Pengenalan Huruf ABC dalam Bahasa Jepang


Saat belajar bahasa Jepang, salah satu hal pertama yang harus dipelajari adalah huruf ABC. Meski terkesan mudah karena sama dengan huruf Latin, namun di Jepang terdapat tiga jenis huruf ABC yang berbeda yaitu Hiragana, Katakana, dan Kanji. Setiap jenis huruf memiliki cara penulisan dan penggunaan yang berbeda-beda.

1. Hiragana

Hiragana adalah huruf ABC buatan Jepang yang digunakan untuk menulis kata-kata asli Jepang. Huruf ini memiliki 46 karakter dan merupakan huruf ABC Jepang yang paling sering digunakan. Cara menulis Hiragana menggunakan goresan horizontal dan vertikal.

Saat belajar Hiragana, biasanya pelajar akan memulainya dengan menghafal tabel Hiragana. Berikut tabel huruf Hiragana:

あ(a)、い(i)、う(u)、え(e)、お(o)

か(ka)、き(ki)、く(ku)、け(ke)、こ(ko)

さ(sa)、し(shi)、す(su)、せ(se)、そ(so)

た(ta)、ち(chi)、つ(tsu)、て(te)、と(to)

な(na)、に(ni)、ぬ(nu)、ね(ne)、の(no)

は(ha)、ひ(hi)、ふ(fu)、へ(he)、ほ(ho)

ま(ma)、み(mi)、む(mu)、め(me)、も(mo)

や(ya)、ゆ(yu)、よ(yo)

ら(ra)、り(ri)、る(ru)、れ(re)、ろ(ro)

わ(wa)、を(wo)、ん(n)

Small Hira っ(tsu)

Di Jepang, Hiragana biasanya digunakan untuk menulis kata-kata yang tidak memiliki karakter Katakana atau Kanji. Misalnya seperti kata dasar, kata sifat, kata keterangan, dan partikel. Penggunaan Hiragana pada kata-kata asing juga menjadi ciri khas dalam bahasa Jepang.

Katakana: Huruf ABC untuk kata-kata Barat dan kata Pinjaman


Katakana

Katakana adalah salah satu huruf Jepang yang digunakan untuk menulis kata-kata asing yang berasal dari barat serta kata pinjaman dari bahasa lain. Bagi orang yang baru mulai belajar bahasa Jepang, memahami huruf ini sangat diperlukan terutama jika ingin menguasai kosakata yang lebih luas dan berkembang. Berikut penjelasan tentang Katakana:

Huruf Katakana

Huruf katakana memiliki bentuk yang terlihat sangat mirip dengan huruf hiragana. Namun, katakana dapat dikenali dari karakteristik garis-garis yang lebih tegak dan sudut-sudut yang tajam. Banyak penutur bahasa Jepang, terutama dalam kalangan muda, yang senang menggunakan kata-kata bahasa Inggris yang diadaptasi ke dalam bahasa Jepang dengan huruf katakana.

Huruf Katakana

Kata-kata Barat

Kata-kata Barat

Katakana digunakan untuk menulis kata-kata yang berasal dari bahasa barat. Salah satu contoh kata yang menggunakan huruf katakana adalah ‘hoteru’ (hotel), yang merupakan kata pinjaman dari bahasa Inggris. Beberapa kata lai yang cukup sering digunakan di antaranya seperti ‘konpyuutaa’ (computer), ‘biiru’ (beer), ‘miruku’ (milk), dan lain-lain. Dengan mempelajari huruf katakana, maka kamu dapat dengan mudah memahami kata-kata bahasa asing ketika terdengar di dalam bahasa Jepang.

Kata Pinjaman

Kata Pinjaman

Huruf katakana juga digunakan untuk membuat kata-kata serapan dari bahasa asing yang digunakan dalam percakapan sehari-hari. Kata-kata serapan ini biasanya diadaptasi ke dalam bahasa Jepang karena ada beberapa istilah teknis yang belum tersedia dalam kosakata bahasa Jepang. Contoh kata pinjaman yang sering dipakai di Jepang seperti ‘pasokon’ (personal computer), ‘firumu’ (film), ‘taipu’ (type), dan banyak lagi. Maka dari itu, penting bagi kamu untuk memahami huruf katakana agar dapat lebih mudah memahami kata-kata baru yang terdapat di dalam bahasa Jepang.

