Masuknya Pengaruh Hindu-Buddha

Pembaca rinidesu.com, adat istiadat melayu menjadi salah satu aset penting budaya Nusantara. Adat istiadat melayu telah ada sejak masa sebelum masuknya pengaruh Hindu-Buddha. Meski demikian, masa ini diyakini menjadi awal munculnya budaya timur yang kental di kehidupan masyarakat Melayu.

Dari Hindu-Buddha juga dipengaruhi cara berpakaian, bahasa, seni, aspek keagamaan, dan masih banyak lagi. Hal itu diperlihatkan dari banyaknya istilah-istilah dalam bahasa Melayu yang sama dengan istilah dalam bahasa Sanskerta, seperti ratu, putra, dan dewi. Namun, adat istiadat melayu memiliki ciri khasnya sendiri yang begitu menonjol.

Disiplin Dalam Berperilaku

Adat istiadat melayu memiliki nilai-nilai moral yang sangat kuat. Contohnya, kesopanan dan kesusilaan. Hal itu tercermin dari berbagai macam adat-istiadat dalam masyarakat Melayu seperti adab bersetia, adab bertahtamu, adab pergaulan, dan masih banyak lagi.

Setiap adab memiliki makna yang tersendiri dan dilaksanakan dalam momen-momen tertentu, seperti dalam pernikahan atau acara makan bersama. Sebagai contoh, saat makan bersama di rumah orang tua sang calon suami, sang calon istri biasanya duduk di lantai sambil membungkukkan badan sebagai tanda penghormatan dan rasa terima kasih atas pemberian makanan.

Kesederhanaan Sebagai Cerminan Kehidupan

Adat istiadat melayu juga mencerminkan kesederhanaan dalam kehidupan masyarakat. Hal itu tercermin dari cara berpakaian yang sederhana, seni ukir kayu, kesetiaan dalam pergaulan, dan masih banyak lagi. Ada pepatah melayu yang mengatakan “berkajang-kajang jangan sampai lupa lunak-lunak”, artinya meski hidup dalam kemewahan tetap harus memiliki hati yang lembut dan tidak sombong.

Hal itu tercermin dari banyaknya istilah-istilah dalam bahasa Melayu yang sama dengan istilah dalam bahasa Sanskerta, seperti ratu, putra, dan dewi. Namun, adat istiadat melayu memiliki ciri khasnya sendiri yang begitu menonjol.

Adat Istiadat Dalam Acara Pernikahan Masyarakat Melayu

Lamaran

Dalam adat istiadat melayu, prosesi lamaran merupakan moment penting yang harus dijalani oleh kedua belah pihak, calon pengantin pria serta keluarga calon pengantin wanita. Pada prosesi lamaran juga biasanya dibawa oleh pihak laki-laki sebuah mahar yang terdiri dari uang tunai atau barang-barang yang bernilai. Barulah setelah lamaran selesai dan direstui oleh kedua belah pihak, maka acara ijab kabul pun dapat dijalankan.

Cucuk Lampah

Prosesi cucuk lampah adalah bagian paling unik pada acara pernikahan masyarakat Melayu yang mana berfungsi sebagai pembukaan acara pernikahan. Acara ini diadakan di kediaman pengantin perempuan dan dipercayai sebagai bentuk pertemuan antara pengantin pria dengan pengantin perempuan dan juga keluarga besar keduanya.

Akir Pekan

Pada acara terakhir sebelum pelaksanaan pernikahan yang dilakukan oleh keluarga pengantin pria yaitu Akir Pekan. Pada saat itu, kedua belah pihak menjalin kontrak secara bersamaan. Kontrak tersebut dikenal dengan sebutan “Meminang Bertandang” yaitu keluarga pengantin pria akan datang ke rumah pengantin perempuan untuk meminta ijin kepada keluarga besar dan melakukan penyerahan mahar sekaligus menentukan tanggal pernikahan nantinya.

