Ads - After Header

Rumah Adat Tongkonan: Simbol Kebudayaan yang Melekat Pada Daerah Tertentu

Semesta

Rumah Adat Tongkonan

Pembaca rinidesu.com, Indonesia yang terkenal dengan keanekaragaman budaya yang dimilikinya, memiliki beragam bentuk rumah adat yang tersebar di berbagai daerah. Salah satu rumah adat yang paling terkenal di Sulawesi Selatan adalah Rumah adat Tongkonan. Rumah adat Tongkonan memiliki ciri khas yang sangat khas yang sulit ditemukan pada rumah adat lainnya.

Pendahuluan

Rumah adat Tongkonan adalah salah satu warisan budaya dari suku Toraja yang sudah ada sejak lama. Terletak di wilayah pegunungan Sulawesi Selatan. Rumah adat tongkonan sudah menjadi ciri khas dan simbolik kebudayaan Sulawesi Selatan pada umumnya dan Toraja khususnya. Sebagai bentuk keanekaragaman kebudayaan Indonesia, keberadaan rumah adat Tongkonan sangatlah penting untuk dilestarikan.

Meskipun seiring perkembangan zaman, banyak orang yang sudah meninggalkan kebudayaan aslinya untuk mengikuti gaya hidup modern. Tidak demikian halnya dengan Suku Toraja, mereka masih tetap menjunjung tinggi nilai-nilai budaya leluhur dan mengapresiasi keberadaan rumah adat Tongkonan. Berkunjung ke Toraja akan membuat kita merasa seperti masuk ke dalam dunia fantastis melalui corak seni dan kebudayaan yang begitu khas dari rumah adat tongkonan.

Rumah adat Tongkonan memiliki bentuk yang sangat khas seperti layaknya rumah panggung pada umumnya. Hanya saja, atap yang digunakan memiliki bentuk melengkung dan memiliki dua buah tanduk di depannya. Tanduk ini dipercaya melambangkan kekuasaan dan kemampuan seseorang pemilik rumah dan juga melindungi rumah dari ancaman-mancaman dari luar. Konon, terdapat sebuah legenda yang mengatakan bahwa rumah adat Tongkonan pertama kali dibangun oleh nenek moyang suku Toraja dan dibangun hanya dalam waktu satu malam saja. Keunikan ini membuat rumah adat Tongkonan menjadi sangat menarik dan patut untuk dikunjungi.

Also Read

Bagikan:

Tags

Ads - Before Footer