Benda-benda yang Tidak Boleh Ditinggalkan saat Berpergian ke Jepang


traveling to japan

Apakah kamu sedang merencanakan untuk berlibur ke Jepang dalam waktu dekat? Sebelum kamu berangkat, kamu perlu memperhatikan beberapa benda yang tidak boleh ditinggalkan saat berpergian ke Jepang. Sebab, ada beberapa benda yang dianggap sebagai barang wajib yang harus kamu bawa saat berlibur ke negeri Sakura.

Beberapa benda yang tidak boleh ditinggalkan saat berpergian ke Jepang antara lain:

paspor

1. Paspor dan Tiket Pesawat

Paspor dan tiket pesawat merupakan benda yang paling penting saat kamu berlibur ke Jepang. Paspor digunakan sebagai tanda pengenal dan izin masuk ke negara Jepang. Oleh karena itu, pastikan kamu membawa paspor dengan masa berlaku yang masih cukup.

Sedangkan tiket pesawat membuktikan bahwa kamu sudah memesan tempat duduk di pesawat untuk penerbanganmu menuju Jepang. Pastikan juga kamu mengecek jadwal keberangkatan dan kedatanganmu agar tidak terlambat.

Untuk menghindari hal yang tidak diinginkan, kamu bisa menempatkan paspor dan tiket pesawat dalam tas yang mudah diakses, seperti tas tangan. Selain itu, jangan mencoba untuk meninggalkan paspor atau tiket pesawat di hotel karena hal itu bisa menjadi risiko besar.

koper

2. Koper

Koper adalah tempat untuk menyimpan semua barang bawaanmu selama berlibur di Jepang. Pastikan kamu membawa koper yang cukup besar untuk menampung semua barang bawaanmu, namun tetap memperhatikan batas maksimal berat barang yang diperbolehkan oleh maskapai penerbangan.

Simpul kopermu dengan kunci atau pengunci ritsleting untuk menghindari pencurian saat di perjalanan. Selain itu, kamu juga perlu memasang karet pengaman pada koper untuk mencegah kopermu terbuka secara tiba-tiba.

uang

3. Uang Tunai dan Kartu Kredit

Meskipun Jepang merupakan negara maju, beberapa tempat wisata dan restoran masih jarang yang menerima pembayaran menggunakan kartu kredit. Oleh karena itu, pastikan kamu membawa uang tunai dalam jumlah yang cukup saat bepergian ke Jepang.

Selain uang tunai, bawa juga kartu kreditmu untuk sebagai backup dan membantumu mengantisipasi keadaan darurat seperti kehilangan uang tunai.

adapter listrik

4. Adapter Listrik

Jepang menggunakan sistem listrik yang berbeda dengan Indonesia. Oleh karena itu, benda yang tidak boleh ditinggalkan saat berpergian ke Jepang ini adalah adapter listrik. Dengan adapter ini kamu bisa menggunakannya untuk mengisi daya gadgetmu tanpa harus khawatir kehabisan daya.

Pastikan kamu membawa adapter listrik yang compatible dengan semua gadgetmu ya!

buku frasa jepang

5. Buku Frasa Jepang

Jika kamu tidak lancar berbahasa Jepang, ada baiknya kamu membawa buku frasa Jepang yang bisa membantumu berkomunikasi dengan penduduk setempat.

Kamu tidak perlu menguasai bahasa Jepang secara detail, namun mengetahui frasa-frasa sederhana seperti salam, permisi, terima kasih, dan lainnya akan sangat membantumu selama berada di Jepang.

peta jepang

6. Peta Jepang dan Informasi Transportasi

Meskipun kamu mengetahui banyak tempat wisata yang ingin dikunjungi di Jepang, kamu tetap perlu membawa peta Jepang agar tidak tersesat saat berpergian. Berbeda dengan Indonesia yang memiliki banyak tempat wisata berturut-turut, beberapa objek wisata di Jepang memiliki jarak yang cukup jauh satu sama lain.

Dalam perjalanan, kamu juga perlu mengetahui informasi transportasi seperti lokasi stasiun, rute bis, dan lainnya agar perjalananmu menjadi lebih mudah.

Nah, itu dia beberapa benda yang tidak boleh ditinggalkan saat berpergian ke Jepang. Pastikan kamu mempersiapkan semuanya dengan baik agar liburanmu di Jepang berjalan lancar tanpa ada kendala.

