10 Daftar Bank yang Menerima Jaminan Sertifikat Rumah

 

Jaminan Sertifikat Rumah-Seperti adanya perbankan syariah, pegadaian pun saat ini terbagi menjadi pegadaian konvensional dan pegadaian syariah. Sesuai dengan namanya, tentunya pegadaian ini melaksanakan fungsinya sesuai hukum-hukum dalam islam. Jika soal pinjam meminjam uang, tentu konsep pegadaian syariah tidak berbeda jauh dengan pinjam meminjam di bank.

Berikut ini adalah 10 daftar bank yang menerima jaminan sertifikat rumah:

  1. Bank Mandiri Bank Mandiri adalah salah satu bank terbesar di Indonesia yang menyediakan fasilitas kredit dengan jaminan sertifikat rumah. Nasabah bisa meminjam uang hingga 70% dari nilai sertifikat rumah.
  2. Bank BCA Bank BCA juga menyediakan kredit dengan jaminan sertifikat rumah dengan jangka waktu hingga 20 tahun. Besaran pinjaman yang bisa diberikan mencapai 70% dari nilai sertifikat rumah.
  3. Bank CIMB Niaga Bank CIMB Niaga memiliki program KPR dengan jaminan sertifikat rumah yang bisa dipakai untuk membeli rumah atau mendapatkan dana tunai. Nasabah bisa memperoleh pinjaman hingga 70% dari nilai sertifikat rumah.
  4. Bank BTN Bank BTN adalah bank yang fokus pada pembiayaan perumahan. Bank BTN menyediakan fasilitas KPR dengan jaminan sertifikat rumah dengan plafon pinjaman hingga 80% dari nilai sertifikat rumah.
  5. Bank Danamon Bank Danamon juga menawarkan kredit dengan jaminan sertifikat rumah dengan fasilitas pengajuan yang mudah dan cepat. Besaran pinjaman yang diberikan mencapai 70% dari nilai sertifikat rumah.
  6. Bank OCBC NISP Bank OCBC NISP menyediakan program KPR Syariah dengan jaminan sertifikat rumah. Nasabah bisa memperoleh pinjaman hingga 80% dari nilai sertifikat rumah.
  7. Bank Mega Bank Mega menawarkan program Kredit Take Over dengan jaminan sertifikat rumah yang memungkinkan nasabah untuk memindahkan hutang dari bank lain ke Bank Mega. Besaran pinjaman yang bisa diberikan mencapai 70% dari nilai sertifikat rumah.
  8. Bank Permata Bank Permata menyediakan program KPR dengan jaminan sertifikat rumah dengan fasilitas fleksibel dan bunga yang kompetitif. Nasabah bisa memperoleh pinjaman hingga 70% dari nilai sertifikat rumah.
  9. Bank Panin Bank Panin juga menawarkan kredit dengan jaminan sertifikat rumah dengan plafon pinjaman hingga 70% dari nilai sertifikat rumah. Bank Panin juga memiliki program khusus untuk membiayai renovasi atau pembangunan rumah.
  10. Bank Bukopin Bank Bukopin menawarkan fasilitas KPR dengan jaminan sertifikat rumah dengan proses pengajuan yang mudah dan cepat. Besaran pinjaman yang bisa diberikan mencapai 70% dari nilai sertifikat rumah.

Namun bagaimana dengan hukum tabungan emas di pegadaian syariah dalam islam? Tabungan emas adalah suatu jenis investasi menjanjikan yang banyak menarik minat masyarakat ini. Namun tentu hasil dari tabungan emas pada pegadaian konvensional melibatkan adanya bunga yang tidak diperbolehkan  dalam hukum islam. Lalu bagaimana dengan hukum tabungan emas ini jika dilakukan oleh pegadaian syariah?

Ternyata hukum investasi dengan tabungan emas di Pegdaian Syariah ini masih menjadi perdebatan. Sesuai dengan kajian ekonomi islam ada beberapa jenis barang ribawi, yaitu termasuk emas dan uang. Transaksi dari barang ribawi ini wajib hukumnya tunai. Artinya kedua barang harus ada saat ditransaksikan baik dari uang ke emas atau dari emas ke uang.

