Ads - After Header

Setelah Mencair Mentega Dapat Kembali Menjadi Benda Padat Jika

Semesta

Mengetahui Rahasia di Balik Perubahan Agregat Mentega

Pembaca rinidesu.com, siapa yang tidak suka dengan makanan yang gurih dan lezat seperti roti atau kue? Salah satu bahan yang sering digunakan di dalam pembuatan roti dan kue adalah mentega. Kita pasti pernah mengalami situasi dimana mentega yang sudah menjadi benda padat, kemudian meleleh menjadi cair pada suhu ruang yang temperaturnya lebih tinggi. Namun, tahukah kamu bahwa mentega yang sudah mencair ini tetap bisa kembali menjadi benda padat? Simak penjelasan berikut untuk mengetahui rahasia di balik perubahan agregat mentega.

Secara Alami, Mentega Adalah Benda Padat

Untuk mengetahui bagaimana cara menjadikan mentega kembali menjadi benda padat, kita harus memahami terlebih dahulu karakteristik dari benda tersebut. Secara alami, mentega adalah benda padat yang terdiri dari emulsi lemak air. Mentega terbuat dari lemak susu sapi yang dipisahkan dari susu selama proses pembuatan. Lemak susu sapi memiliki sifat hidrofobik, yang artinya tidak mudah larut dalam air. Inilah yang membuat mentega menjadi benda padat yang keras.

Perubahan Agregat Mentega Saat Dipanaskan

Ketika kita memanaskan mentega, maka suhu di sekitarnya akan meningkat dari suhu ruangan menuju suhu cair. Ketika mentega mencapai suhu cair, maka semua lemak dalam mentega akan meleleh dan dituangkan ke dalam wadah yang sesuai. Namun, ketika suhu cairan mentega dibiarkan semalam pada suhu ruang kembali, maka cairannya akan mengeras dan membentuk benda padat kembali. Mengapa ini terjadi?

Proses Kristalisasi untuk Mengembalikan Keadaan Benda Padat

Proses yang membuat mentega kembali menjadi benda padat disebut kristalisasi. Krisitalisasi adalah proses membentuk kristal kecil dan padat yang terlihat samar-samar di permukaan mentega yang sudah cair. Proses ini terjadi, karena adanya suhu yang rendah saat mentega dibiarkan semalaman pada suhu ruang. Proses ini akan membuat partikel lemak dalam mentega bergerak lebih lambat dan mengkristal lebih cepat. Partikel-partikel ini akan menyebar ke seluruh mentega dan membentuk kristal padat yang lebih besar dan padat.

Also Read

Bagikan:

Tags

Ads - Before Footer