Makanan Khas Jepang yang Perlu Dicoba

Makanan Khas Jepang yang Perlu Dicoba

Jepang memiliki makanan yang sangat kaya akan rempah-rempah dan bahan-bahan yang memang tidak ada duanya di seluruh dunia. Teruntuk traveler, khususnya traveler Indonesia yang ingin mencari pengalaman yang baru, merasakan kuliner Jepang bisa menjadi salah satu tujuan terbaik. Banyak jenis kuliner Jepang yang populer di Indonesia, namun tentu saja ada yang berkarakter unik dari Kuliner Jepang itu sendiri. Bahkan ada beberapa makanan khas Jepang yang patut dicoba karena keunikannya tidak sulit ditemukan di negara lain. Yuk, cari tahu lebih detail tentang Makanan Khas Jepang yang perlu dicoba!

1. Sushi

Sushi

Sushi merupakan makanan yang sudah sangat populer di seluruh dunia, termasuk di Indonesia. Meskipun demikian, tidak ada salahnya mencoba sushi di Jepang langsung, karena di sini, terdapat beragam jenis dan bentuk sushi yang sama sekali berbeda dengan yang biasa Anda jumpai di Indonesia. Sushi yang terkenal di Jepang adalah “Edo-mae” yang dicirikan oleh nasi yang lebih kecil serta tambahan bahan yang lebih sedikit daripada sushi biasa.

2. Takoyaki

Takoyaki

Takoyaki adalah bola-bola kecil dengan isian potongan gurita yang dibumbui dengan rempah-rempah serta bumbu khusus. Makanan ini sering ditemukan di pasar malam di Jepang dan menjadi makanan favorit anak muda Jepang. Bahan utama yang digunakan untuk membuat Takoyaki terdiri dari tepung, kaldu, dan saus Takoyaki, sedangkan bahan isian yang digunakan adalah potongan gurita dan irisan bawang. Takoyaki sangat cocok dijadikan alternatif cemilan sehingga sangat sayang untuk dilewatkan.

3. Ramen

Ramen

Ramen merupakan mi khas Jepang yang sangat terkenal di seluruh dunia. Ramen mempunyai rasa yang sangat khas, mi halus, dan berbagai isian seperti daging ayam, kaldu, sayuran, dan berbagai perisa tambahan. Perkedel, sate, dan nori pun sering dijadikan toping untuk menambah cita rasa Ramen. Salah satu tempat yang bisa Anda kunjungi untuk mencoba Ramen adalah Ippudo yang populer di seluruh Jepang.

4. Okonomiyaki

Okonomiyaki

Okonomiyaki dapat diartikan sebagai ‘pancake Jepang’ yang terkenal di Osaka. Makanan ini terdiri dari mi, kol, daging apa saja, udang, dan telur serta dengan pilihan tambahan seperti keju. Makanan ini biasanya diolah di atas plat yang datar dan diberi saus khusus, mayonnaise, serta remasan nori dan bonito flakes. Bagi pecinta kuliner, Okonomiyaki tentu wajib dicoba.

5. Tempura

Tempura

Tempura merupakan makanan khas Jepang berupa makanan goreng tepung yang dibekukan sebelum digoreng hingga garing. Bahan-bahan yang cocok untuk dibuat Tempura antara lain ikan, udang, sayuran, dan bahkan buah-buahan. Tempura dicicipi dengan saus khusus dan dimakan dengan nasi atau soba. Kombinasi antara rasa minyak krispi dan gurihnya Tempura akan membuat Anda ketagihan.

Nah, itu dia lima kuliner Jepang yang perlu Anda coba ketika berkunjung ke Jepang. Selain itu, tentunya masih banyak kuliner khas lainnya, sehingga Anda dapat merencanakan liburan yang berkesan dan berbeda dengan mencicipi berbagai kuliner Jepang yang sedap dan unik.

Tempat Wisata yang Wajib Dikunjungi di Jepang


Tempat Wisata yang Wajib Dikunjungi di Jepang

Jepang adalah negara yang memiliki budaya yang berbeda dan memiliki banyak lokasi wisata yang patut dikunjungi. Negara ini memiliki kemajuan teknologi yang sangat pesat, bahkan terdepan di seluruh dunia. Namun, pada saat yang sama, mereka juga sangat menjaga warisan budaya dan berusaha membalancekan antara modernisasi dan tradisi.

Di negara ini, setiap kota memiliki cerita dan ciri khasnya masing-masing. Pelajari dan temukan tempat-tempat menakjubkan yang bisa kamu kunjungi saat berkunjung ke negara Sakura ini.

