Ads - After Header

Sebutkan 10 Nama Daerah Pakaian Adat Rumah Adat

Semesta

Sebutkan 10 Nama Daerah Pakaian Adat Rumah Adat

Pembaca rinidesu.com, Indonesia merupakan negara yang kaya akan budaya dan tradisi. Salah satunya adalah keberagaman pakaian adat di tiap daerah. Pakaian adat tersebut menjadi salah satu ciri khas atau identitas masyarakat setempat. Selain itu, rumah adat juga menjadi hal yang tak bisa dipisahkan dari budaya Indonesia. Setiap daerah memiliki rumah adat yang unik dan memiliki makna tersendiri. Dalam artikel kali ini, akan dibahas tentang 10 nama daerah pakaian adat dan rumah adat yang dapat menjadi referensi untuk mengetahui kekayaan budaya Indonesia.

1. Aceh – Ulee Balang

👗 Pakaian adat Aceh yang sering dikenal adalah ulee balang. Pakaian ini dipakai oleh para sultan atau raja pada masa lalu. Ulee balang terdiri dari baju, celana, dan blangkon yang terbuat dari sutra. Selain itu, Aceh juga memiliki rumah adat yang bernama rumoh Aceh. Rumah adat ini memiliki atap yang datar dan memiliki arsitektur yang unik.

2. Bali – Kebaya Bali dan Jogbeng

👗 Bali memiliki keunikan pakaian adat kebaya Bali. Pakaian ini terdiri dari kain batik dan kebaya yang dipadukan dengan kain jarik sebagai asesorisnya. Selain itu, Jogbeng atau celana lebar untuk laki-laki juga menjadi pakaian adat yang sering dipakai oleh masyarakat Bali. Bali juga memiliki rumah adat yang bernama joglo. Rumah adat ini memiliki bentuk atap yang melengkung ke atas dan memiliki dekorasi ukiran yang khas.

3. Jawa – Kebaya Jawa dan Jogjakarta

👗 Pakaian adat Jawa yang populer adalah kebaya Jawa. Pakaian ini terbuat dari kain lurik dan dipadukan dengan kain batik. Bagian bawahnya menggunakan kain jarik dan untuk laki-laki menggunakan kain krisna. Selain itu, rumah adat khas Jawa adalah joglo. Namun, daerah Jogjakarta juga memiliki rumah adat bernama seserahan.

Also Read

Bagikan:

Tags

Ads - Before Footer