Obyek Wisata Di Semarang dan Sekitarnya

Wisata Di Semarang dan Sekitarnya, Kota Semarang terletak di Provinsi Jawa Tengah, dan sekaligus menjadi ibu kota untuk Provinsi Jawa Timur. Kota Semarang juga terbilang adalah salah satu kota yang masih istimewa karena bangunan bangunan tua yang ada di kota Semarang masih berdiri kokoh. Sebut saja untuk bangunan yang berada di daerah jalan Suprapto, anda bisa melihat bangunan/gedung bersejarah yang terlihat saangat jelas bentuk maupun arsitekturnya. Nah, selain itu kota Semarang juga menyajikan banyak Obyek Wisata disana, penasaran apa sajakah tempat tempat wisata yang ada disana. Oke, kali ini kami akan memberikan informasi bagi rekan rekan yang mungkin ingin melakukan liburan di kota Semarang.

Sejarah dari Kota Semarang

Sebelum jauh lebih dalam membahas Obyek Wisata Apa Sajakah yang ada Di Kota Semarang? Tak lengkap rasanya jika kita tak mengetahui sejarah dari Kota Semarang. Kota Semarang ini kurang lebih berdiri pada abad ke 8 M yang berada didaerah Pragota, akan tetapi untuk saat ini lebih dikenal dengan nama Bergota dan merupakan bagiann dari kerajaan Mataram. Dan pada akhir abad ke 15 M ada seorang pengaran yang bernama Made Pandan untuk menyebarkan agama Ilsam dari Pergota. Dan timbulnya nama Semarang sendiri seiring dengan brejalannya wakttu daerah tersebut menjadi subur, maka dari itu berbagai tumbuhan dapat tumbuh diwilayah tersebut dan salah satunya pohon asam yang jarang arti dalam bahasa jawanya adalah Asem Arang, muncullah nama kota Semarang tersebut.

  • Tempat Wisata yang bisa anda kunjungi

Agrowisata Tlogo : Kebun Tlogo yang terdapat di desa tlogo yang berjarak lebih kurang 1 km dari jalur raya semarang-solo ini adalah lokasi perkebunan pohon kopi serta karet. Disini kita dapat lihat segera sistem pembuatan kopi serta karet dari mulai dipetik sampai pemrosesannya.

Monumen Palagan Ambarawa : Bertempat tepi’>di tepi jalur semarang-jogja, area ini adalah monumen yang dilengkapi museum dengan koleksi persenjataan kuno peninggalan masa penjajahan belanda.

  • Yang bisa di kerjakan di kota Semarang

Banaran : Obyek wisata yang terdapat di areal perkebunan kopi kebun getas afdeling assinan. Di area ini sangat banyak sarana bermain untuk anak-anak ataupun dewasa berbentuk outbond sembari nikmati sejuknya hawa perkebunan kopi sekalian mencicipi harumnya kopi hangat di banaran coffee.

Rawa Permai : Terdapat pinggir’ di pinggir jalur raya semarang-solo, area ini mempunyai panorama yang indah. rawa permai sendiri adalah wisata alam yang sejuk yang ada pas pinggir’>di pinggiran rawapening. di sini kita dapat menjajal bermacam aktivitas layaknya bersepeda, berenang serta uniknya lagi di area ini ada pasar kriya sebagai di antara pusat penjualan kerajinan.

  • Makanan yang perlu di coba di kota Semarang

Bakmi jowo pak gareng : Lebih dikenal dengan sebutan mie jowo, tidak lain jauh dengan bakmi-bakmi yang lain. cuma saja mie pak gareng ini populer dikarenakan bumbu rahasianya dan langkah mengolahnya yang khusus jadikan banyak konsumen yang pingin kembali ke warung ini.

Nasi goreng babat serta babat gongso pak taman : barangkali melacak kuliner nasi goreng di waktu malam hari dapat amat mudah, tetapi bagaimana bila siang hari ? hanya ada di warung pak taman ini dikarenakan warung ini mulai buka lapaknya dari jam 7 pagi sampai sore jam 4. Lantas bikin penggila nasi goreng gak mesti nunggu malam hari untuk menikmatinya.

Obyek wisata dekat kota Semarang

 

  • Pulau Karimunjawa

Taman Nasional Karimunjawa yaitu Taman Nasional Laut di kepulauan karimunjawa lebih kurang 120 km utara semarang, jateng. ini yaitu di antara dari enam taman laut di Indonesia.

Kepulauan ini mempunyai 27 pulau dengan luas lokasi taman 110, 117 ha serta cuma 4 pulau yang di huni yakni (Pulau Karimunjawa, pulau kemujan, pulau menjangan besar, serta pulau menjangan kecil) dengan keseluruhan masyarakat cuma lebih kurang 10.000 jiwa yang beberapa besar yaitu nelayan.

Menurut legenda awal mulanya yang menetap di karimunjawa yaitu sunan nyamplungan (lahir sebagai amir hasan), putra di antara sunan dari sembilan sunan yakni sunan muria, di antara muslim (sunan) yang memperkenalkan agama islam ke jawa.

