Pengenalan kosa kata benda bahasa Jepang


benda jepang

Bahasa Jepang adalah sebuah bahasa yang unik dan menarik karena memiliki banyak kosakata yang sangat berbeda dengan bahasa Indonesia. Di antara kosa kata yang ada, kosa kata benda merupakan salah satu yang paling umum digunakan dalam percakapan sehari-hari.

Kosa kata benda bahasa Jepang sangatlah khas dan terkadang membingungkan bagi orang yang baru mempelajarinya. Namun, jika kamu memahami kosakata tersebut, kamu akan dapat berkomunikasi dengan mudah dengan teman atau orang Jepang dalam berbagai situasi.

Berikut ini adalah beberapa contoh kosa kata benda yang umum digunakan dalam bahasa Jepang:

1. スマートフォン (sumātofon) – Smartphone
スマートフォン atau yang disebut juga denwa atau keitai di Jepang, adalah gadget yang sangat umum digunakan pada saat ini. Dalam penggunaan sehari-hari, orang Jepang mengacu pada smartphone dengan kata スマートフォン.

2. コンピュータ (konpyūta) – Komputer
Kosakata lain yang umum digunakan adalah コンピュータ, yaitu komputer. Hal ini dikarenakan teknologi dan kebutuhan akan penggunaan komputer semakin meningkat setiap tahunnya.

3. テレビ (terebi) – Televisi
テレビ adalah singkatan dari televisi yang juga menjadi perangkat yang sangat umum digunakan dalam kehidupan sehari-hari orang Jepang. Perkembangan televisi di Jepang sangatlah pesat, sehingga hampir semua keluarga di Jepang memiliki televisi di rumah.

4. 自転車 (jitensha) – Sepeda
自転車 atau sepeda merupakan sarana yang paling umum digunakan oleh orang Jepang untuk transportasi lokal, terutama di perkotaan. Di Jepang, kendaraan bermotor seperti mobil sangatlah mahal sehingga orang Jepang lebih memilih sepeda sebagai sarana transportasi dengan jarak dekat.

5. お金 (okane) – Uang
お金 atau uang adalah kata yang umum digunakan dalam bahasa Jepang. Orang Jepang sangatlah teliti dalam menggunakan uang, sehingga setiap uang yang mereka keluarkan selalu dihitung secara cermat.

6. 電車 (densha) – Kereta api
Kereta api merupakan salah satu sarana transportasi yang paling populer di Jepang. Banyak orang Jepang yang lebih memilih menggunakan kereta api sebagai sarana transportasi daripada mobil karena kecepatan dan keakuratan jadwal yang selalu dijaga dengan rapi.

7. 靴 (kutsu) – Sepatu
Sepatu memiliki kosakata yang berbeda antara bahasa Jepang dan bahasa Indonesia. Dalam bahasa Jepang, sepatu disebut dengan 靴 atau kutsu. Orang Jepang sangat memperhatikan pemakaian sepatu, terutama di lingkungan yang bersifat formal.

Itulah beberapa contoh kosakata benda dalam bahasa Jepang yang umum digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Anda dapat mempelajari kosakata tersebut dengan lebih lanjut agar dapat berkomunikasi dengan lebih baik dan mudah dengan orang Jepang.

Sampai di sini pembahasan kami tentang Pengenalan Kosa Kata Benda Bahasa Jepang yang dibahas secara singkat dan jelas. Selamat mencoba mempelajari kosakata bahasa Jepang dan semoga dapat bermanfaat bagi kalian yang ingin mempelajari bahasa Jepang.

Benda-benda di dalam rumah dalam bahasa Jepang


Benda-benda di dalam rumah dalam bahasa Jepang

Bahasa Jepang memiliki banyak istilah yang digunakan untuk menyebut benda-benda di dalam rumah. Berikut adalah beberapa kata yang paling umum digunakan:

1. Kotatsu (炬燵)

Kotatsu

Kotatsu adalah meja rendah yang dilengkapi dengan selimut dan pemanas di bawah meja. Meja tersebut digunakan sebagai tempat makan atau bersantai di Jepang. Biasanya, mereka menaruh kotatsu di ruang tamu dan menggunakannya pada musim dingin untuk membuat badan hangat. Di bawah meja terdapat pemanas yang tidak terlalu panas sehingga tidak membakar. Ada juga kotatsu yang dilengkapi dengan roda untuk memudahkan memindahkannya tempat.

2. Zabuton (座布団)

Zabuton

Zabuton adalah bantal sederhana yang digunakan sebagai alas duduk. Bantal ini biasanya ditempatkan di atas lantai tatami dan digunakan saat menerima tamu atau saat makan di atas meja rendah. Ukurannya bervariasi, tergantung pada desain tatami dan meja yang digunakan. Zabuton terbuat dari bahan yang nyaman dan lembut seperti kapas atau wol.

