Pengertian Josei Manga


Josei Manga

Josei manga, juga dikenal sebagai manga dewasa wanita (ladies’ comics), merupakan sebuah genre manga yang dirancang untuk wanita dewasa. Secara harfiah, “josei” berarti “wanita muda”, yang merujuk pada pembaca target genre ini. Apa yang membedakan josei manga dengan shoujo manga adalah fokus cerita yang lebih matang, desain karakter yang lebih realistis, dan lebih banyak adegan dewasa yang mungkin tidak sesuai untuk pembaca remaja.

Josei manga biasanya menampilkan kisah-kisah yang lebih akurat tentang kehidupan perempuan dewasa. Cenderung lebih realistis dan tidak mengidolakan hubungan percintaan atau cinta sesama jenis seperti pada manga shoujo dan shounen-ai. Materi yang dibahas pun sering kali lebih dalam dan kompleks seiring dengan usia karakter.

Di Indonesia, penggemar josei manga semakin banyak. Banyak penerbit lokal seperti Elex Media dan M&C Comics yang mulai menerjemahkan dan menerbitkan josei manga. Beberapa judul populer seperti “Nodame Cantabile”, “Paradise Kiss”, dan “Honey and Clover” semakin dikenal oleh pembaca Indonesia.

Meskipun pembaca josei manga mayoritas adalah perempuan, genre ini seringkali menarik perhatian pria juga. Konten yang lebih matang dan realistis dianggap lebih menarik bagi pembaca laki-laki yang mungkin tidak menyukai shoujo manga.

Josei manga juga sering kali mengeksplorasi tema-tema sosial yang penting bagi perempuan, seperti kesetaraan gender, hubungan dan keluarga, karier, dan teman-teman. Dalam beberapa kasus, josei manga bahkan dapat menekankan pentingnya hubungan perempuan dan persahabatan di antara mereka.

Secara keseluruhan, josei manga adalah genre yang menarik yang menunjukkan peran penting perempuan dewasa dalam kehidupan sehari-hari. Karena fokus cerita yang matang dan realistis, dan desain karakter yang lebih realistis, josei manga menarik bagi pembaca yang ingin membaca cerita tentang kehidupan sehari-hari dengan fokus pada karakter yang kuat dan kompleks.

Ciri-ciri Josei Manga


Ciri-ciri Josei Manga

Josei manga merupakan salah satu jenis manga yang berfokus pada target pembacanya yakni perempuan dewasa. Manga ini sangat berbeda dengan shoujo manga yang berfokus pada romansa dan pertemanan anak muda. Ada beberapa ciri khas yang terdapat pada Josei Manga, apa saja itu?

Memiliki Karakter yang Realistis

Hal yang pertama menonjol dari josei manga yakni tokoh-tokohnya dibuat sehingga terlihat seperti orang asli. Biasanya karakter yang ada pada Manga ini memiliki wajah yang sangat realistis dan lebih terperinci jika dibandingkan dengan manga shounen dan shoujo.

Terfokus pada Cerita Dewasa dan Eksplisit

Ciri lain yang terdapat pada Josei manga yakni ceritanya lebih terfokus pada tema dewasa. Meskipun tema cinta masih menjadi hal yang paling umum dalam manga jenis ini, tetapi tema lain seperti pertemanan, karir, dan keluarga juga bisa dijadikan tema utama. Selain itu, Josei manga juga kerap kali menggambarkan masalah-masalah yang kompleks seperti seksualitas, kehamilan, perselingkuhan, hingga agama dengan cara yang eksplisit dan terperinci.

Lebih Memperhatikan Target Pembacanya

Selain menonjolkan karakter yang realistis dan cerita yang dewasa, Josei manga juga sangat memperhatikan target pembacanya, yaitu perempuan dewasa. Oleh karena itu, tidak heran jika manga jenis ini lebih memperhatikan isu-isu yang lebih relevan bagi perempuan seperti pekerjaan, kecantikan, kesehatan reproduksi, dan ketidakadilan gender lainnya.

Terkenal dengan Bidang Pekerjaannya yang Spesifik

Tak jarang, sebagian besar karakter utama di josei manga bekerja di bidang tertentu seperti fesyen, jurnalistik, atau bidang seni yang lainnya. Alur cerita seringkali menggambarkan kehidupan seorang pekerja yang sedang mencoba untuk sukses dalam karirnya dan mengatasi kendala-kendala yang dihadapinya pada bidang pekerjaannya yang spesifik tersebut.

Memiliki Desain Cover yang Menarik

Satu lagi ciri yang menonjol dari Josei Manga yakni desain cover pada Manga ini sangat menarik dan memiliki sentuhan elegan yang khas. Kesan elegan tersebut membuat Manga ini tampak sangat mewah dan memikat bagi pembaca yang menyukai desain cover yang unik dan menarik.

