Ads - After Header

Mengapa Kita Perlu Mengetahui Peribadatan Bangsa Quraisy Sebelum Islam?

Semesta

Mengapa Kita Perlu Mengetahui Peribadatan Bangsa Quraisy Sebelum Islam

Halo pembaca rinidesu.com, dalam artikel kali ini kita akan membahas mengenai peribadatan bangsa Quraisy sebelum Islam. Mengapa topik ini penting dan mengapa kita perlu mengetahuinya? Sebelumnya, mari kita bahas secara singkat mengenai latar belakang bangsa Quraisy dan bagaimana Islam muncul di tengah-tengah masyarakat Arab saat itu.

Latar Belakang Bangsa Quraisy dan Munculnya Islam

Bangsa Quraisy adalah salah satu suku Arab yang tinggal di kota Mekah pada abad ke-6. Pada masa itu, Mekah adalah pusat perdagangan dan kegiatan keagamaan yang penting bagi suku-suku Arab. Bangsa Quraisy memiliki peran penting dalam kehidupan sosial dan politik kota Mekah.

Pada tahun 610 M, seorang pria bernama Muhammad menerima wahyu pertama dari Tuhan melalui Malaikat Jibril. Wahyu tersebut kemudian dibukukan dalam kitab suci umat Islam, yaitu Al-Quran. Muhammad lalu memulai dakwahnya untuk menyebarkan ajaran Tauhid dan mengajak umat manusia untuk menyembah hanya satu Tuhan, yaitu Allah SWT. Dakwah ini bertentangan dengan kepercayaan paganisme yang pada masa itu masih menjadi praktik keagamaan yang umum di kota Mekah.

Pada awalnya, dakwah ini sering mengalami penolakan dan bahkan kekerasan dari masyarakat Mekah yang mayoritas masih terikat dengan praktik paganisme. Namun, dakwah ini akhirnya menyebar dan menarik banyak pengikut, yang kemudian membentuk komunitas Islam di Mekah. Muhammad dan para pengikutnya diusir dari Mekah pada tahun 622 M, sebuah peristiwa yang kemudian disebut sebagai Hijrah dan menjadi awal penanggalan kalender Islam.

Also Read

Bagikan:

Tags

Ads - Before Footer