Ads - After Header

Berkenalan dengan Pulau di Indonesia yang Paling Padat Penduduknya: Pulau Java

Semesta

🏝️Salam Pembaca rinidesu.com!🏝️

Indonesia memang terkenal dengan kekayaan alamnya, salah satunya adalah pulau-pulau yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia. Ada yang terkenal akan keindahannya, namun ada juga yang terkenal karena tingkat kepadatan penduduknya yang sangat tinggi. Nah, pada kesempatan kali ini, kita akan mengulas tentang Pulau di Indonesia yang paling padat penduduknya, yaitu Pulau Java.

Pulau Jawa adalah pulau terpadat di Indonesia dengan luas 132.107 km² dan sebagai pulau terbesar di Indonesia. Pulau Jawa memiliki populasi yang terbesar di Indonesia, dengan hampir 60% penduduk Indonesia tinggal di pulau ini. Pulau Jawa memiliki 6 provinsi, yaitu Banten, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur dan Yogyakarta.

🏞️Kelebihan Pulau Java🏞️

Banyak yang bilang, kepadatan penduduk Pulau Java justru menawarkan banyak manfaat. Simak penjelasan kelebihan Pulau Java berikut ini:

1. Kemajuan Ekonomi

Provinsi PDRB/Tahun Kontribusi Terhadap PDRB Nasional
DKI Jakarta 1.200 triliun 16,8%
Jawa Tengah 913,3 triliun 12,8%
Jawa Timur 876,9 triliun 12,3%
Jawa Barat 817,1 triliun 11,4%
Banten 295,2 triliun 4,1%
Yogyakarta 57,9 triliun 0,8%

Pulau Jawa menjadi pusat kegiatan ekonomi Indonesia, karena di pulau ini terdapat kota-kota besar seperti Jakarta, Bandung, Surabaya, Semarang, dan Yogyakarta. Pulau Jawa menyumbang lebih dari 50% PDB nasional dan sekitar 60% industri nasional.

Also Read

Bagikan:

Tags

Ads - Before Footer