Ads - After Header

Jelaskan Aplikasi Konsep Tekanan Zat Padat pada Lingkungan Sekitar

Semesta

Penjelasan Konsep Tekanan pada Zat Padat

Salam Pembaca rinidesu.com, dalam kehidupan sehari-hari, kita sering mengalami situasi di mana kita perlu mengubah bentuk atau volume suatu benda padat. Ketika kita melakukan itu, berapa banyak energi yang diperlukan untuk melakukan perubahan tersebut? Hal inilah yang akan dibahas dalam artikel ini, yaitu konsep tekanan zat padat dan aplikasinya pada lingkungan sekitar.

Pada dasarnya, ketika kita memperbesar atau memperkecil volume suatu benda, kita harus mengatasi gaya-gaya tarik antarmolekul di dalam benda tersebut. Gaya-gaya tarik ini menyebabkan partikel-partikel molekul di dalam benda saling menarik satu sama lain. Semakin dekat partikel-partikel molekul ini, semakin kuat gaya tariknya.

Oleh karena itu, ketika kita memperkecil volume suatu benda, kita sebenarnya memaksa partikel-partikel molekul ini untuk berada lebih dekat satu sama lain. Hal ini memerlukan energi, yang sebenarnya merupakan konversi dari tekanan yang kita berikan kepada benda.

Ketika kita memperbesar volume benda, kita mengatasi gaya-gaya tarik antarmolekul yang kemudian memerlukan energi, sebaliknya ketika kita memperkecil volume benda, kita menambah energi ke benda tersebut.

Also Read

Bagikan:

Tags

Ads - Before Footer