Pengertian orimasu


Orimasu artinya di Indonesia

Orimasu adalah salah satu kata yang sering digunakan oleh orang Jepang dalam percakapan sehari-hari. Kata ini sering diartikan sebagai “melakukan” dalam bahasa Indonesia. Namun, sebenarnya arti dari orimasu bisa lebih luas dari itu tergantung konteks penggunaannya. Jadi, jika kamu ingin memahami lebih dalam arti dari orimasu, simak penjelasan berikut.

Secara harfiah, orimasu memiliki arti “ada di atas”. Orimasu termasuk kata kerja dalam bahasa Jepang yang sering digunakan dalam kalimat-kalimat yang berkaitan dengan pergerakan, posisi, atau lokasi.

Contoh penggunaannya adalah sebagai berikut:

  • 私たちは山の上にいました。(Watashitachi wa yama no ue ni imashita.)
    Kami berada di atas gunung.
  • 彼女がドアの前に立っています。(Kanojo ga doa no mae ni tatte imasu.)
    Dia berdiri di depan pintu.
  • 私の鞄が机の上にあります。(Watashi no kaban ga tsukue no ue ni arimasu.)
    Tas saya berada di atas meja.

Di samping itu, orimasu juga dapat memiliki arti yang lebih luas, tergantung dari konteks pembicaraan. Misalnya ketika kata orimasu digunakan dalam kalimat-kalimat yang berkaitan dengan kegiatan atau aktivitas, artinya bisa menjadi “(saya) melakukan”. Sebagai contoh, ini adalah kalimat yang mengandung kata orimasu dengan arti “(saya) melakukan”.

  • マイクさんは毎日トレーニングをしています。(Maiku-san wa mainichi torēningu o shite imasu.)
    Mike berlatih setiap hari.
  • 私たちは週末に旅行をする予定です。(Watashitachi wa shūmatsu ni ryokō o suru yotei desu.)
    Kami berencana untuk bepergian pada akhir pekan.
  • 彼女は趣味で絵を描いています。(Kanojo wa shumi de e o kaite imasu.)
    Dia melukis sebagai hobi.

Kata orimasu juga bisa digunakan dalam kalimat-kalimat yang berkaitan dengan keadaan atau kondisi saat ini. Artinya menjadi “ada”. Berikut adalah contoh penggunaan kata orimasu dalam kalimat-kalimat yang berkaitan dengan keadaan atau kondisi saat ini:

  • 今、どこにいますか?(Ima, doko ni imasu ka?)
    Sekarang kamu ada di mana?
  • 部屋には誰もいません。(Heya ni wa daremo imasen.)
    Tidak ada yang di ruangan itu.
  • 子供たちは学校にいます。(Kodomo-tachi wa gakkō ni imasu.)
    Anak-anak ada di sekolah.

Demikianlah penjelasan pengertian dari orimasu. Semoga dapat membantu kamu memahami arti dari kata ini dalam bahasa Jepang.

Cara Menggunakan Orimasu


cara menggunakan orimasu

Orimasu adalah aplikasi yang berguna untuk membantu membantu Anda dalam menjual dan membeli barang secara online. Bagi pengguna baru, Anda tidak perlu khawatir, kali ini kita akan membahas cara menggunakan orimasu secara lengkap.

1. Download Aplikasi Orimasu

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah mengunduh aplikasi orimasu dari Google Play Store. Setelah di unduh, buka aplikasinya dan lakukan pendaftaran dengan cara mengisi data lengkap.

2. Pilih Kategori Barang

Setelah berhasil mendaftar, gunakan aplikasi tersebut untuk mencari barang-barang yang diinginkan. Pilih kategori barang yang ingin Anda cari. Ada banyak kategori seperti pakaian, gadget, elektronik, dan masih banyak lagi.

3. Gunakan fitur pencarian

Jika Anda ingin mencari barang tertentu, gunakan fitur pencarian orimasu. Fitur ini akan membantu Anda menemukan barang yang Anda inginkan dengan cepat dan mudah. Untuk menggunakannya, cukup ketik nama barang atau kata kunci pada fitur pencarian dan klik cari.

4. Pilih barang yang diinginkan

Setelah menemukan barang yang diinginkan, klik pada gambar barang untuk melihat detailnya. Pastikan barang yang Anda pilih sesuai dengan keinginan dan kebutuhan Anda.

5. Lakukan pembayaran

Setelah memilih barang dan yakin ingin membeli, lanjutkan ke proses pembayaran. Pembayaran dapat dilakukan dengan cara transfer bank virtual yang terdapat di dalam aplikasi orimasu tersebut. Setelah selesai melakukan pembayaran, jangan lupa konfirmasi pembayaran agar penjual dapat memproses pengiriman barang tersebut.

