Pengenalan Angka Jepang Hiragana 1-10


Angka Jepang Hiragana 1-10

Angka Jepang Hiragana adalah salah satu dari tiga jenis karakter yang digunakan di Jepang untuk menulis. Sama seperti aksara Hiragana lainnya, angka-angka Jepang Hiragana terdiri dari 46 huruf yang merepresentasikan bunyi fonetik tertentu. Mampu membaca angka Jepang Hiragana akan membantu pemula untuk memahami sistem penulisan angka di Jepang dan membantu mereka untuk berbicara dalam bahasa Jepang.

Angka-angka Jepang Hiragana pertama yang harus dipelajari adalah 1-10 karena angka-angka tersebut adalah dasar dari sistem penulisan angka Jepang. Berikut adalah pengenalan angka Jepang Hiragana 1-10 beserta caranya menulis dan membacanya.

1. いち (Ichi)

Ichi merupakan angka 1 dalam bahasa Jepang Hiragana. Untuk menulis angka 1 dalam Jepang Hiragana, kamu hanya perlu menggambar sebuah garis lurus dari atas ke bawah seperti ini: 「一」. Untuk membacanya, kamu cukup mengucapkannya 「いち」.

2. に (Ni)

Ni merupakan angka 2 dalam bahasa Jepang Hiragana. Untuk menulis angka 2 dalam Jepang Hiragana, kamu hanya perlu menggambar garis melengkung yang mirip dengan cust kiri bawah seperti ini: 「二」. Untuk membacanya, kamu cukup mengucapkannya 「に」.

3. さん (San)

San merupakan angka 3 dalam bahasa Jepang Hiragana. Untuk menulis angka 3 dalam Jepang Hiragana, kamu harus menggambar tiga garis horizontal seperti ini: 「三」. Untuk membacanya, kamu cukup mengucapkannya 「さん」.

4. し (Shi)

Shi merupakan angka 4 dalam bahasa Jepang Hiragana. Untuk menulis angka 4 dalam Jepang Hiragana, kamu harus menggambar garis horizontal dari kiri ke kanan, diikuti dengan garis tegak di tengah dan garis horizontal lagi di sisi kanan seperti ini: 「四」. Namun, angka 4 seringkali dihindari dalam bahasa Jepang karena pelafalannya yang mirip dengan kata “mati” dalam bahasa Jepang. Oleh sebab itu, angka 4 sering digantikan dengan kata “yon” yang merupakan pengucapan alternatif. Untuk membacanya, kamu cukup mengucapkannya 「し」atau「よん」.

5. ご (Go)

Go merupakan angka 5 dalam bahasa Jepang Hiragana. Untuk menulis angka 5 dalam Jepang Hiragana, kamu hanya perlu menggambar garis horizontal diatas, tikungan ke bawah dan garis vertikal seperti ini: 「五」. Untuk membacanya, kamu cukup mengucapkannya 「ご」.

6. ろく (Roku)

Roku merupakan angka 6 dalam bahasa Jepang Hiragana. Untuk menulis angka 6 dalam Jepang Hiragana, kamu harus menggambar dua garis horizontal di atas sebuah garis vertikal seperti ini: 「六」. Untuk membacanya, kamu cukup mengucapkannya 「ろく」.

7. しち (Shichi)

Shichi merupakan angka 7 dalam bahasa Jepang Hiragana. Untuk menulis angka 7 dalam Jepang Hiragana, kamu harus menggambar sebuah garis horizontal yang diikuti dengan garis vertikal dari ujung kanan bawah ke atas seperti ini: 「七」. Untuk membacanya, kamu cukup mengucapkannya 「しち」.

8. はち (Hachi)

Hachi merupakan angka 8 dalam bahasa Jepang Hiragana. Untuk menulis angka 8 dalam Jepang Hiragana, kamu harus menggambar dua garis horizontal yang menggantung di atas sebuah garis vertikal seperti ini: 「八」. Untuk membacanya, kamu cukup mengucapkannya 「はち」.

9. きゅう (Kyuu)

Kyuu merupakan angka 9 dalam bahasa Jepang Hiragana. Untuk menulis angka 9 dalam Jepang Hiragana, kamu harus menggambar dua garis horizontal melintang di atas sebuah garis vertikal lurus seperti ini: 「九」. Untuk membacanya, kamu cukup mengucapkannya 「きゅう」.

10. じゅう (Ju)

Ju merupakan angka 10 dalam bahasa Jepang Hiragana. Untuk menulis angka 10 dalam Jepang Hiragana, kamu hanya perlu menggambar sebuah garis horizontal di atas sebuah garis vertical seperti ini: 「十」. Untuk membacanya, kamu cukup mengucapkannya 「じゅう」.