Pakaian dan Busana

Kepopuleran adat istiadat melayu tak hanya berada di bidang pergaulan, namun juga dalam fashion dan busana. Ada banyak jenis pakaian melayu untuk pria maupun wanita yang khas dan unik.

Baju melayu misalnya, merupakan salah satu jenis pakaian melayu yang sangat populer hingga kini. Ditambah lagi dengan kain batik yang menjadi pakaian tradisional Indonesia yang sangat terkenal di seluruh dunia.

Pakaian Tradisional Untuk Pria

Pakaian tradisional melayu untuk pria biasanya terdiri dari baju melayu, songket, sarung dan kopiah. Baju melayu sendiri adalah baju yang agak panjang hingga sekitar lutut, terbuat dari bahan katun dan ada juga yang terbuat dari bahan-kain yang lebih mewah. Kemudian, songket, sarung, dan kopiah akan cocok digunakan sebagai aksesoris untuk melengkapi pakaian tersebut.

Pakaian Tradisional Untuk Wanita

Untuk pakaian tradisional melayu wanita biasanya terdiri dari baju kurung yang pada dasarnya dilengkapi dengan kain batik. Baju kurung dipadukan dengan selendang yang biasanya terbuat dari bahan satin ataupun sari.

Untuk pakaian pengantin wanita, terutama yang berada di daerah Sumatera Barat, pengantin wanita dengan menggunakan pakaian adat Minangkabau. Pakaian tradisional ini terdiri dari baju kurung, kain sarung, dan dibuat seunik dan seribu warna.

Kesenian dan Budaya

Adat istiadat melayu juga terkenal dengan kekayaan seni dan budayanya. Pada masa lampau, kesenian melayu sempat populer di negeri Siam (kini Thailand), Malaka dan Tanjung Sahak di Sumatera Barat. Kesenian melayu juga sangat beragam, mulai dari tari-tarian, nyanyian, hingga seni ukir kayu.

Selain seni ukir kayu, ada juga seni anyaman dan sulaman yang menjadi simbol keahlian serta kreatifitas masyarakat melayu. Penggunaan senjata tradisional dalam berbagai laga kepandaian menjadi sebuah adat istiadat yang digemari hingga saat ini. Salah satunya adalah silat melayu yang merupakan seni bela diri khas melayu.

Tari Saman

Saman adalah salah satu jenis tarian khas Aceh yang termasuk dalam adat istiadat melayu. Tarian ini begitu populer di seluruh Indonesia dan bahkan hingga ke luar negeri. Dalam tarian Saman, para penari dipersilakan untuk berkumpul dan duduk di lingkaran, sambil memainkan alat musik tradisional seperti rebana dan gendang.

Balai Adat

Balai adat juga merupakan bagian dari adat istiadat melayu yang sangat penting. Balai adat digunakan sebagai tempat rapat atau musyawarah oleh masyarakat melayu. Di dalam balai adat biasanya terdapat petilasan para leluhur atau para tokoh adat di kampung tersebut.

Perkawinan dan Keluarga

Adat istiadat melayu juga terkenal dengan keterkaitan erat antara pesta perkawinan dan keluarga. Perkawinan dalam adat istiadat melayu bukan hanya sekadar menyatukan dua insan, namun juga mengikat dua keluarga yang berbeda. Dahulunya, perkawinan yang dilangsungkan dengan meriah menggambarkan kekayaan keluarga masing-masing dan status sosial yang lebih tinggi.

Keutamaan yang ditempatkan pada budaya keluarga membuat adat istiadat melayu menjadi sangat bermakna bagi masyarakatnya. Selain itu, keluarga juga menjadi tempat berlindung dan menyelesaikan tuntas berbagai masalah yang dihadapi oleh masing-masing individu.