Padahal dalam investasi dengan tabungan emas pegadaian syariah hal itu tidak terjadi. Anda akan menyetorkan sejumlah uang untuk membeli emas, tetapi anda tidak menerima hasilnya dalam bentuk emas melainkan surat pernyataan membeli saja.

Sedangkan tadi sudah dijelaskan bahwa hukum dalam islam mewajibkan transaksi antara barang ribawi wajib tunai. Ketika menukar uang dengan emas, maka sewajibnya emas harus anda langsung terima.

Berdasarkan hukum ini tentunya pegadaian yang tidak memberikan emas pada anda dan hanya menambahkan catatan jumlah tabungan emas anda di buku tabungan, dijelaskan sebagai transaksi riba nasiah.  Hal ini dilarang dalam hukum islam sehingga anda harus mempertimbangkan mengenai investasi tabungan emas ini terlebih dahulu sebelumnya.

Walau begitu, khusus untuk sistem gadai emas di pegadaian syariah sudah tidak menjadi perdebatan lagi. Sudah disepakati adanya dalil yang memperbolehkan gadai emas jika tidak ada yang menunjukkan dalil keharamannya (Kaidah Fikih). Oleh sebab itu, jika anda ingin menggunakan layanan pegadaian sesuai dengan hukum islam, maka lakukanlah yang sudah diperbolehkan saja.

Jika masih menjadi perdebatan dan anda tidak ingin melakukan larangan dalam islam, maka sebaiknya anda menjauhi terlebih dahulu jenis investasi ini. Ada banyak cara lain jika anda ingin melakukan investasi. Atau anda bisa langsung saja membeli emas dengan tunai dan menyimpannya di penyimpanan emas. Baca Tabungan Emas Pegadaian Rugi Untungnya Bagi Nasabah

Asalkan anda memang membeli dengan tunai dan menerima emas dengan tunai juga. Jika anda tidak terlalu bermasalah dengan hal tersebut, maka anda bisa melakukan investasi tabungan emas tanpa perlu terbeban pikiran lebih lanjut. Pastinya penting untuk selalu mencari tahu dan meminta pendapat dari orang lain. Anda bisa meminta pendapat dari penasehat agama anda atau mungkin dari orang-orang yang ada di sekitar anda.

Hukum tabungan emas pegadaian syariah dalam islam seperti dijelaskan sebelumnya masih menimbulkan perdebatan. Oleh sebab itu, pada bagian ini pun anda bisa mempertimbangkan kelebihan dan kekurangannya lebih objektif.

Anggaplah salah satu kekurangan investasi emas adalah tidak adanya jaminan hukum dalam islam yang memperbolehkannya. Jadi anda bisa mengambil keputusan dengan lebih objektif dan tidak menyesal karena tidak mempertimbangkan beberapa kekurangan yang sudah ditemukan sebelumnya.

Bagi anda yang tetap ingin melakukan investasi tabungan emas, tentunya anda lebih disarankan untuk melakukannya di pegadaian syariah walau lokasinya mungkin jauh dari jangkauan anda. Hal ini penting untuk membantu anda menyimpulkan hal-hal terkait tabungan emas dengan pihak-pihak pada pegadaian syariah yang kebanyakan adalah ahli ekonomi islam.

Jadi mulai dari sekarang pastikan untuk mempelajari suatu investasi sebelum memutuskan untuk mengambilnya. Jika anda sudah yakin benar dengan keputusan anda tersebut, barulah anda bisa menyiapkan segala persyaratan untuk membuka tabungan emas dan mulai menabung.

Semoga informasi yang diberikan bisa menjadi rekomendasi yang cukup untuk anda yang masih mempertimbangkan untuk melakukan investasi tabungan emas karena kurangnya hukum islam yang menjelaskan kemungkinan membolehkannya. Selamat menjalankan investasi dengan baik dan sesuai dengan prinsip anda yang berkaitan dengan aturan dalam agama juga.

semoga bermanfaat

Baca juga

Denda Keterlambatan Angsuran Bank Mandiri

 

Iklan