Itulah beberapa ciri khas yang terdapat pada Josei manga. Secara umum, Josei manga sendiri memiliki cerita yang lebih dewasa dan karakter yang lebih realistis. Manga ini juga kerap kali menggambarkan masalah-masalah yang kompleks seperti seksualitas, kehamilan, dan agama dengan cara yang eksplisit dan terperinci. Selain itu, Josei manga juga sangat memperhatikan isu-isu yang relevan bagi perempuan dewasa, seperti pekerjaan, kecantikan, kesehatan reproduksi, dan ketidakadilan gender. Jadi, jika Anda ingin membaca manga yang berbeda dari biasanya, maka Anda bisa memilih untuk membaca Josei manga yang menawarkan cerita dan karakter yang lebih kompleks dan memikat.

Perbedaan Josei dan Shoujo Manga


Perbedaan Josei dan Shoujo Manga

Josei dan shoujo manga adalah dua genre yang sangat populer di kalangan pembaca manga wanita di seluruh dunia. Namun banyak orang masih mengalami kesulitan dalam membedakan kedua genre ini karena tema ceritanya yang serupa dan didominasi oleh karakter wanita. Berikut adalah perbedaan antara Josei dan Shoujo Manga:

Josei Manga

Josei Manga

Josei manga merupakan genre yang ditujukan untuk pembaca wanita berusia 18-30 tahun. Josei berasal dari kata wanita dewasa dalam bahasa Jepang. Josei manga menawarkan cerita yang lebih realistis dan umumnya merujuk pada kehidupan sehari-hari seperti kehidupan percintaan, karir, persahabatan, dan masalah sosial lainnya. Karakter dalam Josei manga biasanya lebih kompleks dan lebih dewasa, mereka memiliki masalah yang lebih rumit dan menarik untuk diikuti.

Jangan heran jika adegan dalam Josei manga terlihat lebih gamblang dan dewasa jika dibandingkan dengan shoujo manga, karena umumnya membahas tentang relasi seksual dan masalah percintaan yang lebih kompleks. Josei manga juga lebih detail dalam memaparkan karakter, setting, dan latar belakang cerita. Sehingga, membuat pembaca dapat merasakan emosi yang lebih dalam setiap details ceritanya.

Shoujo Manga

Shoujo Manga

Shoujo manga merupakan genre yang ditujukan untuk pembaca wanita muda. Shoujo berasal dari kata gadis dalam bahasa Jepang. Shoujo manga menawarkan cerita yang lebih ringan, cerita tentang percintaan, persahabatan, kehidupan di sekolah, fantasi, dan sebagainya. Karakter dalam shoujo manga umumnya memiliki sifat yang lebih polos dan mudah ditebak, namun ceritanya tetap menarik untuk diikuti.

Karakter utama dalam shoujo manga umumnya memiliki ciri fisik yang menarik sesuai standar kecantikan Jepang. Alur cerita yang sederhana serta kegunaan visualisasi kecantikan menjadi keunggulan shoujo manga dalam memenuhi kebutuhan penggemar wanita muda. Selain itu, ciri khas Shoujo manga juga dikenal menggunakan tepeten karakter atau hal-hal yang menggemaskan pada setiap adegan ceritanya.

Namun, meskipun demikian, shoujo manga tidak serta merta hanya membicarakan percintaan klasik. Beberapa mangaka berhasil membuat cerita shoujo manga yang cerdas dan mendalam dalam mengupas dunia percintaan tetapi dengan cara penyampaian yang ringan dan mudah dipahami. Sedangkan bagi Josei Manga, meski pembahasan tentang hubungan asmaranya lebih berat dan intens, namun justru itu yang membuat pembaca menjadi lebih merasakan emosi yang vertikal

Jadi, itulah perbedaan antara Josei dan Shoujo manga. Keduanya memiliki ciri dan karakter yang berbeda, dan memiliki ciri yang disesuaikan dengan para pembaca mereka. Jadi tunggu apalagi, dengan mengetahui perbedaan tersebut, Anda akan lebih mudah menemukan jenis manga yang tepat sesuai dengan selera dan minat baca Anda.

Popularitas Josei di Dunia Manga


Josei manga Indonesia

Josei manga, atau komik yang ditujukan untuk pembaca perempuan dewasa, sedang menjadi tren di dunia manga. Banyak pembaca di seluruh dunia yang menyukai kisah-kisah yang realistis dan dewasa dalam komik-komik jenis ini. Di Indonesia sendiri, komik josei mulai dikenal luas sejak beberapa tahun terakhir.

Popularitas Josei di Dunia Manga

Salah satu faktor kepopuleran josei manga di Indonesia tentu karena kualitas cerita yang sangat bagus. Kisah-kisah yang disajikan selalu menarik, dan terkadang mengandung pesan moral yang mendalam. Banyak pembaca yang merasa terinspirasi dan terhibur oleh cerita-cerita komik jenis ini.

Selain itu, gambar ilustrasi pada komik josei juga sangat menarik untuk disaksikan. Gambar yang rinci dan detail membuat setiap adegan dalam komik terlihat begitu hidup dan mengesankan. Pembaca bisa merasakan emosi setiap karakter dalam cerita berkat gambar ilustrasi yang begitu detail dan apik. Hal ini menjadi salah satu daya tarik dari komik josei bagi pembaca di Indonesia.

