Apa itu Bahasa Inggris Bercanda?


Bahasa Inggris Bercanda Indonesia

Bahasa Inggris Bercanda–atau juga sering disebut dengan Bahasa Inggris Gaul–adalah bahasa Inggris yang digunakan dalam situasi santai dan candaan di Indonesia. Bahasa ini biasanya digunakan oleh remaja atau orang dewasa muda dalam aktivitas sehari-hari seperti chating atau obrolan di media sosial. Sedangkan di antara teman-teman, Bahasa Inggris Bercanda juga digunakan untuk mengekspresikan perasaan atau humor sesama.

Bahasa Inggris Bercanda sebenarnya sangat mirip dengan Bahasa Inggris umum. Namun, yang membedakan Bahasa Inggris Bercanda adalah penggunaan kata-kata atau frasa dalam bentuk singkatan atau kependekan. Di samping itu, Bahasa Inggris Bercanda juga bisa menggunakan beberapa kata atau ungkapan dalam bahasa Indonesia yang dicampurkan dengan Bahasa Inggris.

Contohnya, dalam Bahasa Inggris Bercanda, kata “good” bisa diubah menjadi “gud” atau “god” dan “morning” bisa diubah menjadi “morn” atau “moning”. Selain itu, beberapa kata Bahasa Indonesia juga sering digunakan dalam Bahasa Inggris Bercanda, seperti “lah”, “kan”, atau “ya”.

Meskipun Bahasa Inggris Bercanda sering digunakan di kalangan remaja dan orang dewasa muda, namun masyarakat Indonesia yang lebih tua dan bahkan para turis yang berada di Indonesia bisa saja menggunakan bahasa ini. Seperti halnya Bahasa Inggris pada umumnya, Bahasa Inggris Bercanda juga menjadi penting karena dapat membantu dalam komunikasi dengan orang asing.

Namun, perlu diingat bahwa penggunaan Bahasa Inggris Bercanda sebaiknya disesuaikan dengan situasi dan tempat yang tepat. Misalnya, bahasa ini cocok digunakan dalam obrolan santai dengan teman-teman, bukan dalam situasi formal atau di tempat kerja.

Secara keseluruhan, penggunaan Bahasa Inggris Bercanda bisa membantu mempererat hubungan sosial dan memudahkan komunikasi dalam lingkungan santai. Namun, tetap perlu diingat untuk tidak menggunakan bahasa ini secara berlebihan atau dalam situasi yang tidak tepat.

Jenis-jenis Bahasa Inggris Bercanda


Bahasa Inggris Bercanda

Di Indonesia, Bahasa Inggris Bercanda atau yang juga dikenal dengan istilah Bahasa Gaul, kerap kali digunakan dalam percakapan sehari-hari antara remaja atau anak muda. Bahasa Inggris Bercanda bisa berupa kata-kata yang memiliki arti lain atau lebih biasa dipakai sebagai gurauan. Berikut adalah beberapa jenis Bahasa Inggris Bercanda yang sering digunakan:

1. Singkatan (Abbreviations)

Abbreviations

Bahkan di dalam Bahasa Inggris sendiri, singkatan atau Abbreviations sudah banyak digunakan misalnya LOL (“Laughing Out Loud”), ROFL (“Rolling On the Floor Laughing”), dan lain-lain. Begitu pun dalam Bahasa Inggris Bercanda di Indonesia. Beberapa singkatan yang biasanya digunakan antara lain OM (“Oom”), BG (“Begal”), ABG (“Anak Baru Gede”), DLL (“Dan Lain-Lain”), dan masih banyak lagi.

2. Kosa Kata yang Diucapkan Secara Terbalik (Backward Words)

Backward Words

Kosa kata yang diucapkan secara terbalik atau Backward Words bisa menjadi hal yang mudah dilakukan ketika kamu sedang bercanda. Beberapa kata yang sering dijadikan “terbalik” di antaranya adalah “Siht” (This), “Evol” (Love), “Pu” (Up), dan “Gnitirw” (Writing). Contohnya seperti kalimat “Siht si a bery vunny and cuyte tunafish” yang memiliki arti “This is a very funny and cute tunafish”

3. Terjemahan Langsung (Direct Translation)

Direct Translation

Terjemahan Langsung (Direct Translation) dilakukan ketika kamu mengartikan sebuah frasa dalam Bahasa Inggris secara literal tanpa memperhatikan makna di dalamnya. Beberapa contoh terjemahan langsung yang sering digunakan adalah “Matahari Tenggelam” (Sunset) atau “Jangan Sombong” (Don’t Be Arrogant). Namun, kamu harus tahu bahwa terjemahan langsung ini tidak selalu benar dan dianggap kurang sopan ketika berbicara dalam Bahasa Inggris.

