Ads - After Header

Jelaskan Bahwa Adat atau Kebiasaan Dapat Menghambat Terjadinya Perubahan Sosial

Semesta

Perkenalan

Halo Pembaca rinidesu.com,

Selamat datang di artikel ini yang akan membahas tentang bagaimana adat atau kebiasaan dapat menghambat terjadinya perubahan sosial. Saat ini, dunia sedang mengalami banyak perubahan, baik itu di bidang teknologi, ekonomi, maupun sosial. Namun, kadang kala, perubahan sosial tersebut sulit untuk tercipta karena adanya adat atau kebiasaan yang membatasi.

Definisi Adat dan Kebiasaan

Let’s start from the beginning. Apa itu adat dan kebiasaan? Adat adalah keseluruhan norma atau perilaku yang dianut oleh suatu masyarakat yang diwariskan secara turun-temurun. Kebiasaan, pada dasarnya, adalah tindakan yang dilakukan tanpa sadar atau refleks oleh seseorang karena telah dilakukan berulang kali.

Adat dan Kebiasaan sebagai Penghambat Perubahan Sosial

Adat dan kebiasaan yang telah tertanam kuat dalam masyarakat bisa menjadi penghambat perubahan sosial. Hal ini terjadi karena adat dan kebiasaan yang ada dalam masyarakat bisa membuat masyarakat tersebut merasa nyaman dan takut untuk mengambil langkah baru atau berbeda dengan yang telah dijalankan sebelumnya. Masyarakat tidak ingin merusak kesinambungan adat dan kebiasaan, sehingga segala sesuatu harus dilakukan sesuai dengan apa yang telah diwariskan sebelumnya.

Also Read

Bagikan:

Tags

Ads - Before Footer