1. Kuil Fushimi Inari


Kuil Fushimi Inari

Kuil Fushimi Inari adalah kuil kuno suci yang indah dan terletak di Kawaramachi, Kyoto. Kuil ini terkenal dengan ribuan gerbang torii merah yang menari-nari membentuk lorong-lorong yang menakjubkan. Di dalam kuil, terdapat taman yang hijau dan sangat cocok untuk berjalan-jalan santai, mengambil foto, dan menikmati pemandangan.

2. Miyajima


Miyajima

Miyajima adalah pulau kecil yang terletak di Hatsukaichi, Prefektur Hiroshima. Pulau ini terkenal dengan gerbang torii gading besar di air dan merupakan salah satu dari tiga pemandangan terbaik di Jepang. Selain itu, di pulau ini juga terdapat kuil Itsukushima, yang dianggap sebagai salah satu Kuil Tiga Besar di Jepang. Pulau ini juga terkenal dengan makanan khasnya yaitu kue beras yang disebut momiji manju.

3. Universal Studios Japan


Universal Studios Japan

Jika kamu mencari taman bermain yang menyenangkan, maka Universal Studios Japan harus masuk dalam daftar kunjungan kamu di Jepang. Terletak di Osaka, taman hiburan ini memiliki berbagai wahana menyenangkan, seperti menonton atraksi Harry Potter, Roller Coaster Hollywood Dream, atau bertemu dengan tokoh-tokoh seperti Minion, Elmo, atau Snoopy. Tidak hanya atraksi, tapi kamu juga bisa memilih berbagai restoran yang menyajikan makanan khas Jepang dan internasional.

Taman ini dikenal ramai pada musim liburan, sehingga disarankan untuk membeli tiket sebelumnya untuk menghindari antrian panjang.

4. Tokyo Metropolitan Government Building


Tokyo Metropolitan Government Building

Bangunan Pemerintah Kota Tokyo adalah landmark kota Tokyo. Bangunan bergaya modern ini terletak di Shinjuku dan menjadi salah satu tempat wisata populer di Jepang. Terdapat observatorium di lantai 45 dengan pemandangan yang menakjubkan di malam hari. Pengunjung dapat menikmati pemandangan kota dengan gratis.

Dalam bangunan ini terdapat pusat informasi wisata, beragam toko souvenir, dan kafe.

5. Jembatan Ritsurin


Jembatan Ritsurin

Jembatan Ritsurin terletak di Taman Ritsurin di Prefektur Kagawa. Jembatan ini merupakan konstruksi yang indah dan terkenal dengan pemandangan bunga merah yang mekar di sekitarnya. Taman Ritsurin merupakan taman paling indah di Jepang dengan bunga sakura dan tempat piknik, banyak kedai makan dan minum serta lokasi berfotografi yang indah.

Itulah 5 tempat wisata yang wajib dikunjungi di Jepang. Selain tempat-tempat di atas, masih banyak tempat lain yang indah untuk dieksplorasi seperti Gunung Fuji, Istana Himeji, dan Suizen-ji Jojuen di Kumamoto.

Kunjungan ke Jepang akan menjadi pengalaman yang tak terlupakan dan akan membuatmu ingin mengunjungi kembali. Jangan lupa untuk membawa kamera dan mencoba makanan lokal di setiap kota yang kamu kunjungi.

1. Shodo: Seni Tulis Jepang yang Menakjubkan


Shodo Jepang

Shodo adalah seni tulis tradisional Jepang yang mirip dengan kaligrafi. Teknik ini biasanya dilakukan dengan menggunakan tinta hitam dan kuas tebal. Seniman shodo melukis unsur-unsur alam seperti pohon, bunga, dan mata air pada kertas dengan gerakan yang penuh aliran.

2. Origami: Seni Melipat Kertas Jepang yang Terkenal


Origami Jepang

Origami adalah seni melipat kertas tradisional Jepang yang telah menjadi populer di seluruh dunia. Dengan hanya menggunakan selembar kertas dan teknik lipat yang tepat, seorang seniman origami dapat membuat benda-benda yang rumit seperti binatang, bunga, dan benda-benda lainnya. Seniman origami juga menggabungkan warna dan tekstur kertas untuk membuat karya yang lebih menarik dan rumit.