4. Bahasa Campur (Code Mixing)

Code Mixing

Bahasa Campur atau Code Mixing adalah gabungan antara dua bahasa dalam satu kalimat seperti Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris. Kamu dapat menambahkan Bahasa Inggris dalam kalimat Bahasa Indonesia atau sebaliknya. Contohnya seperti kalimat “Aku lagi gak ada capenya nih, mau grabfood aja deh” yang bercampur antara Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris.

5. Bahasa Slang (Slang Language)

Slang Language

Bahasa Slang atau Slang Language biasanya digunakan ketika kita sedang berbicara dengan teman dekat dengan tujuan untuk meningkatkan keakraban. Beberapa kata bahasa slang yang sering digunakan di antaranya adalah “Kece” (Keren), “Gokil” (Gila Kali), “Puyeng” (Pusing), dan lain-lain.

Itulah beberapa jenis Bahasa Inggris Bercanda yang sering digunakan di Indonesia. Meskipun terlihat tidak formal, namun penting untuk kita juga tetap memperhatikan penggunaan Bahasa Inggris yang benar saat berbicara baik di lingkungan sosial maupun di dunia kerja.

Manfaat Bahasa Inggris Bercanda


Manfaat Bahasa Inggris Bercanda

Bahasa Inggris adalah bahasa internasional dan menjadi bahasa yang harus dikuasai pada era globalisasi ini. Namun, belajar bahasa Inggris tidak selalu harus membosankan, karena ada cara yang lebih menyenangkan untuk mempelajarinya, yaitu dengan bahasa Inggris bercanda. Bahasa Inggris bercanda adalah salah satu cara untuk belajar bahasa Inggris secara santai dan menyenangkan. Tidak sekedar mengasah kemampuan bahasa, bahasa Inggris bercanda memiliki manfaat lain yang tidak kalah pentingnya.

1. Meningkatkan Kemampuan Berbahasa Inggris


Meningkatkan Kemampuan Berbahasa Inggris

Belajar bahasa Inggris bercanda membantu meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris seseorang secara cepat dan efektif. Saat seseorang belajar bahasa Inggris bercanda, otak akan terstimulasi secara lebih aktif dalam mempelajari kosakata, kata-kata baru, dan kalimat-kalimat yang memancing tawa. Bahasa Inggris bercanda yang dipelajari akan mudah diingat dan diingat kembali di masa depan karena unsur keceriaan yang menyertainya.

2. Mengasah Kemampuan Humor


Mengasah Kemampuan Humor

Belajar bahasa Inggris bercanda juga dapat mengasah kemampuan humor seseorang. Dengan mengikuti percakapan yang humoris di dalam bahasa Inggris atau membaca joke dalam bahasa Inggris, seseorang akan mampu menangkap humor dalam bahasa tersebut dan memahami tren humor saat ini. Tingkatkan kemampuan humor Anda dengan mempelajari bahasa Inggris bercanda.

3. Membuka Peluang Pekerjaan


Membuka Peluang Pekerjaan

Belajar bahasa Inggris bercanda juga memiliki manfaat untuk membuka peluang pekerjaan. Dengan behasa Inggris yang baik, akan memudahkan seseorang berkomunikasi dengan orang asing dan melakukan pekerjaan yang membutuhkan kemampuan bahasa Inggris. Bahasa Inggris bercanda memudahkan seseorang untuk teracu dengan orang termasuk di bidang karir internasional.

