman makan nasi atau sebagai camilan saat merayakan acara tertentu bersama orang-orang terdekat.

Jadi mulai sekarang, jangan khawatir jika kamu sedang mencari makanan yang bisa disantap saat cuaca panas, karena kamu bisa mencoba beberapa hidangan dari Jepang yang dipastikan akan menyegarkan dan mengenyangkan.

Pantai dan Air Terjun yang Menyejukkan


Pantai Jepang

Musim panas di Jepang bisa membuat siapa pun merasa tidak nyaman. Suhu udara yang sangat tinggi bisa membuat tubuh kita sangat lelah dan berkeringat. Namun, ada beberapa tempat yang bisa membuat kalian merasa sejuk dan segar selama musim panas. Salah satunya adalah pantai dan air terjun.

Pantai dan air terjun di Jepang dikenal dengan keindahan alamnya. Namun, selain keindahannya, pantai dan air terjun juga bisa menjadi tempat yang sangat menyejukkan selama musim panas. Di pantai, kamu bisa berenang dan bermain air, sambil menikmati angin laut yang sejuk. Anda juga bisa melihat pemandangan indah dari pantai yang menenangkan pikiran.

Sedangkan di air terjun, kamu bisa menikmati air yang dingin dan menyegarkan. Kebanyakan air terjun di Jepang berada di area pegunungan, sehingga kamu juga bisa menikmati udara segar yang cukup jauh dari polusi perkotaan. Selain itu, kebanyakan air terjun juga dikelilingi oleh pepohonan, sehingga bisa menjadi tempat yang sangat teduh dan menenangkan pikiranmu.

Namun, perlu diingat bahwa kamu tidak boleh asal-asalan memilih tempat. Pastikan kamu memilih pantai yang aman dan air terjun yang tidak terlalu deras. Selalu periksa kondisi cuaca sebelum melakukan perjalanan ke pantai atau air terjun. Dan jangan lupa membawa minuman yang cukup agar tidak dehidrasi selama berada di pantai atau air terjun.

Lima Pantai Terbaik di Jepang untuk Menyambut Musim Panas


Pantai Jepang

Jepang bukan hanya dikenal sebagai negara yang memiliki teknologi canggih atau budaya yang unik, tetapi juga memiliki pantai-pantai yang sangat indah. Dalam musim panas, pantai-pantai ini menjadi tujuan wisata favorit para wisatawan baik dari dalam maupun luar negeri. Berikut siapkan lima pantai terbaik di Jepang untuk siap mendapatkan pengalaman wisata yang sangat menyenangkan:

1. Shonan Beach


Pantai Shonan

Pantai shonan terletak di pesisir selatan Tokyo, kita bisa menikmati pemandangan laut yang indah dan menyejukkan dengan Homi atau sekoci tradisional. Pantai ini sangat terkenal dengan tempat belajar surfing di Jepang dan juga menawarkan produk-produk makanan laut yang sangat segar dan lezat.

2. Shirahama Beach


Pantai Shirahama

Pantai Shirahama berada di kota Wakayama, salah satu tujuan wisata terpopuler di Jepang. Pantai ini memiliki pasir berwarna putih dan laut yang berwarna biru jernih, membuat pantai ini tampak seperti surga bagi para wisatawan. Di pantai ini, kita juga bisa mencicipi onsen atau pemandian air panas alami yang sangat terkenal di Jepang.

3. Ishigaki Island


Pantai Ishigaki

Ishigaki Island terletak di prefektur Okinawa, yang sangat terkenal dengan berbagai kegiatan wisata bahari. Di sini kita bisa menikmati pemandangan laut yang indah dan menyejukkan, berenang di pantai yang bersih dan kristal jernih, atau bahkan menyelam untuk melihat terumbu karang yang memukau. Ada banyak aktivitas bahari lain yang bisa ditemukan di pulau ini seperti naik perahu, jet ski, dan snorkeling.

4. Kamakura Beach


Pantai Kamakura

Pantai Kamakura berada di kota Kamakura dan dikenal sebagai salah satu pantai terbaik Jepang di sepanjang pantai pesisir samudera Pasifik. Pantai ini memberikan pemandangan matahari terbenam yang sangat epik pada musim panas. Pantai yang pasirnya halus ini sangat cocok untuk menghabiskan waktu bersama teman dan keluarga. Di pantai ini terdapat banyak kedai makanan dan minuman yang menawarkan berbagai macam hidangan.

5. Sunset Beach


Pantai Sunset Beach

Terletak di kota Chatan, Okinawa, Sunset Beach merupakan tempat wisata favorit bagi keluarga, karena pantainya yang bersahabat bagi anak-anak juga terdapat taman bermain serta tempat makan yang menjual berbagai makanan ringan dan minuman. Selain itu Sunset Beach juga memiliki daya tarik wisatawan di saat musim panas, yaitu Festival musik Rock serta pesta kembang api yang diadakan pada bulan Agustus.