Demikianlah pengenalan angka Jepang Hiragana 1-10. Pastikan kamu sering berlatih menulis dan membacanya agar semakin mahir berbahasa Jepang. Pelajari angka-angka Jepang Hiragana selanjutnya untuk semakin memperdalam kemampuan bahasa Jepangmu.

Belajar Mengenal Angka Jepang Hiragana 11-20


Belajar Mengenal Angka Jepang Hiragana 11-20

Jika kamu sudah menguasai angka-angka jepang huruf hiragana dari 1 sampai 10, maka saatnya kamu belajar mengenal angka-angka jepang huruf hiragana dari 11 sampai 20. Angka-angka dari 11 sampai 20 dalam bahasa Jepang diucapkan dengan menggabungkan dua kata, yaitu angka untuk puluh dan angka untuk satuan. Karena itu, untuk memahaminya, kamu hanya perlu menguasai kata-kata angka hiragana 10 dan kata-kata angka hiragana 1-9 yang sudah kamu pelajari sebelumnya.

11: 十一 (juuichi)

Kata 十 (juu) berarti sepuluh sedangkan kata 一 (ichi) berarti satu. Dalam penulisan huruf hiragana, kata itu ditulis sebagai juuichi. Bacanya menjadi ju-ichi. Di sini kamu menggunakan kata 十 (juu) berarti sepuluh dan kata いち (ichi) untuk satu. Jadi 都 (juu) + 一 (ichi) = 十一 (juuichi). Jika ingin mengingat dengan mudah, coba gunakan angka 10 dan 1 saja, kemudian satukan menjadi 11.

12: 十二 (juuni)

Kata 十 (juu) kembali berarti sepuluh, namun kata 二 (ni) berarti dua. Dalam penulisan huruf hiragana, kata itu tersusun menjadi juuni. Bacanya menjadi ju-ni. Karena kali ini kamu menggunakan kata 知 (ni) untuk dua, maka 都 (juu) + 二 (ni) = 十二 (juuni).

13: 十三 (juusan)

Kata 十 (juu) kembali berarti sepuluh, sedangkan kata 三 (san) berarti tiga. Dalam penulisan huruf hiragana, kata itu tersusun menjadi juusan. Bacanya menjadi ju-san. Kali ini kamu menggunakan kata 三 (san) untuk tiga. Jadi 都 (juu) + 三 (san) = 十三 (juusan).

14: 十四 (juuyon)

Kata 十 (juu) berarti sepuluh dan kata 四 (yon) berarti empat. Dalam penulisan huruf hiragana, kata itu ditulis sebagai juuyon. Bacanya menjadi juu-yon. Ada istilah dalam budaya Jepang yaitu konon kata 四 (yon) sering dikaitkan dengan kepercayaan Jepang. Oleh karena itu, dalam beberapa tempat pada hotel dan gedung tertentu, angka 4 sering diganti dengan angka lain supaya tidak menimbulkan kesalahpahaman. Kali ini 知 (yon) + 都 (juu) = 十四 (juuyon).

15: 十五 (juugo)

Kata 十 (juu) kembali berarti sepuluh, sedangkan kata 五 (go) berarti lima. Dalam penulisan huruf hiragana, kata itu ditulis menjadi juugo. Bacanya menjadi juu-go. Kali ini kamu menggunakan kata 五 (go) untuk lima. Jadi 都 (juu) + 五 (go) = 十五 (juugo).

16: 十六 (juuroku)

Kata 十 (juu) berarti sepuluh dan kata 六 (roku) berarti enam. Dalam penulis an huruf hiragana, kata itu memberikan bentukan juuroku. Bacanya menjadi juu-roku. Kali ini kamu membutuhkan kata 六 (roku) untuk angka enam. Jadi 都 (juu) + 六 (roku) = 十六 (juuroku).

17: 十七 (juushichi)

Kata 十 (juu) berarti sepuluh dan kata 七 (shichi) berarti tujuh. Dalam penulisan huruf hiragana, kata itu tersusun menjadi juushichi. Bacanya menjadi juu-shichi. Kali ini kamu membutuhkan kata 七 (shichi) untuk angka tujuh. Jadi 都 (juu) + 七 (shichi) = 十七 (juushichi).

18: 十八 (juuhachi)

Kata 十 (juu) berarti sepuluh dan kata 八 (hachi) berarti delapan. Dalam penulisan huruf hiragana, kata itu ditulis menjadi juuhachi. Bacanya menjadi juu-hachi. Kali ini kamu menggunakan kata 八 (hachi) untuk angka delapan. Jadi 都 (juu) + 八 (hachi) = 十八 (juuhachi).