Taman laut nasional karimunjawa mempunyai lima jenis ekosistem yakni : rimba bakau, padang lamun serta rumput laut, rimba pesisir, rimba hujan tropis serta terumbu karang. dengan keanekaragaman hayati yang luar biasa yakni : Ada 44 type tanaman bakau, 11 type rumput laut, 9 type ganggang laut, 444 type ikan, serta 176 type karang. untuk pakar botani serta peneliti karimunjawa yaitu area menarik dikarenakan ada flora serta fauna yang unik. pada saat penjajahan belanda kepulauan ini dikunjungi oleh pakar botani populer layaknya teijsmann (th 1854), koorders (1886), schlechter (1910) serta dammerman (1926).

Walau area ini amat mempesona dikarenakan mempunyai pantai berpasir putih yang ditutupi oleh rimba hujan tropis tetapi pengembangan area pariwisata ini tetap amat terbatas karena letaknya yang terpencil.

  • Akses ke Pulau Karimunjawa

Anda mempunyai tiga pilihan untuk menuju ke karimunjawa yakni dengan perahu dari pelabuhan tanjung emas di semarang lebih kurang 4 jam, perahu cepat dar jepara (2 jam) atau gunakan perahu dari pelabuhan kartini di jepara lebih kurang 6 jam. Butuh diketahui bahwa ketiga kapal tersebut dioperasikan cuma 2 x 1 minggu.

  • Candi Gedung Songo

Kesembilan candi kecil hindu (gedung songo bermakna sembilan bangunan didalam bhs jawa) yang didalamnya sendiri tidak demikian mengesanka tetapi bernilai. Gedung songo yaitu di antara kompleks candi sangat indah yang berlokasi di jawa.

Mereka dibangun pada abad ke-8 serta 9 jauh sebelum saat borobudur serta prambanan. candi songo dibangun pada saat yang sama juga dengan candi di dieng tetapi dengan langkah yang tidak sama.

Kuil ini terdapat diatas sesuatu stratovulcanon serta disisi gunung unguran, 30km sebelah selatan kota semarang tua. lima dari candi didalam situasi baik sesudah direnovasi besar-besaran pada 1980-an.

candi songo dibagi jadi tiga kompleks yang masing – masing berjarak 3km. yang sangat menarik dari candi songo yaitu panorama yang amat indah di kompleks paling akhir, pada ketinggian 1000m sesudah anda melalui sumber belerang serta mata air panas. dari sebelah selatan anda bisa lihat gunung merbabu serta di belakangnya gunung merapi dengan cii-ciriistik asap yang membanggakan, namun di sebelah barat yaitu gunung sumbing serta gunung sundoro.

Candi Songo serta lokasi gunung unguran adalah tujuan akhir pekan yang popular untuk mereka yang tinggal di semarang, terlebih pada hari minggu. Candi Songo buka tiap-tiap hari dari jam 06:00 hingga jam 17:00. Biaya masuk Rp 7.000 per orang.

  • Akses ke Candi Gedung Songo

Candi Songo ada lebih kurang 6km sebelah timur dari kota bandungan atau 30 km sebelah selatan dari semarang. Dari semarang dapat menggunakan bus menuju sumawono serta turun di basic bukit serta untuk ke atas bukit, anda dapat menggunakan ojek atau jalan kaki dengan jarak lebih kurang 3km.

 

  • Obyek Wisata Lawang Sewu

Jalur pemuda, komplek tugu muda

Lawang Sewu yaitu di antara bangunan bersejarah yang ada di semarang. mejadi di antara tempat wisata yang menarik di semarang. sejarah berdirinya lawang sewu cukup panjang, pertama kali di bangun pada th 1904 gedung ini dipakai sebagai kantor pusat dari nederlandsch indische spoorweg maatschappij (kereta api) pada waktu belanda berkuasa, dulu juga dipakai sebagai penjara bawah tanah pada waktu Jepang berkuasa dan kantor pemerintahan sesudah Indonesia merdeka. lawang sewu didalam bhs jawa memiliki makna lawang bearti pintu serta sewu bearti seribu, lantas lawang sewu bearti seribu pintu. bangunan lawang sewu memanglah mempunyai sangat banyak pintu, karena sangat banyaknya maka dimisalkan seribu pintu, tetapi bukan hanya bearti jumlah pintunya meraih seribu. lawang sewu ada di segi timur tugu muda semarang atau di sudut jalur pandanaran serta jalur pemuda.

Bangunan ini memiliki asitektur yang unik, seluruh bangunan mengambil style arsitektur belanda yang khas. terdiri dari dua lantai serta mempunyai dua sayap bangunan yang membentang ke kanan serta kekiri. bangunan ini dilengkapi dengan ballroom, gedung serbaguna, area makan sampai gedung pertunjukan. Saat memasuki bangunan ini anda dapat disambut dengan lorong-lorong panjang yang dipenuhi dengan pintu serta jendela-jendela kayu di kanan-kirinya. Keindahan arsitekturnya juga pas untuk anda yang pingin lakukan photo pre wedding atau sebatas hoby photo untuk koleksi pribadi saja.

