Ads - After Header

4 Macam Adat Suku Bugis dan Keunikan Masing-masing

Semesta

Kenalkan Budaya Unik dari Suku Bugis

Halo Pembaca rinidesu.com! Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas tentang suku Bugis. Suku Bugis adalah salah satu suku yang ada di Indonesia dengan budaya unik dan menarik untuk dikulik. Suku ini tersebar di sebagian besar wilayah Sulawesi, yang terkenal dengan keindahan pantai-pantainya. Salah satu keunikan suku Bugis adalah adat-istiadat yang masih dilestarikan hingga saat ini. Dalam artikel ini, kami akan membahas 4 macam adat suku Bugis dan keunikan masing-masing. Yuk, simak dengan seksama!

Kelebihan dan Kekurangan Adat Nikah di Suku Bugis

Adat nikah di suku Bugis adalah salah satu adat yang masih banyak dipertahankan sampai saat ini. Adat nikah ini dikenal dengan nama massa kawin. Di dalam adat nikah ini, terdapat beberapa kelebihan dan kekurangan. Kelebihan adat nikah di suku Bugis antara lain:

Kelebihan Kekurangan
Menjaga kehormatan keluarga Memerlukan dana yang besar
Menjaga kepercayaan dan adat Syarat yang kompleks dan rumit

Sebagai bagian dari masyarakat, suku Bugis memegang teguh kehormatan keluarga. Hal tersebut tercermin dalam adat nikah yang dilakukan. Adat nikah ini dilakukan dengan cara menghormati kedua keluarga dari calon pengantin dan mempertahankan adat. Hal ini membuat adat nikah di suku Bugis memiliki kelebihan tersendiri. Di sisi lain, adat nikah di suku Bugis juga memiliki kekurangan seperti membutuhkan dana yang besar dan memiliki syarat-syarat yang kompleks dan rumit.

Tradisi Adu Pora yang Melegenda

Selain adat nikah, suku Bugis juga memiliki tradisi adu pora. Adu pora adalah tradisi berkelahi dengan menggunakan senjata tradisional, yaitu celurit. Tradisi ini sudah melegenda dan menjadi bagian dari kebudayaan suku Bugis. Di samping keunikan yang dimilikinya, tradisi adu pora juga memiliki kelebihan dan kekurangan.

Also Read

Bagikan:

Tags

Ads - Before Footer