19: 十九 (juuku)

Kata 十 (juu) berarti sepuluh dan kata 九 (ku) berarti sembilan. Dalam penulisan huruf hiragana, kata itu memberikan bentukan juuku. Bacanya menjadi juu-ku. Kali ini kamu menggunakan kata 九 (ku) untuk angka sembilan. Jadi 都 (juu) + 九 (ku) = 十九 (juuku).

20: 二十 (niju)

Kata 二 (ni) kembali digunakan untuk dua dan kata 十 (juu) berarti sepuluh. Dalam penulisan huruf hiragana, kata itu ditulis menjadi niju. Bacanya menjadi ni-ju. Kali ini kamu menggunakan kata 十 (juu) untuk sepuluh dan kata 二 (ni) untuk dua. Jadi 十 (juu) + 二 (ni) = 二十 (niju).

Dengan menguasai angka-angka hiragana Jepang dari 11 sampai 20, kamu sekarang memiliki dasar yang kuat untuk melanjutkan belajar mengenal angka-angka jepang lainnya dengan lebih mudah. Inti dari menguasai bahasa Jepang terletak pada konsistensinya dan lebih banyak kamu melatih diri sendiri dalam pemahaman dan pengucapan, akan semakin mudah kamu menguasainya.

Pemahaman Angka Jepang Hiragana 21-50


Angka Jepang Hiragana 21-50

Sebelumnya, kita sudah membahas angka Jepang hiragana dari 1 sampai 20. Sekarang, mari kita perluas lagi pemahaman kita dengan mempelajari angka Jepang hiragana dari 21 sampai 50.

Angka Jepang Hiragana 21-30

Angka Jepang Hiragana 21-30

Angka Jepang hiragana yang digunakan pada rentang angka 21 sampai 30 dimulai dengan mengucapkan “ni juu” yang artinya dua puluh. Kemudian, tambahkan angka yang sesuai dengan yang Anda butuhkan.

Contoh: 21 ditulis sebagai “ni juu ichi”, 23 ditulis sebagai “ni juu san”, dan seterusnya hingga 30 yang ditulis sebagai “san juu”.

Angka Jepang Hiragana 31-40

Angka Jepang Hiragana 31-40

Pada rentang angka 31 sampai 40, bentuk “ni juu” masih digunakan sebagai awalan, diikuti oleh angka satuan. Namun, dalam hal ini, untuk angka dua diberi pembacaan “ni”.

Contoh: 31 ditulis sebagai “san juu ichi”, 32 ditulis sebagai “san juu ni”, dan seterusnya hingga 40 yang ditulis sebagai “yon juu”.

Angka Jepang Hiragana 41-50

Angka Jepang Hiragana 41-50

Sekarang kita harus ingat lagi cara membaca angka dasar seperti “yon” dan “shi”. Hal ini karena pada urutan angka 41 sampai 49, pembacaan “yon” diganti dengan “shi”.

Contoh: 41 ditulis sebagai “yon juu ichi” atau “shi juu ichi”, 42 ditulis sebagai “yon juu ni” atau “shi juu ni”, dan seterusnya hingga 50 yang ditulis sebagai “go juu”.

Ingatlah untuk tidak terlalu stres dalam mempelajari angka Jepang hiragana. Semua bisa dipelajari dengan perlahan, dan jika Anda terus berlatih, maka pasti akan menguasainya. Selamat belajar!

Menghafal Angka Jepang Hiragana 51-100


Menghafal Angka Jepang Hiragana 51-100

Setelah menguasai angka Jepang Hiragana dari 1-50, saatnya melanjutkan dengan angka 51-100. Di dalam pembelajaran bahasa Jepang, penting sekali untuk menguasai angka-angka karena sering digunakan dalam percakapan sehari-hari. Di sini, kami akan memberikan cara menghafal angka Jepang Hiragana 51-100 dengan mudah.

Memahami Pola Dasar

Sebenarnya untuk menghafal angka Jepang Hiragana dari 51-100 cukup mudah, karena setiap puluhan angka memiliki pola dasar. Jika kamu sudah menguasai pola dasar, maka angka-angka tersebut akan mudah diingat.

Contohnya, “Jyuu” yang berarti sepuluh, pada angka 20 akan ditulis sebagai “Nijyuu”, sedangkan angka 80 ditulis sebagai “Hachijyuu”. Jadi, pola dasar adalah menambahkan kata “jyuu” setelah angka puluhan, seperti 20, 30, 40, 50, 60, 70, 80 dan 90.

