Ads - After Header

Mengapa Zat Padat Memiliki Bentuk Dan Volume Tetap

Semesta

mengapa zat padat mempunyai bentuk dan volume tetap

Pembaca rinidesu.com, menjelaskan mengapa zat padat memiliki bentuk dan volume tetap merupakan salah satu konsep penting dalam ilmu kimia. Sebelumnya, mari mulai dengan pengertian dasar tentang zat padat dan zat cair.

Pendahuluan

Zat padat adalah suatu bentuk materi yang memiliki bentuk dan volume tetap. Zat padat umumnya memiliki bentuk yang terdefinisi dengan jelas, serta tidak dapat melebar atau mengembang pada suhu dan tekanan biasa. Contoh zat padat adalah es, garam, berbagai jenis logam, dan lain-lain. Zat cair, di sisi lain, dapat mengalir dan mengambil bentuk wadah yang memuatnya. Contohnya air, minyak, dan alkohol.

Jadi, apa yang menyebabkan zat padat memiliki struktur yang jelas dan tetap? Terletak pada kekuatan antar partikel di dalam zat padat.

1. Kekuatan Kohesi

🔎

Kekuatan kohesi, atau kekuatan antar partikel serupa, adalah kekuatan yang mempertahankan partikel-partikel dalam satu zat padat agar berkumpul dalam jarak yang tetap. Kekuatan ini menyebabkan setiap partikel terikat pada partikel lainnya, sehingga membentuk suatu benda padat, dan menjaga bentuk dan volume tetap.

Also Read

Bagikan:

Tags

Ads - Before Footer