Tak hanya di Indonesia, josei manga juga semakin populer di seluruh dunia. Beberapa judul komik josei seperti “Nana” dan “Paradise Kiss” bukan hanya menjadi hits di Jepang, namun juga sukses di negara lain seperti Amerika dan Eropa. Bahkan, karya-karya lainnya seperti “Honey and Clover” dan “Chihayafuru” juga sukses besar di Jepang dan mancanegara.

josei manga jepang terpopuler

Kepopuleran josei manga juga membawa dampak positif bagi industri kreatif di Jepang. Banyak studio produksi yang mulai memperhatikan dan mengadaptasi karya-karya josei ke dalam bentuk anime atau drama televisi. Beberapa di antaranya seperti “Nodame Cantabile”, “Honey and Clover”, dan “Kuragehime”.

Dengan berkembangnya dunia manga dan penyebaran informasi yang semakin cepat dan luas, tidak heran jika josei manga semakin diminati oleh pembaca di Indonesia. Komik jenis ini menawarkan cerita yang menghibur dan bermakna, ilustrasi yang indah dan apik, serta cara pandang yang lebih dewasa dan realistis tentang kehidupan. Yuk, baca komik josei dan nikmati pengalaman baru dalam dunia manga!

Rekomendasi Josei Manga yang Layak Dibaca


Rekomendasi Josei Manga yang Layak Dibaca

Buat kalian yang sedang mencari bacaan manga genre josei, kalian bisa coba baca beberapa rekomendasi manga di bawah ini. Sudah pasti bakal seru dan bisa menghibur hatimu.

1. Nodame Cantabile

Nodame Cantabile

Manga karya Tomoko Ninomiya ini sangat cocok untuk penggemar musik. Nodame Cantabile bercerita tentang pianis jenius bernama Shinichi Chiaki yang bertemu dengan seorang gadis bernama Megumi Noda. Dia merupakan seorang pianis yang memiliki tekad untuk sukses di dunia musik klasik. Saat keduanya bertemu, Chiaki sering dianggap sebagai guru oleh Noda karena Chiaki mempunyai kemampuan musik yang sangat baik. Melalui kisah Chiaki dan Noda, kamu akan disuguhkan petualangan musik yang sangat seru.

2. Paradise Kiss

Paradise Kiss

Manga karya Ai Yazawa ini termasuk dalam kategori love story yang sangat romantis. Kisahnya berpusat pada Yukari Hayasaka, seorang siswi SMA yang bertemu dengan sekelompok seniman fashion indie yang sukses dalam membuat koleksi busana terbaru mereka. Di sini, Yukari memulai karirnya sebagai model dan harus menghadapi kesulitan-kesulitan untuk mengikuti dunia fashion ini. Selain itu, di manga ini juga tersaji kisah cinta antara Yukari dan pemimpin grup tersebut, George.

3. Otoyomegatari

Otoyomegatari

Cerita yang disajikan oleh Otoyomegatari ini cukup unik karena berkisah tentang pernikahan pada era zaman kuno. Manga karya Kaoru Mori ini menceritakan seorang gadis bernama Amir yang dijodohkan dengan seorang tunangan yang tidak dikenalnya. Namun, ternyata calon suaminya yang bernama Karluck, merupakan orang yang sangat baik dan Amir merasa sangat nyaman dengan keberadaannya. Dalam manga ini kamu bisa melihat wujud dari keindahan pakaian tradisional era zaman kuno.

4. Honey and Clover

Honey and Clover

Manga karya Chica Umino ini memiliki genre komedi romantis yang dibalut dengan cerita yang sangat menarik. Bercerita tentang mahasiswa seni, Yuta Takemoto yang jatuh cinta kepada seorang seniornya bernama Hagumi Hanamoto. Namun, cinta ini sedikit terhalang dengan kehadiran Morita yang ternyata juga memiliki minat yang sama terhadap Hagumi. Bagaimana cerita selanjutnya? Hanya bisa kamu dapatkan dengan membaca manga ini.

5. Chihayafuru

Chihayafuru

Manga karya Yuki Suetsugu ini menceritakan tentang seorang gadis bernama Chihaya Ayase yang mempunyai impian menjadi pemain karuta yang terkenal. Karuta adalah permainan kartu tradisional Jepang yang sering dimainkan oleh kelompok-kelompok remaja di Jepang. Di sini, Chihaya beserta teman-temannya yang tertarik juga bermain karuta, saling bersaing dalam mencapai impian mereka. Kamu akan merasa terhibur dan sangat ingin tahu bagaimana ceritanya selanjutnya.

Nah, itulah beberapa rekomendasi josei manga yang cocok untuk kamu yang sedang mencari bacaan seru. Semua manga tersebut memiliki cerita yang sangat menarik dan bisa menghibur kamu. Bagi kamu penggemar manga, tunggu apa lagi? Cobain deh beberapa manga tersebut!

Iklan