Ads - After Header

Nama Baju Adat Banten: Bentuk, Sejarah, dan Keunikan dari Pakaian Khas Banten

Semesta

😍 Menapaki Jejak Nama Baju Adat Banten yang Kaya akan Sejarah 😍

Salam pembaca rinidesu.com, siapa yang tidak mengenal kekayaan budaya Indonesia? Setiap daerah di Indonesia memiliki keunikan tersendiri dari budaya dan tradisinya, termasuk Banten yang merupakan salah satu provinsi di Indonesia yang memilikinya. Salah satu kekayaan budaya Banten adalah nama baju adat Banten. Baju adat ini memiliki ciri khas yang unik, terbuat dari bahan yang khas, dan memiliki sejarah yang panjang. Artikel ini akan membahas apa itu nama baju adat Banten, seperti apa bentuknya, sejarahnya, serta keunikan apa yang dimilikinya.

1. Apa Itu Nama Baju Adat Banten?

😍 Dalam Mengenal Nama Baju Adat Banten 😍

Baju adat Banten adalah sebuah busana yang khas dari provinsi Banten dan digunakan dalam acara resmi atau upacara adat. Busana ini terdiri dari beberapa jenis yang masing-masing memiliki ciri khasnya sendiri. Bahan yang digunakan dalam pembuatan busana ini biasanya adalah tenun khas daerah Banten seperti Tenun Pandeglang, Tenun Serang, dan Tenun Lebak. Baju adat Banten juga sering kali dipadukan dengan perhiasan khas Banten yang terbuat dari perak dan sepasang sepatu khas Banten yang terbuat dari kulit sapi.

2. Bentuk Nama Baju Adat Banten

😍 Bentuk dan Rancangan Nama Baju Adat Banten 😍

Baju adat Banten terdiri dari beberapa jenis yang masing-masing memiliki bentuk dan rancangan yang berbeda. Diantaranya adalah:

Jenis Baju Bentuk dan Rancangan
Baju Kurung Terdiri dari atasan panjang dan rok yang lebar. Biasanya dipakai pada saat acara pengajian atau upacara adat pendekar.
Baju Kebaya Terdiri dari atasan kebaya panjang dengan lengan tiga perempat atau panjang dan rok dengan ukuran yang sedikit lebih pendek. Biasanya dipakai pada saat acara resmi.
Baju Pangsi Sama seperti kebaya, baju pangsi juga terdiri dari atasan panjang dan rok dengan ukuran yang sedikit lebih panjang. Namun, baju pangsi memiliki lengan yang panjang dan cukup luas. Busana ini biasanya dipakai pada saat acara adat Sunda Wiwitan.

3. Sejarah Nama Baju Adat Banten

😍 Memahami Sejarah dari Nama Baju Adat Banten 😍

Baju adat Banten memiliki sejarah yang panjang. Busana ini telah digunakan sejak zaman Kerajaan Banten pada abad ke-16. Pada saat itu, baju adat Banten hanya dipakai oleh golongan bangsawan dan keluarga kerajaan. Namun, seiring dengan perkembangan zaman, baju adat Banten mulai dipakai oleh masyarakat umum pada saat acara resmi, hajatan, atau upacara adat seperti selametan.

Also Read

Bagikan:

Tags

Ads - Before Footer