3. Fusuma (襖)

Fusuma

Fusuma adalah pintu geser yang sering ditemukan di antara ruangan di rumah tradisional Jepang. Fusuma tidak hanya berfungsi sebagai pembatas ruangan, namun bisa juga berfungsi sebagai media memisahkan antara ruangan dengan udara luar. Biasanya fusuma didekorasi dengan lukisan-lukisan atau karangan bunga sehingga memberi kesan artistik dan indah

4. Tatami (畳)

Tatami

Tatami adalah karpet tipis yang terbuat dari bahan rumput yang biasanya dipakai sebagai lantai di rumah tradisional Jepang. Tatami biasanya memiliki ukuran standar 90 x 180 cm dan ditempatkan di dalam kamar. Di atas tatami biasanya diletakkan bantal (zabuton) dan meja rendah (kotatsu).

5. Shoji (障子)

Shoji

Shoji adalah jendela atau dinding kaca pintar Jepang. Shoji dibuat dari kertas Jepang yang transparan dan ditempatkan di depan ruangan atau sebagai partisi ruangan. Kertas Jepang yang dipakai bisa diganti-ganti sesuai musim dan selera pemilik rumah. Furnitur berbahan kertas lain seperti lampu kertas atau lampu yang menggunakan kertas juga dapat ditemukan di rumah-rumah Jepang.

Itulah beberapa benda di dalam rumah dalam bahasa Jepang. Sebelum menggunakan benda-benda tersebut, perlu memahami fungsinya agar tidak salah penggunaan yang dapat menyebabkan kerusakan atau bahkan cedera.

Kosa kata benda-benda di lingkungan luar ruangan bahasa Jepang


Lingkungan luar ruangan bahasa jepang

Saat berkunjung ke Jepang, pasti banyak hal baru yang akan ditemukan di lingkungan luar ruangan. Nah, untuk berkeliling di sekitar lingkungan luar ruangan apapun itu tentunya perlu mengetahui kosa kata benda-benda di sekitar lingkungan tersebut. Tak hanya itu, hal tersebut sangat berguna untuk membantu berkomunikasi dengan orang-orang lokal.

Berikut adalah beberapa kosa kata benda-benda di lingkungan luar ruangan bahasa Jepang yang sering digunakan:

1. 鳥 (tori) – Burung


Burung Jepang

Tentunya suara burung saat sedang berkunjung ke suatu tempat akan terdengar. Nah, untuk mengidentifikasi atau sekedar mengenalinya, kosa kata tori dapat digunakan sebagai referensi. Selain itu, di beberapa taman peliharaan burung kota-kota besar Jepang kita bisa menikmati keindahan burung-burung yang dilatih untuk menari dan berkicau.

2. 木 (ki) – Pohon


Pohon Bahasa Jepang

Japan dikenal dengan tempat yang hijau dan memiliki lanskap yang sangat indah. Kosa kata ki artinya pohon, yang mengacu pada batang, dedaunan, ranting serta akar. Tak hanya itu, Jepang sendiri memiliki beberapa jenis pohon tradisional seperti sakura, bamboo, dan pinus yang menjadi ciri khas negara tersebut.

3. 川 (kawa) – Sungai


Sungai Bahasa Jepang

Jepang memiliki banyak sungai yang mengalir pastinya. Kosa kata kawa artinya sungai yang meliputi air yang mengalir melintasi batang-batang di sekitarnya, sisi-sisi nya yang hijau serta keindahan alam yang ada disekitar sungai tersebut.

4. 石 (ishi) – Batuan


Batu Jepang

Di Jepang, kosa kata ishi yang artinya batu juga menjadi hal yang penting. Di daerah pegunungan maupun di pantai Indonesia, batu-batu besar selalu menjadi pemandangan yang menarik bagi para wisatawan. Tak hanya itu, batu dalam seni jepang salah satunya adalah batu zen atau batu tertib yang sering digunakan dalam kegiatan meditasi.

5. 虫 (mushi) – Serangga


Serangga Jepang

Japan sendiri memiliki banyak spesies serangga yang termasuk langka di negara lain. Serangga dalam bahasa jepang adalah mushi yang artinya serangga seperti kepik, lalat, belalang, kupu-kupu dan masih banyak lagi. Banyak dari spesies tersebut dapat kita temukan di beberapa ruang terbuka hijau.

Itulah kosa kata benda di lingkungan luar ruangan dalam bahasa Jepang, dengan mengetahui dan memahami kosa kata itu sangat membantu ketika berkunjung dan memudahkan berkomunikasi dengan penduduk setempat. Semoga informasi ini berguna!

Benda-benda di tempat kerja dalam bahasa Jepang


Benda-benda di tempat kerja dalam bahasa Jepang

Tempat kerja Anda mungkin memiliki beberapa benda yang harus dikenali sebelum memulai pekerjaan, terutama jika Anda bekerja di lingkungan yang menggunakan bahasa Jepang. Dalam artikel ini, kami akan membahas beberapa benda umum di tempat kerja dalam bahasa Jepang beserta terjemahannya ke dalam bahasa Indonesia.

