Ads - After Header

Baju Adat Nusa Tenggara Barat: Keunikan dan Kecantikan Budaya Nusa Tenggara Barat

Semesta

Baju Adat Nusa Tenggara Barat

Pembaca rinidesu.com, Indonesia memiliki keberagaman budaya yang menakjubkan. Salah satu warisan budaya yang mempesona adalah baju adat. Baju adat bukan hanya pakaian tradisional, tapi juga mempunyai nilai-nilai sejarah dan kebudayaan dan membawa warisan tempat kelahiran dan identitas suku. Nusa Tenggara Barat kaya akan budaya dan salah satu ciri khasnya adalah baju adat yang beraneka ragam. Dalam artikel ini, akan dibahas keindahan dan keunikan dari baju adat Nusa Tenggara Barat.

1. Kebudayaan dan Ciri Khas Nusa Tenggara Barat

Nusa Tenggara Barat terdiri dari berbagai suku dan sebagian besar memeluk agama Islam. Setiap suku mempunyai baju adat dengan ciri khas masing-masing. Beberapa suku yang terkenal dengan baju adatnya adalah Sasak, Samawa, Mbojo, Bimanese, dan Rongga. Baju adat mempunyai warna-warna cerah dan corak yang indah dan banyak terinspirasi dari alam sekitar dan kepercayaan spiritual suku.

1.1 Baju Adat Sasak

Baju adat Sasak biasanya terdiri dari kain jarit dan kemeja putih yang dikenakan oleh laki-laki dan perempuan. Kain jarit bercorak dan diberi hiasan tenun atau bordir. Sementara itu, perempuan memakai kain tenun dengan warna cerah dan terkadang diberi hiasan manik-manik atau sulaman.

1.2 Baju Adat Samawa

Baju adat Samawa terdiri dari kain bermotif dan kemeja berwarna biru yang dikenakan oleh laki-laki. Beberapa corak yang sering digunakan adalah corak geometris, burung, dan binatang. Sedangkan untuk perempuan, baju adat terdiri dari kain sutra bermotif cantik dengan warna-warna cerah.

Also Read

Bagikan:

Tags

Ads - Before Footer