Selain itu, untuk menulis angka 100, kita menambahkan kata “hyaku” setelah angka ratusan. Artinya, angka 100 dapat diwakili oleh “Hyaku”.

Menghafal Angka Jepang Hiragana 51-59

Berikut ini angka-angka Jepang Hiragana dalam rentang 51-59:

51: ごじゅういち (gojyuui-chi)

52: ごじゅうに (gojyuuni)

53: ごじゅうさん (gojyuusan)

54: ごじゅうよん (gojyuu-yon)

55: ごじゅうご (gojyuugo)

56: ごじゅうろく (gojyuuroku)

57: ごじゅうなな (gojyuu-nana)

58: ごじゅうはち (gojyuuhachi)

59: ごじゅうく (gojyuu-ku)

Untuk menghafal angka-angka tersebut, kamu dapat mencari kata kunci dan melafalkannya sebanyak mungkin. Misalnya, untuk angka 51, kamu dapat menghubungkannya dengan “go” yang artinya lima dan “jyuuichi” yang berarti sebelas. Dengan begitu, kamu akan lebih mudah mengingatnya.

Menghafal Angka Jepang Hiragana 60-69

Berikut ini angka-angka Jepang Hiragana dalam rentang 60-69:

60: ろくじゅう (roku-jyuu)

61: ろくじゅういち (roku-jyuuichi)

62: ろくじゅうに (roku-jyuuni)

63: ろくじゅうさん (roku-jyuusan)

64: ろくじゅうよん (roku-jyuu-yon)

65: ろくじゅうご (roku-jyuu-go)

66: ろくじゅうろく (roku-jyuuroku)

67: ろくじゅうなな (roku-jyuu-nana)

68: ろくじゅうはち (roku-jyuu-hachi)

69: ろくじゅうく (roku-jyuu-ku)

Kamu bisa mencari kunci kata “roku” yang artinya enam untuk mengingat angka-angka tersebut. Dengan pola dasar yang sama, cukup tambahkan kata “jyuu” setelah angka puluhan.

Menghafal Angka Jepang Hiragana 70-79

Berikut ini angka-angka Jepang Hiragana dalam rentang 70-79:

70: ななじゅう (nana-jyuu)

71: ななじゅういち (nana-jyuuichi)

72: ななじゅうに (nana-jyuuni)

73: ななじゅうさん (nana-jyuusan)

74: ななじゅうよん (nana-jyuu-yon)

75: ななじゅうご (nana-jyuu-go)

76: ななじゅうろく (nana-jyuu-roku)

77: ななじゅうなな (nana-jyuu-nana)

78: ななじゅうはち (nana-jyuu-hachi)

79: ななじゅうく (nana-jyuu-ku)

Dalam rentang angka 70-79 kita menggunakan kata “nana” yang artinya tujuh sebagai kata kunci. Kamu bisa menggabungkan angka-angka tersebut dengan kunci kata tersebut. Misalnya, untuk mengingat angka 70, kamu bisa berpikir “nana” untuk tujuh ditambah dengan jyuu untuk sepuluh.

Menghafal Angka Jepang Hiragana 80-89

Berikut ini angka-angka Jepang Hiragana dalam rentang 80-89:

80: はちじゅう (hachi-jyuu)

81: はちじゅういち (hachi-jyuu-ichi)

82: はちじゅうに (hachi-jyuu-ni)

83: はちじゅうさん (hachi-jyuu-san)

84: はちじゅうよん (hachi-jyuu-yon)

85: はちじゅうご (hachi-jyuu-go)

86: はちじゅうろく (hachi-jyuu-roku)

87: はちじゅうなな (hachi-jyuu-nana)

88: はちじゅうはち (hachi-jyuu-hachi)

89: はちじゅうく (hachi-jyuu-ku)

Dalam rentang angka 80-89, kunci kata yang bisa kamu gunakan adalah “hachi” yang artinya delapan. Kamu bisa menggabungkan kata tersebut dengan kata “jyuu” untuk menghafal angka-angka tersebut. Misalnya, untuk mengingat angka 80, kamu bisa menghubungkan angka delapan dengan puluhan untuk membentuk “hachi-jyu”.