Norma-Norma Keluarga dalam Budaya Melayu

Adat istiadat melayu mengutamakan hubungan keluarga dan keintiman keluarga. Moetalib, seorang budayawan Aceh-Sumedang menyatakan bahwa norma yang dijadikan sebagai pondasi keyakinan masyarakat Melayu adalah keimanan yang terpuji, kemanusiaan yang adil wara dan bahasa yang indah serta budaya sebuah negara yang terpelihara dengan baik. Ia juga menambahkan bahwa etos kerja sangatlah penting bagi Masyarakat Melayu agar bisa sukses dan sejahtera dalam kehidupannya.

Makanan dan Minuman

Masakan melayu di Indonesia memiliki kekhasan tersendiri karena bahan-bahan yang digunakan berasal dari bahan makanan lokal yang berlimpah. Keistimewaan dari masakan melayu adalah bumbunya yang kaya akan rempah-rempah. Tak heran jika masakan melayu di Indonesia selalu menjadi menu favorit banyak orang.

Terdapat beragam makanan khas melayu dari nasi lemak, nasi kerabu, rendang, hingga satay. Minuman khas melayu juga tak kalah terkenalnya seperti teh tarik dan sirup kunci.

Makanan Tradisional Melayu di Indonesia

Terdapat beberapa masakan khas melayu yang wajib untuk dicoba, seperti rendang, asam pedas, lodeh, dan masih banyak lagi. Makanan khas melayu ini seringkali dipadukan dengan nasi yang berfungsi sebagai bahan utama untuk sebuah hidangan.

Sirap Kunci

Sirap Kunci adalah sebuah minuman khas melayu yang dihasilkan dari buah kunci atau kelapa adimuntur. Minuman ini begitu segar dan cocok dikonsumsi sebagai penyejuk tenggorokan ketika teriknya matahari.

Tabel Adat Istiadat Melayu

No Adat Istiadat Bentuk Acara Asal Usul
1 Bertandang Proses lamaran Malaysia
2 Cucuk Lampah Acara Pembukaan Pernikahan Sumatera Barat
3 Fatihah Acara Upacara Adat Pernikahan Malaysia
4 Merarikan Acara Pengantin Baru Tinggal Bersama Mertua Malaysia
5 Marhaban Acara Rambu Tuka Masyarakat Melayu Sumatera Barat
6 Akir Pekan Acara Akhir Sebelum Pelaksanaan Pernikahan Malaysia
7 Adat Merantau Perjalanan Untuk Mencari Peruntungan Di Luar Daerah Malaysia

Frequently Asked Questions (FAQs)

1. Apa itu adat istiadat melayu?

Adat istiadat melayu adalah sebuah warisan budaya dan tradisi yang diwariskan dari generasi ke generasi dalam komunitas masyarakat Melayu. Adat istiadat melayu meliputi aspek kehidupan sosial, kebudayaan, serta aspek kesenian dan agama.

2. Apa yang menjadi dasar adat istiadat melayu?

Dasar adat istiadat melayu adalah budaya timur yang sejak dahulu telah berkembang di wilayah Asia Tenggara. Pada masa silam, adat istiadat melayu dipengaruhi oleh Hindu-Buddha yang masuk ke wilayah Nusantara.

3. Apa saja moral yang dianut dalam adat istiadat melayu?

Adat istiadat melayu memiliki nilai-nilai moral yang sangat kuat, seperti kesopanan, kesusilaan, saling menghormati, serta memegang teguh norma-norma keluarga.

4. Apakah kesenian dan budaya melayu masih populer di Indonesia?

Ya, kesenian dan budaya melayu masih sangat populer hingga saat ini. Ada banyak acara budaya tradisional yang digelar dalam rangka melestarikan adat istiadat melayu. Selain itu, kesenian melayu juga paling sering digunakan untuk mendukung brand-driven marketing dan branding lokal.

5. Apa saja makanan khas melayu?

Ada banyak makanan khas melayu yang sangat terkenal, mulai dari nasi lemak, rendang, nasi kerabu, laksa, hingga satay.

Iklan