Ads - After Header

Sebutkan dan Jelaskan Tiga Dimensi Hukum Adat

Semesta

Pendahuluan

Halo Pembaca rinidesu.com! Apakah Anda seorang mahasiswa ilmu hukum atau seorang praktisi hukum yang sedang mencari informasi tentang hukum adat? Salah satu hal yang harus diketahui adalah tiga dimensi hukum adat. Hukum adat merupakan sebuah sistem hukum yang berlaku secara turun-temurun dan tidak tertulis yang menjadi norma dalam masyarakat. Hal ini unik dengan cara hukum positif dimana hukum positif diatur oleh sebuah lembaga negara.

Tulisan ini akan membahas secara detail tentang tiga dimensi hukum adat sehingga pembaca akan memahami dengan lebih baik mengenai kelebihan dan kekurangan dari hukum adat. Baiklah, mari kita mulai.

Apa itu Hukum Adat?

Hukum adat adalah sebuah sistem hukum yang berasal dari tradisi dan kebiasaan suatu masyarakat tertentu. Hukum adat diwariskan secara turun-temurun dari generasi ke generasi tanpa pernah dicatat secara tertulis. Dalam hukum adat, norma-norma, kebiasaan, dan tradisi menjadi patokan yang digunakan untuk mengatur kehidupan masyarakat.

Sementara itu, hukum positif adalah aturan hukum yang dibuat oleh pemerintah atau lembaga legislatif dengan bentuk tertulis. Hukum positif mencakup segala bidang dan memiliki sifat universal yang berlaku di seluruh negara yang memberlakukan hukum tersebut.

Also Read

Bagikan:

Tags

Ads - Before Footer