Menghafal Angka Jepang Hiragana 90-100

Berikut ini angka-angka Jepang Hiragana dalam rentang 90-100:

90: きゅうじゅう (kyuu-jyuu)

91: きゅうじゅういち (kyuu-jyuu-ichi)

92: きゅうじゅうに (kyuu-jyuu-ni)

93: きゅうじゅうさん (kyuu-jyuu-san)

94: きゅうじゅうよん (kyuu-jyuu-yon)

95: きゅうじゅうご (kyuu-jyuu-go)

96: きゅうじゅうろく (kyuu-jyuu-roku)

97: きゅうじゅうなな (kyuu-jyuu-nana)

98: きゅうじゅうはち (kyuu-jyuu-hachi)

99: きゅうじゅうく (kyuu-jyuu-ku)

100: ひゃく (hyaku)

Untuk menghafal angka-angka dari 90-100, kata kuncinya adalah “kyuu” yang artinya sembilan. Kamu bisa mencari kunci kata tersebut dan menghubungkannya dengan kata “jyuu” untuk angka puluhan dan “hyaku” untuk angka seratus. Misalnya, untuk mengingat angka 90 kamu bisa menghubungkan dengan “kyuu-jyuu” dan untuk angka seratus dengan “hyaku”.

Dengan pola dasar dan mengingat kunci kata, kamu dapat dengan mudah menghafal angka-angka Jepang Hiragana dari 51-100. Latihan terus dan jangan lupa untuk mengucapkannya dengan benar dalam percakapan bahasa Jepang!

Cara Menggunakan Angka Jepang Hiragana dalam Kehidupan Sehari-hari


Angka Jepang Hiragana 1-100

Seperti yang kita ketahui, bahasa Jepang memiliki karakter atau tulisan yang berbeda dari tulisan bahasa Indonesia. Selain karakter Hiragana dan karakter Katakana, bahasa Jepang juga memiliki karakter angka Hiragana yang sering digunakan di kehidupan sehari-hari. Di Indonesia, angka Jepang Hiragana masih belum banyak diketahui, meski sebenarnya juga diperlukan ketika berinteraksi dengan orang Jepang. Berikut ini adalah cara menggunakan angka Jepang Hiragana dalam kehidupan sehari-hari.

1. Membaca angka Jepang Hiragana dalam bahasa Jepang

Membaca angka Jepang Hiragana dalam bahasa Jepang

Angka Jepang Hiragana dibaca dengan menggunakan bahasa Jepang, tanpa ada angka yang berubah-ubah pada saat diucapkan. Misalnya, angka 1 diucapkan “ichi”, angka 2 diucapkan “ni”, dan seterusnya.

2. Menulis angka Jepang Hiragana

Menulis angka Jepang Hiragana

Menulis angka Jepang Hiragana memang terlihat lebih rumit dibandingkan dengan menulis angka Arab. Oleh karena itu, membutuhkan latihan yang cukup untuk dapat menulis dengan benar. Ada sekitar 15 karakter angka Jepang Hiragana, mulai dari 1 sampai 100. Jika kita ingin berlatih menulis angka Jepang Hiragana, kita bisa mencari gambar atau video tutorial yang bisa membantu kita.

3. Mengucapkan jumlah uang dalam bahasa Jepang

Mengucapkan jumlah uang dalam bahasa Jepang

Saat berbelanja di Jepang, kita perlu mengucapkan jumlah uang yang ingin kita bayar. Untuk mengucapkan jumlah uang dalam bahasa Jepang, kita perlu menggunakan karakter angka Jepang Hiragana. Misalnya, jika kita ingin membayar 1.000 yen, kita bisa mengucapkannya sebagai “sen yen”.

4. Memahami angka pada dokumen resmi

Memahami angka pada dokumen resmi

Di Jepang, angka Jepang Hiragana digunakan dalam dokumen resmi seperti surat kelahiran, surat nikah, dan lain-lain. Karena itu, jika kita ingin memahami dokumen-dokumen resmi dari Jepang, kita perlu mengetahui karakter angka Jepang Hiragana.

5. Berbicara dengan orang Jepang

Berbicara dengan orang Jepang

Jika kita ingin berkomunikasi dengan orang Jepang, kita juga perlu mengetahui angka Jepang Hiragana. Misalnya, jika kita ingin memesan makanan dan minuman di restoran Jepang, kita perlu mengetahui beberapa kata seperti angka, jenis makanan, dan minuman yang ingin dipesan. Dengan cara ini, kita bisa berbicara dengan lancar dan lebih mudah dipahami oleh orang Jepang.

Kita bisa mempelajari cara menggunakan angka Jepang Hiragana dengan lebih mudah melalui beberapa media seperti buku, video tutorial, atau dapat bergabung dengan komunitas penggemar bahasa Jepang. Hal ini akan memudahkan kita dalam memahami dan menggunakan bahasa Jepang dalam kehidupan sehari-hari. Jadi, yuk belajar angka Jepang Hiragana!

Iklan