Dibagian bawah bangunan ini ada area bawah tanah. pada masa jepang dahulu area bawah tanah ini lah yang dipakai sebagai penjara tahanan belanda. memasuki arena ini anda dapat dihadapkan dengan situasi mistik, bekas-bekas kekejaman tempo dulu tetap amat merasa. Situasi area bawah tanah yang yang gelap, dingin serta lembab dapat bikin bulu kuduk anda berdiri.

  • Akses ke Lawang Sewu

Lokasinya yang ada di dalam kota meringankan Lawang Sewu untuk di kunjungi, anda dapat mengguanakan kendaraan pribadi menuju arah simpang lima, lawang sewu amat dekat dengan lokasi ini. Lang dari luar kota dapat berkunjung ke area ini gunakan angkutan umum dari stasiun cukup bayar Rp 4.000 ambillah rute tugu muda.

 

  • Obyek wisata Pantai Kartini

Pantai yang oleh mendiang kartini dikatakan sebagai kleine scheveningen ini mempunyai permukaan datar dengan ombak tenang dan berpasir putih. Pantai kartini terdapat 3 km arah barat kota Jepara ini tengah mengembangkan object wisatanya membangun sea worldnya jateng atau dunia hayati.

Pemerintah setempat mengembangkan lokasi pantai kartini membangun wahana hiburan serta pendidikan berbentuk aquarium raksasa yang menyerupai kura-kura. Aquarium raksasa ini dibangun dengan style arsitektur yang elegant, bangunan berlantai dua ini ada dibagian kepala kura-kura yang berperan sebagai tempet untuk pemutaran film, namun di aquariumnya sendiri ada beragam type habitat hewan air yang hidup di seluruh laut yang ada di kabupaten jepara diantaranya, gurita, ikan arwana, hingga ikan teri lalu ada. Aquarium raksasa ini lebih di kenal dengan kura-kura ocean park. Tak hanya aquarium raksasa yang diisi habitat hewan laut, di area ini juga ada fasilitas bermain untuk anak-anak layaknya seluncur air.

Daya tarik dari pantai kartini tak hanya berpasir putih juga di ada upacara tradisional lomban tiap-tiap th., 1 minggu sesudah lebaran. Pantai ramai dikunjungi pada waktu perayaan, perihal ini juga menarik banyak wisatawan manca negara. Di area pantai juga ada penginapan serta area untuk pementasan budaya.

Tidak jauh dari pantai kartini atau lebih tepatnya 15 km di sebrang lautan, anda dapat menjumpai pulau panjang yang pas sebagai fasilitas berkemah berbarengan rekan ataupun keluarga, di tempat seluas 5 hektar ini di bangun juga jalur setapak untuk sebatas berkeliling. Banyak ada flora serta fauna yang langka diantaranya burung blekok di setia pohon yang pastinya di jagalah oleh pemerintah setempat. Penasaran, silakan singgah ke pantai kartini sekalian pulau panjang, di jamin liburan anda tidak menjemukan.

 

  • Bandara di semarang

Semarang melewati jalur hawa di layani oleh Bandara achmad yani.

Bandar hawa Internasional Achmad Yani (SRG) yaitu bandara yang melayani Semarang, yang tidak jauh dari pusat kota, di Kabupaten semarang barat dikenal sebagai kalibanteng. Nama Achmad Yani di ambil untuk menghormati di antara Pahlawan Nasional Indonesia, Jenderal Achmad Yani. Sarana bandara terhitung beberapa toko suvenir, gerai makanan, bank, money changer, hotel serta kantor pemesanan perjalanan, angkutan taksi serta layanan sewa mobil.

  • Menuju pusat Kota dari Bandara

Airport Achmad Yani berjarak 6km ke barat dari pusat kota Semarang. Biaya taksi lebih kurang Rp 45.000, serta dapat lebih rendah bila kembali ke bandara menggunakan taksi mtr. Lebih kurang Rp 35.000.

Nah, giman mungkin anda tertarik untuk berlibur kekota besar yang ada di daerah Jawa Tengah ini? So, anda bisa mengunjungi tempat tempat bersejarah yang ada dikota Semarang. Sampai disini dulu informasi yang bisa kami berikan untuk teman teman yang ingin mengetahui sejarah dan Tempat wisata di kota Semarang. Mudah mudahan info ini bisa berguna untuk teman teman semua. Terima kasih telah mengunjungi situs kami, selamat berlibur dan semoga liburan anda berkesan.

wisata semarang dan sekitarnya ,tempat wisata di ambarawa solo sekitarnya ,tempat wisata di semarang dan sekitarnya ,wisata aquarium disemarang

Baca juga

Tempat Wisata Di Magelang Yang Paling Hits

Iklan