6. Tunggu Pengiriman

Setelah selesai melakukan pembayaran, tunggu beberapa hari sampai barang tiba di alamat Anda. Pastikan untuk selalu memeriksa status pengiriman barang melalui aplikasi orimasu. Anda juga dapat memberikan feedback terkait pengalaman belanja pada penjual untuk membantu meningkatkan pelayanan.

Dengan mengikuti beberapa langkah cara menggunakan orimasu di atas, belanja online akan semakin mudah dan praktis. Selamat mencoba!

Contoh kalimat dengan orimasu


Orimasu merupakan kata benda yang berarti perak atau logam perak dalam bahasa Jepang. Selain itu, orimasu juga digunakan sebagai kata kerja yang berarti ‘ada’ dalam bahasa Indonesia. Orimasu biasanya ditemukan dalam kalimat-kalimat dalam bentuk positif dan digunakan untuk menyatakan keberadaan sesuatu atau seseorang pada suatu tempat atau lingkungan tertentu.

Berikut adalah contoh kalimat dengan orimasu:

  1. 私の机の上に本が置いてあります。

    Watashi no tsukue no ue ni hon ga oi te ari masu.

    Di atas meja saya ada buku yang diletakkan.

  2. ここには面白い映画があります。

    Koko ni wa omoshiroi eiga ga ari masu.

    Di sini ada film yang menarik.

  3. 明日は暇があるので、一緒に映画を見に行きませんか?

    Ashita wa hima ga aru node, issho ni eiga wo mi ni ikimasen ka?

    Besok saya ada waktu luang, jadi mau pergi nonton film bersama?

  4. 彼女は今日の会議に出席していないです。

    Kanojo wa kyō no kaigi ni shusseki shite ina i desu.

    Dia tidak hadir dalam rapat hari ini.

  5. こちらには大きな公園があります。

    Kochira niwa okina kōen ga ari masu.

    Di sini ada taman yang besar.

  6. 寿司には生の魚が使われています。

    Sushi ni wa nama no sakana ga tsukawa rete imasu.

    Sushi menggunakan ikan segar.

  7. 机の横にある本を取ってください。

    Tsukue no yoko ni aru hon wo totte kudasai.

    Silakan ambil buku yang ada di samping meja.

  8. あなたのお城は美しいですね。でも、大きすぎます。

    Anata no o-shiro wa utsukushii desu ne. Demo, ōki sugi masu.

    Istana Anda indah. Namun terlalu besar.

Dalam bahasa Jepang, orimasu juga digunakan sebagai bentuk sopan dari kata ‘aru’ (ada). Ketika digunakan dalam konteks sopan, kata orimasu biasanya digunakan pada objek atau orang yang dihormati. Misalnya:

  1. まだ先生は教室におられますか?

    Mada sensei wa kyōshitsu ni ora re masu ka?

    Apakah guru masih ada di kelas?

  2. すみません、ご主人はいらっしゃいますか?

    Sumimasen, goshujin wa irasshaimasu ka?

    Maaf, apakah tuan rumahnya ada?

  3. 明日姉は京都におられるそうです。

    Ashita ane wa Kyōto ni ora reru sō desu.

    Besok kakak perempuan saya sepertinya berada di Kyoto.

Perbedaan Orimasu dengan Arimasu


Perbedaan Orimasu dengan Arimasu

Di dalam bahasa Jepang, terdapat banyak kata kerja yang sering digunakan dalam percakapan sehari-hari. Salah satunya adalah orimasu dan arimasu. Kedua kata kerja ini sering digunakan untuk mengekspresikan keberadaan suatu objek dalam bahasa Jepang. Meski memiliki kesamaan, kedua kata kerja tersebut memiliki perbedaan dalam penggunaannya.

Penggunaan Orimasu

Penggunaan Orimasu

Kata orimasu atau おります digunakan dalam situasi ketika kita ingin mengekspresikan bahwa suatu objek atau benda berada di atas atau di atas salah satu objek atau benda lain. Kata kerja ini sering digunakan untuk objek atau benda yang bergerak atau berada di atas permukaan yang relatif datar seperti di atas meja atau di atas kursi. Contoh penggunaan kata orimasu adalah seperti:

  • Buku sedang berada di atas meja
  • Televisi sedang berada di atas meja TV
  • Tanaman bunga sedang berada di atas pot bunga

