Ads - After Header

Rumah Adat Betang Berasal Dari Daerah Kalimantan Tengah

Semesta

Rumah Adat Betang

Pengantar untuk Pembaca rinidesu.com

Halo Pembaca rinidesu.com. Pada kesempatan kali ini, saya akan membahas mengenai rumah adat betang. Rumah adat betang adalah salah satu bentuk rumah adat tradisional yang berasal dari daerah Kalimantan Tengah. Betang merupakan sebuah rumah panjang dan lebar yang dibangun oleh suku Dayak di Indonesia. Rumah betang biasanya memiliki struktur yang unik dan banyak dihiasi dengan ukiran tangan. Yuk, simak penjelasan lengkapnya!

Pendahuluan: Sejarah Rumah Adat Betang

Rumah adat betang adalah rumah tradisional yang berasal dari suku Dayak di Kalimantan Tengah. Kata “betang” sendiri berasal dari bahasa Dayak yang artinya panggung/ menggantungan. Rumah betang biasanya memiliki struktur panggung yang tinggi, karena suku Dayak pada masa itu masih berprofesi sebagai pemburu.

Pemburu suku Dayak pada masa itu sering kali membawa hewan buruannya ke dalam rumah betang, karena rumah betang relatif aman dan nyaman. Selain itu, suku Dayak juga meyakini bahwa di dalam rumah betang terdapat roh-roh nenek moyang mereka, sehingga rumah betang dianggap sangat sakral dan dipercayai memiliki kekuatan magis.

Pada umumnya, rumah betang dibangun oleh keluarga besar suku Dayak, karena rumah betang bisa menampung banyak anggota keluarga.

Menariknya, suku Dayak tidak hanya berdomisili di Kalimantan Tengah, tapi juga di Kalimantan Barat, Kalimantan Selatan, dan Kalimantan Timur. Namun, rumah betang tetap menjadi salah satu ikon budaya dan tradisi suku Dayak di Indonesia.

Also Read

Bagikan:

Tags

Ads - Before Footer