4. Meningkatkan Kualitas Hidup


Meningkatkan Kualitas Hidup

Belajar bahasa Inggris bercanda juga dapat meningkatkan kualitas hidup seseorang. Penggunaan bahasa Inggris bercanda dapat membangun hubungan sosial dengan orang-orang yang memiliki hobi dan ketertarikan yang sama dalam berbahasa Inggris, mempermudah dalam traveling ke luar negeri, dapat memahami musik, film dan budaya asing tanpa terjemahan, dan mengembangkan kemampuan mentaati aturan dalam berbicara dalam bahasa Inggris.

Jadi, belajar bahasa Inggris bercanda bukan hanya sekedar kegiatan yang menyenangkan, tetapi memiliki banyak manfaat untuk meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris seseorang. Dengan belajar bahasa Inggris bercanda, seseorang dapat meningkatkan kemampuan berbahasa Inggrisnya secara efektif dan efisien, juga dapat membuka kesempatan pekerjaan internasional, serta menyegarkan pikiran dan meningkatkan kualitas hidup seseorang.

Tips Menggunakan Bahasa Inggris Bercanda dengan Tepat


bahasa inggris bercanda

Bicara bahasa Inggris dengan teman bisa jadi cara yang tepat untuk meningkatkan keterampilan bahasa Inggris kita, salah satunya adalah dengan menggunakan bahasa Inggris bercanda. Namun, yang harus Anda ingat adalah, semua itu tergantung pada situasi dan kenyamanan Anda dalam menggunakan bahasa tersebut. Berikut tips yang bisa membantu Anda untuk menggunakan bahasa Inggris bercanda dengan tepat.

Tahu Kapan Waktu dan Tempat yang Tepat


waktu dan tempat

Ketika berbicara dengan teman menggunakan bahasa Inggris bercanda, penting bagi Anda untuk mengetahui bahwa tidak semua situasi cocok untuk bercanda. Pastikan Anda memahami situasi dan waktu yang tepat untuk menggunakan bahasa Inggris bercanda. Hindari menggunakan bahasa Inggris bercanda pada saat yang kurang tepat atau pada saat Anda berbicara dengan orang yang tidak akrab dengan Anda.

Ketahui Level Bahasa Inggris yang Anda Miliki


level of english

Menjadi lucu dalam Bahasa Inggris bukanlah hal yang mudah, terutama jika Anda masih pemula dalam belajar Bahasa Inggris. Pastikan Anda tahu dan menguasai level bahasa Inggris Anda dan jangan berusaha terlalu keras untuk memaksakan diri Anda menggunakan bahasa Inggris bercanda. Hal yang perlu diingat adalah, tujuan Anda menggunakan bahasa Inggris bercanda adalah untuk mempercantik suasana, bukan untuk menyulitkan diri Anda sendiri.

Pelajari Kata-Kata yang Tepat


learn proper words

Untuk berbicara bahasa Inggris bercanda, Anda harus tahu kata-kata yang tepat untuk digunakan. Pelajari kata-kata yang cocok untuk dijadikan bahan obrolan atau lawakan dengan teman Anda. Dalam hal ini, Anda bisa belajar dari para komedian atau kartun yang berbahasa Inggris.

Selain itu, ketika Anda berbicara bahasa Inggris bercanda, jangan lupa untuk memperhatikan grammar dan pengucapan yang benar.

Bersikaplah Terbuka


be open-minded

Saat Anda berbicara bahasa Inggris bercanda, bersikaplah terbuka dan jangan canggung. Jangan merasa tertekan atau takut melakukan kesalahan. Ingatlah bahwa Anda berbicara bahasa Inggris untuk meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris Anda. Jika masih merasa canggung, mintalah bantuan dari teman atau guru bahasa Inggris Anda.

Bahasa Inggris bercanda bisa menjadi cara yang menyenangkan untuk meningkatkan kemampuan Bahasa Inggris Anda, namun tetap pastikan Anda memperhatikan situasi dan waktu yang tepat untuk menggunakannya. Jangan lupa untuk belajar dari kesalahan dan jangan takut untuk mencoba hal-hal baru dalam belajar Bahasa Inggris.

