Ads - After Header

Sistem Pemerintahan Menurut Adat Minangkabau Disebut Apa?

Semesta

Pendahuluan

Halo pembaca rinidesu.com! Kali ini, kita akan membahas tentang hal yang menarik yaitu sistem pemerintahan menurut adat Minangkabau. Berbicara tentang Minangkabau, pastinya tidak asing lagi dengan hal-hal yang kental dengan adat dan budaya. Salah satunya adalah sistem pemerintahan yang sangat unik. Pada kesempatan ini, mari kita pelajari lebih dalam mengenai sistem pemerintahan adat Minangkabau disebut apa dan bagaimana cara kerjanya.

Adat Minangkabau atau dikenal juga dengan nama adat Basandi Syarak, Syarak Basandi Kitabullah merupakan sebuah adat yang sangat dijunjung tinggi oleh masyarakat Minangkabau. Adat ini berbeda dengan adat yang umum digunakan di Indonesia yang biasa menggunakan sistem pemerintahan seperti demokrasi atau monarki. Adat Minangkabau memiliki sistem pemerintahan yang sangat unik dan menjaga keseimbangan antara unsur agama dan adat.

Sistem pemerintahan adat Minangkabau terdiri dari beberapa hal yang harus dijalankan secara bersama-sama oleh masyarakat. Hal ini pun menjadi kelebihan yang dimiliki oleh sistem pemerintahan ini. Namun, di balik itu semua, tentu ada kekurangan yang harus dihadapi. Penasaran apa saja kelebihan dan kekurangan sistem pemerintahan adat Minangkabau? Simak penjelasannya di bawah ini!

Kelebihan dan Kekurangan Sistem Pemerintahan Adat Minangkabau Disebut Apa

Kelebihan

1. Sistem pemerintahan adat Minangkabau merupakan sebuah sistem yang sangat unik dan berbeda dari sistem pemerintahan yang umum digunakan di Indonesia. Hal ini menjadikan adat Minangkabau memiliki ciri khas tersendiri di mata dunia.

Also Read

Bagikan:

Tags

Ads - Before Footer