Ads - After Header

Sebutkan 3 Contoh Perubahan Benda dari Padat Menjadi Cair

Semesta

Pengantar

Halo pembaca rinidesu.com, pada kesempatan kali ini kami akan membahas tentang perubahan benda dari padat menjadi cair. Perubahan ini merupakan hal yang sering terjadi dalam kehidupan sehari-hari, seperti air yang menjadi es saat diletakan di dalam freezer atau logam yang menjadi cair saat dipanaskan. Dalam artikel ini, kami akan membahas 3 contoh perubahan benda dari padat menjadi cair secara mendetail. Selamat membaca!

sebutkan 3 contoh perubahan benda dari padat menjadi cair

Perubahan Benda dari Padat menjadi Cair

Perubahan benda dari padat menjadi cair terjadi ketika benda melewati titik lebur atau titik beku. Temukan di bawah ini 3 contoh perubahan benda dari padat menjadi cair:

Contoh Perubahan Benda dari Padat menjadi Cair Suhu Titik Leleh Suhu Titik Didih
Es menjadi Air -0,5°C 100°C
Gula menjadi Sirup 186°C Tergantung Jenis Gula
Besi menjadi Logam Cair 1535°C 2862°C

Es menjadi Air ❄️

Es adalah contoh benda padat yang dapat berubah menjadi cair. Ketika suhu es mencapai titik lebur -0,5°C, maka es akan meleleh menjadi air. Proses ini terjadi ketika kenaikan suhu bergantung pada suhu lingkungan dan pemanasan yang diterapkan pada es tersebut. Sebaliknya, saat suhu turun di bawah titik beku, air akan membeku membentuk es kembali.

Es yang meleleh menjadi air memiliki volume yang lebih besar dibandingkan dengan volume es dalam keadaan padat. Hal ini dikarenakan dalam keadaan padat, molekul es akan saling berdekatan dan membentuk struktur kristal, yang merupakan alasan mengapa es mengapung di air. Sebaliknya, dalam keadaan cair, molekul air akan lebih mengendap dan bergerak bebas, sehingga memiliki volume yang lebih besar dibandingkan dengan es padat.

Also Read

Bagikan:

Tags

Ads - Before Footer