Contoh Kasus Penggunaan Bahasa Inggris Bercanda yang Harus dihindari


Bahasa Inggris Bercanda di Indonesia

Bahasa Inggris adalah bahasa dunia yang digunakan oleh banyak orang di seluruh dunia dalam berkomunikasi. Bahasa ini menjadi bahasa yang populer dan banyak diminati oleh orang-orang termasuk di Indonesia. Seiring perkembangan waktu, bahasa Inggris mulai dipakai dalam berbagai situasi dan kondisi termasuk dalam bercanda/candaan. Bahasa Inggris bercanda termasuk fenomena baru yang mulai muncul di kalangan anak muda Indonesia. Namun demikian, penggunaan bahasa Inggris dalam hal bercanda juga harus dijaga agar tidak menyinggung atau menyakiti perasaan orang lain. Berikut ini adalah beberapa contoh kasus penggunaan bahasa Inggris bercanda yang harus dihindari.

Lucu-Cara-Orang-Indonesia-Mengucapkan-Bahasa-Inggris

1. Jangan Berkomentar Tentang Kemampuan Bahasa Inggris Seseorang.

Saat bertemu dengan teman atau keluarga Anda, sebaiknya hindari berkomentar tentang kemampuan bahasa Inggris yang dimiliki oleh seseorang. Seperti misalnya, jangan berkomentar ‘Kok kamu nggak bisa bahasa Inggris?’. Komentar seperti itu dapat menyinggung dan menyakiti perasaan orang lain. Selain itu, tidak semua orang memiliki kemampuan bahasa Inggris yang sama. Beberapa orang mungkin lebih lancar dalam berbahasa Inggris dibandingkan dengan yang lain.

2. Hindari Menggunakan Bahasa Inggris Yang Sulit Dipahami.


Saat bercanda dengan teman atau keluarga Anda, jangan gunakan bahasa Inggris yang sulit dipahami. Contohnya, jika Anda menggunakan slang atau slang words seperti ‘tbh’, ‘bby’, ‘yas’, ‘adorbs’, ‘lit’, ‘fam’, dan lain-lain, sebaiknya jangan gunakan dalam percakapan bercanda tersebut. Sebab, biasanya orang yang hanya banyak membaca dan kurang praktik berbicara bahasa Inggris, hanya memahami bahasa Inggris yang sederhana

3. Hindari Menggunakan Bahasa Inggris Dalam Bentuk Kalimat yang Salah.


Saat bercanda dengan teman atau keluarga, hindari menggunakan bahasa Inggris yang salah baik dari segi tatabahasa, ejaan maupun penggunaan kata ganti (pronouns). Sebab jika hal tersebut terjadi, tidak hanya membuat bercanda terlihat konyol, tapi juga menimbulkan kesalahpahaman oleh lawan bicara. Beberapa contoh kesalahan dalam tatabahasa bahasa Inggris meliputi penggunaan kata kerja dan kata benda yang tidak sesuai dengan tense

4. Jangan Gunakan Bahasa Inggris untuk Mendominasi Percakapan.


Sebaiknya gunakan bahasa Inggris hanya dalam batasan tertentu untuk membuat percakapan terasa lebih santai dan menyenangkan. Hindari menggunakan bahasa Inggris untuk mendominasi obrolan karena bisa jadi orang lain yang tidak terbiasa menggunakan bahasa Inggris akan merasa canggung dan kesulitan untuk memahami apa yang sedang dibicarakan. Oleh karena itu, gunakan bahasa Inggris secara bijak dan tidak berlebihan.

5. Hindari Mengguanakan Bahasa Inggris Dalam Konteks yang Kurang Tepat.


Saat menggunakan bahasa Inggris dalam bercanda salah satu hal yang harus dihindari adalah menggunakan bahasa Inggris dalam konteks yang kurang tepat atau tidak pantas. Seperti misalnya, tidak pantas menggunakan kata-kata kasar atau asusila dengan bahasa Inggris dalam percakapan bercanda. Hal tersebut dapat membuat orang lain merasa tidak nyaman dan justru membuat bercanda yang semestinya menyenangkan jadi menimbulkan ketidaknyamanan.

Dalam sebuah percakapan bercanda menggunakan bahasa Inggris, terlebih pada saat berbicara dengan orang yang awam dengan bahasa tersebut, kamu harus bijak dan jangan sampai kamu menyakiti perasaan orang lain. Janganlah membuat perkataanmu menjadi candaan yang seharusnya tidak lucu dan membuat orang yang kamu bicarakan bisa saja kecewa dan merasa tidak nyaman dengan itu.

Iklan