Perbedaan LED dan LCD TV Sebelum Membeli Baru

 

PERBEDAAN LED DAN LCD TV – Kualitas TV berkembang seiring waktu dan teknologi. Jika dulu menggunakan TV tabung, kemudian mengubahnya menjadi TV LCD dengan gambar yang lebih tajam dan cerah, kini ada TV LED yang sepertinya memiliki teknologi yang lebih canggih. Sekilas TV LCD dan TV LED memiliki tampilan yang sama, namun sepertinya ada 5 perbedaan yang perlu Anda perhatikan.

Perbedaan LED dan LCD TV Yang Wajib Kamu Tahu

Meski sama-sama memiliki layar tipis, namun ada perbedaan signifikan antara TV LED dan LCD. Perbedaannya mulai dari ketebalan layar, konsumsi listrik, hingga daya tahan. Baca detailnya di artikel berikut ini!

Ketebalan layar

Jika diperhatikan, TV LCD dan TV LED sama-sama tipis. Namun jika ditelisik lebih jauh, layar pada TV LED sebenarnya lebih tipis dibanding TV LCD. Ini karena materi LED di TV. Dibandingkan LCD, bahan LED lebih tipis karena bahan dasarnya adalah cairan yang membutuhkan banyak ruang. Pada akhirnya, inilah yang membuat wadah cairan berbeda.

Konsumsi listrik

Dibandingkan TV tabung, TV LCD, dan TV LED ternyata lebih irit dari segi konsumsi listrik. Ini karena menggunakan layar tabung di TV membutuhkan banyak listrik. Sedangkan TV LCD pada dasarnya menggunakan material liquid crystal display dan TV LED menggunakan light emitting diode. Perlu diketahui, kedua material ini hanya membutuhkan sedikit listrik.

Namun jika dibandingkan dengan LCD TV dengan LED TV ternyata TV LED masih lebih irit. Energi listrik yang digunakan oleh TV LED berkisar 20-30 persen. Misal, jika TV LCD memiliki daya 100 watt, maka TV LED hanya akan menggunakan daya 30-50 watt.

Back Lightning Technology

Teknologi lampu latar atau lampu latar adalah perbedaan utama antara TV LCD dan TV LED. Lampu Cold Cathode Fluorescent (CCFL) menerangi TV LCD, sedangkan TV LED menggunakan Light Emiting Diodes (LED). Seperti yang disebutkan sebelumnya, inilah yang membuat daya LED rendah.

Teknologi CCFL di TV LCD memungkinkan Anda memilih jutaan warna dari lampu latar. Kemudian teknologi LED pada TV LED memiliki sistem peredupan backlight yang berguna untuk memperkuat kontras, sehingga mempengaruhi ketajaman gambar.Sekadar informasi, lampu latar dengan TV LED cenderung bertahan lebih lama.

Tingkat kecerahan

Coba sejajarkan layar pada TV LCD dan TV LED. TV LED bisa dikatakan menang lagi. Untuk masalah tingkat kontras, TV LED memiliki tingkat kontras yang lebih tinggi karena didukung oleh teknologi LED itu sendiri. Lampu pada TV LED juga memiliki variasi warna yang kompleks dan gambar di layar terlihat lebih bersih dan jernih.

Daya tahan

Daya tahan juga menjadi salah satu perbedaan antara kedua TV ini. Dapat disimpulkan bahwa TV LED memiliki kemampuan bekerja lebih lama dibandingkan TV LCD. Lagi-lagi, Teknologi LED Flash yang tidak membutuhkan konsumsi listrik yang besar menjadi keunggulannya.

Dengan catu daya yang kecil, TV LED juga cenderung tahan lama dan menjadi “lebih dingin”. Sayangnya jika LED TV rusak sulit untuk diperbaiki karena sparepart yang cukup mahal.

Jika Anda tertarik untuk membeli TV, mungkin TV LED bisa menjadi pilihan yang tepat. Meski harganya sedikit lebih mahal dibanding TV LCD, namun kualitasnya pasti sebanding dengan harganya. Benar-benar merasa puas dengan kepuasan Anda saat menontonnya.

Itu dia beberapa perbedaan LED dan LCD TV yang bisa kami bagikan. Sampai bertemu di artikel Tekno Mania berikutnya, semoga bermanfaat!

Baca juga:

Tutorial Lengkap Cara Menyambungkan HP ke TV 

Iklan