Ads - After Header

Meskipun Wilayah Australia Sangat Luas, Namun Kepadatan dan…

Semesta

Masalah Paling Mendasar di Australia

Halo pembaca rinidesu.com, kita semua tahu bahwa Australia adalah negara besar dengan wilayah terluas di dunia. Bahkan, jika Anda meletakkan peta Australia di atas peta Eropa, negara itu masih tampak seolah-olah tenggelam di samudra Antartika. Luasanya Wilayah Australia sekitar 7,7 juta kilometer persegi. Namun, populasi saat ini hanya sekitar 25 juta. Tentu saja, penduduk Australia sangat rendah dibandingkan ukuran wilayah yang sangat luas. Namun, kita cenderung melupakan fakta bahwa ada beberapa area di Australia dengan tingkat kepadatan yang sangat tinggi. Inilah masalah paling mendasar yang dihadapi oleh Australia saat ini.

Seberapa padatkah Australia? Saat ini tingkat kepadatan rata-rata hanya sekitar 3,3 jiwa/kilometer persegi. Namun, kenyataannya, sebagian besar penduduk Australia berkumpul di kota-kota besar seperti Sydney, Melbourne, Brisbane, Perth, dan Adelaide. Kepadatan penduduk di kota-kota besar ini sangat tinggi, mencapai 1.500-1.900 jiwa/kilometer persegi. Mungkin tampak cukup padat jika dilihat dalam skala global, tapi jika dibandingkan dengan Paris, London, atau New York, kepadatan penduduk di kota-kota besar Australia masih di bawah rata-rata dunia.

Kelebihan dan Kekurangan Tingkat Kepadatan Penduduk di Australia

Seperti yang telah Di bahas sebelumnya, Tentu saja, kelebihan terbesar dari tingkat kepadatan penduduk di Australia adalah tersedianya ruang yang sangat luas bagi penduduk untuk hidup dan berkembang. Ini berarti bahwa penduduk Australia tidak mengalami “kerumunan” seperti yang dialami oleh masyarakat di sebagian besar negara berkembang. Ini juga memberikan alasan lain bagi seseorang yang ingin berimigrasi ke Australia untuk mencari kesempatan hidup yang lebih baik.

Namun, kekurangan dari tingkat kepadatan penduduk yang rendah di Australia muncul ketika kita mulai membicarakan infrastruktur dan layanan publik. Ini karena jarak yang sangat jauh dan ukuran wilayah yang besar. Misalnya, bagaimana kota-kota besar Australia menambahkan penduduk baru dengan mempertahankan standar hidup yang tinggi? Bagaimana mereka memastikan bahwa setiap warga Australia di negara ini memiliki akses yang sama terhadap layanan publik seperti kesehatan, transportasi, dan pendidikan, meskipun mereka hidup di wilayah yang sangat terpencil dan jauh dari kota-kota besar?

Also Read

Bagikan:

Tags

Ads - Before Footer