Ads - After Header

Nama Pakaian Adat Kalimantan Utara

Semesta

Pengantar

Halo, Pembaca rinidesu.com. Kalimantan Utara merupakan sebuah provinsi yang kaya akan kebudayaan dan tradisi. Salah satu warisan budaya yang masih dirawat hingga saat ini adalah pakaian adat. Pakaian adat Kalimantan Utara memiliki keunikan dan keindahan tersendiri. Dalam artikel ini, akan dibahas pentingnya menjaga dan memperkenalkan nama pakaian adat Kalimantan Utara kepada dunia.

Definisi Nama Pakaian Adat Kalimantan Utara

Sebelum membahas lebih jauh tentang nama pakaian adat Kalimantan Utara, kita perlu mengetahui apa itu pakaian adat. Pakaian adat merupakan busana yang digunakan oleh suatu komunitas atau bangsa sebagai perwujudan dari tradisi dan budaya mereka. Pakaian adat Kalimantan Utara memiliki nama-nama yang beragam, tergantung dari suku bangsa dan daerah asal. Di antaranya adalah :

Nama Pakaian Adat Keterangan
Baju Kurung Pusung Pakaian adat yang berasal dari suku Tidung
Paksian Volpopo Pakaian adat yang berasal dari suku Bolaang Mongondow
Baju Kurung Tepian Pakaian adat yang berasal dari suku Bajau
Baju Pantal Leko Pakaian adat yang berasal dari suku Bulungan
Baju Ngedap Pakaian adat yang berasal dari suku Dayak

Keunikan Nama Pakaian Adat Kalimantan Utara

Setiap nama pakaian adat memiliki keunikan dan keindahan tersendiri. Berikut adalah beberapa keunikan dari nama pakaian adat Kalimantan Utara:

1. Pakaian adat Baju Kurung Pusung memiliki pola kain dan warna yang khas, yaitu hitam dan putih. Di bagian tengah kain terdapat motif khas suku Tidung, yaitu luwangan.

Also Read

Bagikan:

Tags

Ads - Before Footer