Pelajari huruf katakana dan kamu akan lebih mudah memahami kata-kata bahasa Jepang yang berasal dari asing serta dapat lebih mudah menguasai kosakata bahasa Jepang dengan lebih luas.

Kanji: Huruf ABC di Bahasa Jepang yang Paling Sulit


Huruf ABC dalam bahasa Jepang

Di dalam Bahasa Jepang, huruf-huruf yang digunakan terdiri dari 3 jenis yaitu Hiragana, Katakana, dan Kanji. Hiragana dan Katakana termasuk kepada huruf Jepang yang mudah untuk dipelajari.
Namun, Kanji menjadi salah satu hal yang sangat menantang untuk dipelajari banyak orang. Terlebih untuk orang yang tidak terbiasa untuk membaca dan menulis Kanji sehari-hari.

Kanji merupakan huruf Jepang yang mengambil karakter dari sejarah Tiongkok, dan merupakan salah satu Komponen penting dari Bahasa Jepang. Biasanya, Kanji digunakan untuk menulis kata-kata benda, kata kerja, sifat, dan banyak sekali hal yang mungkin. Namun, karena Kanji berasal dari sejarah Tiongkok maka tak jarang terdapat pola kasar dan sulit dimengerti bagi orang yang tidak dalam lingkungan bahasa Jepang ataupun bahasa Tiongkok.

Berikut adalah beberapa Kanji yang paling sulit di Bahasa Jepang :

  1. 四季

    四季 kanji

    Sesuai dengan arti dari Kanjinya, 四季 berarti empat musim di Jepang. Penggunaannya terbilang banyak dalam Bahasa Jepang dan dipakai dalam puisi, cerita, dan bahkan dalam wacana perkuliahan.

    Bagi kamu yang baru mempelajari Bahasa Jepang, menghapalkan Kanji 四季 bisa menjadi sangat sulit. Namun, tidak perlu khawatir. Tips yang bisa kamu lakukan adalah dengan mengulang-ulang menulis dan membaca karakter tersebut secara terus-menerus.

  2. 際立つ

    際立つ kanji

    Kanji 際立つ memiliki arti jelas, tegas, dan menonjol. Kerap digunakan dalam percakapan sehari-hari dan juga sering dipakai dalam bahasa tertulis, seperti dalam skripsi ataupun karya ilmiah.

    Bentuk dari Kanji ini tergolong unik dan sulit dihafal bagi para pemula. Namun, tidak perlu khawatir karena dalam Bahasa Jepang kamu juga bisa menggantinya dengan kata-kata yang lebih mudah dan sederhana.

  3. 刻印

    刻印 kanji

    Kanji 刻印 berarti stempel, penanda atau tanda. Bentuk dari karakter ini cenderung rumit dan sulit dihafalkan. Meskipun tergolong sulit, penggunaannya dalam tulisan Bahasa Jepang cukup sering terjadi, seperti dalam dunia pengukir, batu nisan, serta naskah-naskah kuno.

    Jadi, sebaiknya kamu menghafalnya dengan cara praktik dan terus-menerus mencobanya agar lebih mudah dalam membaca dan menulisnya.

  4. 輪廻

    輪廻 kanji

    Selanjutnya ada Kanji 輪廻 yang berarti reinkarnasi. Bentuk dalam Kanji ini begitu rumit sehingga sulit sekali dihafalkan, apalagi untuk pemula. Tetapi tidak perlu khawatir, karena kurang lebih kata ini bisa digantikan dengan kata lain.

    Untuk mampu memahami dan mengerti bentuk Kanji 輪廻 ini kamu perlu berlatih terus-menerus dan mempraktikan pembacaan serta menulisnya agar lebih mudah.

Itulah beberapa Kanji yang termasuk dalam huruf Jepang yang paling sulit untuk dipelajari. Kendati begitu, berlatihlah terus-menerus untuk membiasakan diri dalam membaca dan menulis Kanji pada setiap kesempatan yang ada. Semakin sering berlatih, maka dirimu akan semakin fasih dalam membaca dan menulisnya. Selamat mencoba dan semangat!

Iklan