3. Kabuki: Seni Pertunjukan Jepang yang Terkenal


Kabuki Jepang

Kabuki merupakan jenis teater Jepang yang sangat terkenal karena kostum dan tata panggungnya yang rumit. Para aktor kabuki memakai make-up untuk menonjolkan ekspresi wajah yang dramatis. Naskah kabuki berkisah tentang sejarah dan legenda Jepang yang dibawakan dalam gaya yang dramatis dan enak dipandang.

Ikebana: Seni Merangkai Bunga Jepang yang Menenangkan


Ikebana Jepang

Ikebana adalah seni merangkai bunga tradisional Jepang yang melibatkan mengatur bunga dan tanaman dengan cara yang menenangkan hati dan menyegarkan mata. Seniman ikebana mengutamakan keindahan alam dan mengutamakan kebersihan dan ketertiban sehingga ciptaannya masih dapat terus bertahan dalam jangka waktu yang lama. Ikebana telah menjadi tradisi populer dalam upacara pernikahan dan di meja makan orang-orang Jepang.

Sekarang, Ikebana pun menjadi teknik terapi yang dapat membantu meredakan stres dan meningkatkan kesejahteraan jiwa

Tanda-tanda Sosial yang Harus Dipahami saat Berada di Jepang


Tanda-tanda Sosial yang Harus Dipahami saat Berada di Jepang

Jepang merupakan negara yang mempunyai aturan dan adab yang berbeda dari negara kita. Oleh karena itu, sangat penting untuk mempelajari tanda-tanda sosial yang harus diikuti saat berada di Jepang, terutama jika Anda berencana untuk tinggal atau berlibur di sana.

1. Antri dengan Rapi


Antri dengan Rapi

Jepang terkenal dengan kebiasaannya mengantri dengan rapi. Mereka mengantri untuk memasuki tempat-tempat keramaian seperti kereta api, toko-toko, taman hiburan, dan acara-acara olahraga. Sebagai wisatawan, kamu harus mematuhi norma ini dengan baik. Sangat penting untuk mengambil tempat di antrian yang sudah ada dan menunggu giliranmu. Jangan pernah berusaha memotong antrian, karena bisa menimbulkan ketidaknyamanan dan ketidaknyamanan bagi orang di sekitarnya.

2. Batalkan Telepon Kamu Dalam Situasi Berikut


Batalkan Telepon Kamu Dalam Situasi Berikut

Selain menghormati orang yang ada di sekitarmu, Kamu juga harus memakai bait yang sopan selama berbicara di telepon. Batalkan telepon selama situasi berikut:
1. Di kereta api,
2. di restoran, kafe atau toko-toko kecil, dan
3. saat ada pertunjukan atau acara yang sedang berlangsung.

3. Ganti Sepatu Anda Sebelum Memasuki Rumah


Ganti Sepatu Anda Sebelum Memasuki Rumah

Saat berkunjung ke rumah teman atau kerabat Jepang, Anda harus melepas sepatu terlebih dahulu sebelum memasuki rumah tersebut. Sediaan di rak depan atau selipar tersedia untukmu. Kamu akan melihat ruang tatami di lantai dan sofa, gunakanlah sandal atau selipar di ruangan tersebut, dan hindari menginjak tatami dengan sepatumu.

4. Jawab Salam dengan Hormat


Jawab Salam dengan Hormat

Di Jepang, dimulai dengan salam adalah hal yang penting dalam bertemu dengan orang baru. Jawablah dengan hormat dengan menundukkan kepala di depan orang yang menyapamu. Hal yang sama berlaku saat kamu meninggalkan seseorang. Selain itu, jangan lupa untuk memanggil orang tua Jepang dengan sebutan san setelah nama mereka. Hal ini menandakan bahwa kamu menghormati mereka.

5. Menyelesaikan Makanan Kamu


Menyelesaikan Makanan Kamu

Di Jepang, menyelesaikan makananmu sama saja dengan menghormati koki dan petani yang telah memproduksi bahan makanan. Hindari meninggalkan sisa makanan di piring kamu jika tidak ingin dinilai kurang sopan dan kurang berterima kasih. Karena makanan dibuat dengan hati dan pikiran, sedikit saja yang kamu tinggalkan akan dianggap sebagai penghinaan.

Dalam mengunjungi Jepang, kamu harus selalu memperhatikan adat dan tata cara setempat. Perilaku yang sopan dan menghargai orang lain akan membuatmu merasa lebih nyaman saat mengunjungi Jepang. Semoga informasi ini bermanfaat untuk pengalamanmu selama di Jepang.

Iklan