Ads - After Header

Pakaian Adat Kepulauan Riau

Semesta

Perkenalan

Halo pembaca rinidesu.com! Pakaian adat merupakan salah satu kekayaan budaya Indonesia yang perlu dipertahankan. Salah satu provinsi di Indonesia yang memiliki pakaian adat yang menarik adalah Provinsi Kepulauan Riau. Banyak orang di Indonesia yang sudah mengenal tarian adat Kepulauan Riau, tetapi tidak banyak yang mengetahui bagaimana bentuk pakaian adat Kepulauan Riau. Simak artikel ini untuk mengetahui lebih lanjut tentang pakaian adat Kapulauan Riau.

Keindahan Pakaian Adat Kepulauan Riau

👗 Beragam suku yang menghuni Kepulauan Riau, seperti Melayu, Bugis, dan Tionghoa, membuat pakaian adat di sana terdiri dari banyak ragam. Salah satu pakaian adat yang populer di Kepulauan Riau adalah baju kurung. Baju kurung yang ada di Kepulauan Riau memiliki ciri khas tersendiri, yaitu bagian bawah baju kurung yang dipotong segitiga dan dibuat lebih panjang di bagian samping agar lebih mudah bergerak.

👗 Selain baju kurung, ada juga pakaian tradisional lainnya seperti baju bajang, baju bebodo, dan baju kurung Ja’i. Pakaian adat Kepulauan Riau pada umumnya menggunakan bahan yang nyaman dan cocok untuk cuaca tropis.

Sejarah Pakaian Adat Kepulauan Riau

📜 Sejarah pakaian adat Kepulauan Riau tidak bisa dipisahkan dari sejarah kepulauan tersebut. Kepulauan Riau memiliki historia yang panjang, sebagai benteng Kerajaan Melayu di abad ke-15. Karena itu, budaya kejawen dan Melayu banyak terdapat pada pakaian adat Kepulauan Riau. Tionghoa juga turut berkontribusi pada perkembangan budaya pakaian adat Kepulauan Riau dengan menambah hiasan dan warna-warni pada pakaian adat mereka.

Also Read

Bagikan:

Tags

Ads - Before Footer