1. パソコン (pasokon) – Komputer

パソコン

Komputer, atau disebut “pasokon” dalam bahasa Jepang, adalah salah satu benda penting di tempat kerja. Penggunaan komputer sangat umum di bidang apa pun, mulai dari bisnis hingga industri, sehingga memahami kata ini sangat penting.

2. プリンター (purintā) – Printer

プリンター

Printer atau “purintā” dalam bahasa Jepang, adalah benda lain yang digunakan dalam setiap pekerjaan. Dengan printer, rekan kerja dapat mencetak dokumen penting dan materi lainnya yang diperlukan di tempat kerja.

3. メモ帳 (memochō) – Catatan

メモ帳

Walaupun kita hidup dalam awal masyarakat yang cenderung berdigital, namun catatan masih menjadi alat penting untuk catatan rapat atau panggang untuk memberikan keterangan, entah itu pada rekan kerja atau di hadapan klien. Mengetahui “memochō” atau catatan dalam bahasa Jepang adalah sangat bermanfaat di berbagai lingkungan kerja.

4. カップ (kappu) – Gelas

カップ

Di beberapa lingkungan kerja, kopi dan minuman lainnya tersedia dalam gelas, bahkan di beberapa acara pertemuan atau diskusi penting, “kappu” atau gelas tebal untuk teh hijau merupakan hal yang penting untuk disajikan. Mengetahui kata ini akan membantu Anda di berbagai situasi dan lingkungan kerja.

5. シャープペンシル (shāppenshiru) – Pensil mekanik

シャープペンシル

“Shāppenshiru” atau pensil mekanik, memudahkan pengguna untuk menyelesaikan tugas-tugas yang memerlukan gambar atau kerja yang tepat pada benda busur. Meskipun tidak selalu digunakan, perusahaan umumnya mengharapkan Anda untuk mengenal istilah ini dan senang menggunakan peralatan kantor yang berbeda.

Dengan mempelajari lingkungan kerja dan kosakata benda di tempat kerja dalam bahasa Jepang, Anda dapat merasa lebih percaya diri di tempat kerja dan terhindar dari misinterpretasi dalam kegiatan yang harus Anda lakukan. Yang tidak kalah pentingnya, memahami bahasa Jepang bahkan dalam hal-hal sekecil ini dapat membuat kolaborasi di tempat kerja semakin lancar.

Kosa kata benda makanan dalam bahasa Jepang


makanan Jepang

Jepang memang terkenal dengan kebudayaan kulinernya yang kaya akan makanan-makanan yang lezat dan unik. Selain itu, nama-nama makanan dalam bahasa Jepang juga terdengar sangat menarik dan unik. Kali ini, kita akan membahas kosa kata benda makanan dalam bahasa Jepang yang wajib kamu ketahui jika kamu ingin mengenal lebih dekat budaya makanan Jepang.

Sushi


Sushi

Sushi adalah salah satu makanan Jepang yang sangat terkenal di seluruh dunia. Makanan yang terdiri dari nasi yang dicampur dengan cuka, di atasnya ditambahkan potongan ikan atau makanan laut. Selain itu, ada juga sushi yang diberi bahan tambahan seperti sayur-sayuran dan telur. Sushi biasanya disajikan dengan soy sauce, wasabi, dan pickled ginger untuk memberikan cita rasa yang lebih nikmat.

Ramen


Ramen

Ramen adalah mie Jepang yang direbus dan disajikan dengan kaldu. Ramen biasanya ditambah dengan berbagai bahan, seperti irisan daging sapi, ayam, seafood, dan sayuran untuk memberikan cita rasa yang lebih nikmat. Makanan ini cocok dijadikan makanan berat karena mengandung karbohidrat dan protein yang tinggi.

Tempura


Tempura

Tempura adalah makanan Jepang yang terbuat dari makanan yang dicelupkan ke dalam adonan tepung dan digoreng dalam minyak panas. Tempura biasanya terdiri dari udang, ikan, sayuran, atau daging ayam. Makanan ini disajikan dengan garam atau soy sauce dan memberikan sensasi krispi pada saat digigit.

Soba


Soba

Soba adalah mie Jepang yang terbuat dari tepung gandum dan soba buckwheat. Mie ini sering disajikan dalam keadaan dingin dan disiram dengan saus yang terbuat dari soy sauce dan wasabi. Soba juga bisa disajikan dalam keadaan panas dan terdapat berbagai jenis soba seperti yakisoba dan zarusoba.

Matcha


Matcha

Matcha adalah teh Jepang bubuk yang sering digunakan dalam upacara teh. Teh matcha terkenal akan rasa yang khas dan merupakan sumber antioksidan yang baik. Matcha juga sering digunakan sebagai bahan dasar untuk membuat es krim, kue-kue, dan minuman yang unik dan lezat.

Itulah beberapa kosakata benda makanan dalam bahasa Jepang yang harus kamuketahui. Jangan lupa untuk mencoba makanan-makanan Jepang yang tidak diragukan lagi kelezatannya jika berkunjung ke negeri Sakura ini.

Iklan