Ads - After Header

Belajar Menulis Hiragana Jepang dengan Mudah

Rinidesu

Pengenalan tentang Bahasa Hiragana


Tulisan Hiragana

Hiragana adalah bentuk huruf Jepang yang paling umum digunakan untuk menulis kata-kata Jepang. Huruf ini digunakan bersama dengan katakana dan kanji dalam menulis bahasa Jepang. Hiragana adalah salah satu dari tiga aksara Jepang dan aksara lainnya adalah katakana dan kanji. Katakana digunakan juga sebagai bentuk tulisan dan untuk membuat istilah baru dari bahasa asing. Kanji adalah bentuk tulisan yang berasal dari bahasa Tionghoa, dan menyediakan basis untuk banyak istilah teknis dalam bahasa Jepang

Sama seperti abjad latin dalam bahasa Inggris, abjad hiragana di Jepang memiliki 46 karakter. Setiap karakter memiliki suara yang berbeda dan memiliki pengucapan yang cukup sederhana. Huruf ini menggunakan tiga jenis suara yaitu mati (suku kata biasa), ten (suku kata dengan bunyi lemah), dan maru (menandakan enggak berbeda dari ten dan mati, hanya ada titik tengah pada suhu kata tersebut). Karena Hiragana dapat digunakan untuk memasukkan kata-kata yang direkam dengan cara yang sesuai dengan pengucapannya, pembaca akan dapat dengan mudah membaca tulisan bahasa Jepang. Hal ini berbeda dengan sistem tulisan kanji, di mana banyak karakter yang sulit dipelajari dan tidak memiliki basis yang mudah dipahami.

Huruf hiragana biasanya digunakan dalam tulisan informal atau untuk anak-anak, sementara katakana digunakan dalam tulisan umum dan formal. Kanji biasanya digunakan dalam tulisan formal atau untuk kata-kata yang memerlukan istilah teknis tertentu, seperti judul buku atau nama barang-barang di supermarket. Untuk belajar bahasa Jepang, penting untuk menguasai huruf Hiragana karena ini adalah dasar dari bahasa Jepang. Selain itu, mengetahui huruf Hiragana akan membantu pembaca untuk memahami kata-kata yang ditemukan di Jepang, seperti di restoran atau toko-toko.

Pada dasarnya, mempelajari bahasa hiragana tidaklah sulit jika dilakukan secara rutin. Ada banyak sumber belajar hiragana yang bisa dipelajari baik melalui buku, website maupun aplikasi bahasa Jepang. Terlebih lagi, dalam aplikasi dan website yang menyediakan belajar bahasa jepang secara online pengguna bisa dengan mudah melatih kemampuan mereka dalam membaca dan menulis bahasa Hiragana. Jangan malas untuk mulai belajar bahasa Jepang, karena bahasa ini sangat menarik, kaya akan makna dan membuka banyak peluang.

Also Read

Bagikan:

Rinidesu

Rinidesu Merupakan Seorang Mahasiswi Sastra Jepang di Universitas Indonesia, Memiliki Passion Berbagi ilmu Bahasa Jepang Melalui Situs Rinidesu.com ini

Tags

Ads - Before Footer