Penggunaan Arimasu

Penggunaan Arimasu

Sementara itu, kata arimasu atau あります digunakan ketika kita ingin mengekspresikan keberadaan objek atau benda tersebut tetapi tanpa memperhatikan atau tidak terkait dengan posisinya. Kata kerja ini sering digunakan untuk objek atau benda yang tidak berkaitan dengan permukaan yang relatif datar seperti orang, binatang, atau tumbuhan dalam artian umum. Contoh penggunaan kata arimasu adalah seperti:

  • Di rumah ada seekor kucing
  • Terdapat beberapa buku di dalam rumah
  • Di sini ada beberapa bunga

Kombinasi Penggunaan Orimasu dan Arimasu

Kombinasi Penggunaan Orimasu dan Arimasu

Kadang-kadang dalam pembicaraan Jepang, kata kerja orimasu dan arimasu digunakan bersama-sama yang menandakan bahwa objek atau benda itu berada di atas atau berada di dalam suatu objek atau benda, misalnya ‘Di dalam rumah ada beberapa buku di atas meja’ atau ‘Pada meja terdapat beberapa buku’. Kombinasi ini digunakan untuk menyatakan posisi suatu benda di dalam suatu benda lain atau posisi di atas suatu objek di dalam sebuah ruangan atau di luar sebuah bangunan.

Kesimpulan

Jadi, orimasu dan arimasu memang terkadang memiliki kesamaan dalam mengekspresikan keberadaan objek atau benda, namun memiliki perbedaan dalam penggunaannya. Orimasu digunakan ketika objek atau benda berada di atas atau di atas objek atau benda lain yang datar, sedangkan arimasu digunakan ketika objek atau benda berada di dalam atau ada di sebuah tempat tanpa memerhatikan posisinya.

Tips Menguasai Penggunaan Orimasu Secara Tepat


Tips Menguasai Penggunaan Orimasu Secara Tepat

Orimasu merupakan salah satu kata dalam bahasa Jepang yang memiliki banyak makna, mulai dari menghadapi, meliputi, mengelilingi, dan banyak lagi. Dalam penggunaannya, orimasu sangat sering digunakan oleh orang Jepang dan juga orang yang belajar bahasa Jepang. Berikut ini adalah tips untuk menguasai penggunaan orimasu secara tepat.

Berlatih Pengucapan yang Tepat


Berlatih Pengucapan yang Tepat

Langkah pertama dalam menguasai penggunaan orimasu secara tepat adalah dengan berlatih pengucapan yang tepat. Karena orimasu adalah kata bahasa Jepang, maka pengucapan yang tepat sangatlah penting. Oleh karena itu, sebaiknya anda berlatih pengucapan kata orimasu secara benar dengan orang yang mahir bahasa Jepang.

Memahami Berbagai Makna Orimasu


Memahami Berbagai Makna Orimasu

Ada banyak makna yang terkandung dalam kata orimasu. Oleh karena itu, upayakan untuk memahami berbagai makna orimasu agar dapat menggunakannya dengan tepat. Sebaiknya anda membaca buku atau artikel yang membahas mengenai orimasu untuk memperdalam pengetahuan anda tentang penggunaan kata tersebut.

Menerjemahkan Orimasu ke Bahasa daerah


Menerjemahkan Orimasu ke Bahasa daerah

Setiap kata dalam bahasa Jepang memiliki arti yang berbeda-beda. Oleh karena itu, penting untuk menerjemahkan orimasu ke bahasa daerah anda. Hal ini akan membantu anda memahami makna kata orimasu secara lebih baik, sehingga mudah dalam menggunakannya.

Membaca Buku atau Artikel dalam Bahasa Jepang


Membaca Buku atau Artikel dalam Bahasa Jepang

Upayakan untuk membaca buku atau artikel dalam bahasa Jepang untuk memperdalam pemahaman anda tentang orimasu. Dengan membaca buku atau artikel dalam bahasa Jepang, anda akan mempelajari cara orang Jepang menggunakan orimasu dalam kehidupan sehari-hari.

Mengamati Penggunaan Orimasu pada Saat Berbicara dengan Orang Jepang


Mengamati Penggunaan Orimasu pada Saat Berbicara dengan Orang Jepang

Cara terakhir yang dapat membantu anda dalam menguasai penggunaan orimasu secara tepat adalah dengan mengamati penggunaan orimasu pada saat anda berbicara dengan orang Jepang. Contohnya, anda dapat mencatat penggunaan orimasu dalam bentuk transkrip percakapan orang Jepang.

Dalam menguasai penggunaan orimasu secara tepat, dibutuhkan usaha yang cukup dari diri anda. Anda harus berlatih pengucapan, memahami berbagai makna orimasu, menerjemahkan orimasu ke bahasa daerah, membaca buku atau artikel dalam bahasa Jepang, dan mengamati penggunaan orimasu pada saat berbicara dengan orang Jepang.

Iklan