Festival-festival seru di Jepang saat cuaca mulai panas


Festival-festival seru di Jepang saat cuaca mulai panas

Selain terkenal dengan keindahan bunga sakura pada musim semi-nya, Jepang juga memberikan pemandangan yang spektakuler pada saat musim panas tiba. Jepang memiliki berbagai festival seru saat cuaca mulai panas. Acara-acara tersebut dapat dinikmati oleh turis dan masyarakat setempat selama periode musim panas. Festival-festival tersebut diadakan di berbagai kota dan prefektur di seluruh Jepang. Berikut ini adalah beberapa festival seru yang patut dikunjungi di Jepang saat cuaca mulai panas:

1. Gion Matsuri, Kyoto


Gion Matsuri, Kyoto

Gion Matsuri adalah salah satu festival yang paling terkenal di Jepang. Festival ini diselenggarakan untuk merayakan dan memuja Yasaka Shrine yang terletak di Kawaramachi Street, Kyoto. Festival berlangsung selama satu bulan pada bulan Juli, dengan acara utama yang diadakan pada tanggal 17 Juli. Pada saat itu, masyarakat akan melihat parade Yamahoko, merupakan parade berisi dekorasi dan layar yang dihiasi dengan warna-warna cerah. Kawaramachi Street dipenuhi dengan pengunjung dan dijaga dengan ketat oleh polisi karena kepadatan pengunjung. Selain festival, di dalam kuil Yasaka juga tersedia makanan khas Jepang, seperti sembei (kerupuk) dan zenzai (es krim berisi red bean).

2. Nebuta Matsuri, Aomori


Nebuta Matsuri, Aomori

Nebuta Matsuri merupakan festival terkenal di Aomori selama 6 hari pada akhir bulan Agustus. Festival ini terkenal dengan parade obor raksasa (nebuta) berbentuk karakter yang ditampilkan oleh orang-orang dengan tari tradisional (haneto). Nebuta biasanya ditempatkan di atas truk yang dirancang khusus untuk perayaan ini. Nebuta Matsuri dianggap sebagai festival terakhir yang merayakan musim panas di Jepang. Selama festival, pengunjung bisa menikmati pertunjukan musik dan tari, serta makanan dan minuman khas Jepang, seperti apel dan sake.

3. Tenjin Matsuri, Osaka


Tenjin Matsuri, Osaka

Tenjin Matsuri adalah festival musim panas terbesar di Osaka yang diselenggarakan pada tanggal 24 Juli. Festival ini diadakan untuk memperingati seorang pelindung bangsa di Jepang. Selama festival, Anda bisa melihat parade berisi kapal raksasa yang sedang diarak di Sungai Dojima, ibu kota Osaka. Kegiatan utamanya berlangsung pada malam hari, yaitu parade kapal raksasa dengan kembang api yang indah. Selain itu, di dalam kuil Tenmangu yang terkenal juga diadakan upacara tradisional dan pasar kaget serta makanan khas Jepang.

4. Awa Odori, Tokushima


Awa Odori, Tokushima

Awa Odori merupakan festival tarian tradisional terbesar di Jepang, yang diadakan selama 4 hari pada awal bulan Agustus. Awa Odori diadakan di Tokushima, Shikoku. Festival ini diselenggarakan untuk merayakan musim panen. Orang-orang mengenakan pakaian tradisional (yukata) dan menari di jalan-jalan kota selama malam hari. Ada dua jenis tarian pada Awa Odori, yaitu ren-odori (tari kelompok) dan men-odori (tari solo); kedua jenis tarian tersebut memadukan tarian dan lagu dengan alat musik tradisional Jepang seperti shamisen dan taiko.

5. Fireworks festival di seluruh Jepang


Fireworks festival di seluruh Jepang

Selain festival yang disebutkan di atas, pada musim panas di Jepang juga diselenggarakan banyak festival kembang api di seluruh kota. Festival kembang api bermula pada bulan awal musim panas sampai akhir musim panas. Setiap tahunnya, ada ratusan festival kembang api yang diselenggarakan di Jepang. Warga Jepang dan turis dari seluruh dunia datang ke festival ini untuk menikmati pemandangan kembang api yang menakjubkan. Beberapa festival kembang api terbaik di Jepang adalah Sumida River Fireworks Festival di Tokyo dan Omagari Fireworks Festival di Akita. Di samping itu, acara kembang api di Shinjuku pada 1 Agustus adalah satu-satunya festival kembang api di Jepang yang diadakan pada saat siang hari.

Itulah beberapa festival seru yang dapat dinikmati oleh masyarakat dan turis di Jepang saat cuaca mulai panas. Sebelum datang ke Jepang, pastikan untuk mempelajari peraturan yang ada selama festival dan menyiapkan perlengkapan yang diperlukan seperti minum, pakaian, dan makanan. Festival musim panas di Jepang merupakan pemandangan yang mustahil untuk dilewatkan bagi siapa saja yang mengunjungi negara Matahari Terbit.

Iklan