Menu sahur sehat-Puasa tidak berarti Anda berhenti dari melakukan aktivitas apapun kecuali makan dan minum di siang hari. Bekerja selama puasa memang tidak mudah. Anda harus pertahankan fokus dan konsentrasi otak dengan cara memilih menu sahur sehat yang kaya nutrisi.

Perubahan pola makan dan pola tidur saat puasa berpengaruh pada metabolisme tubuh. Badan pun menjadi lemas dan muncul rasa kantuk. Agar tetap produktif bekerja saat puasa, berikut menu sahur sehat yang wajib Anda coba.

1. Alpukat

Jadikan alpukat sebagai salah satu menu sahur wajib Anda. Buah ini kaya akan protein dan memiliki kandungan gula darah yang rendah. Tidak hanya itu, komponen penting lain yang ada dalam buah alpukat adalah asam folat, vitamin B,C dan K, dan asam lemak esensial.

Beberapa manfaat alpukat adalah mengontrol kadar gula, kolesterol, menjaga kulit agar bersih bersinar, dan kenyang lebih lama. Manfaat lain yang membantu Anda tetap fokus saat bekerja adalah, nutrisi dalam alpukat yang melancarkan aliran darah khususnya yang ada di organ otak. Tidak heran jika buah ini sangat disarankan bagi Anda yang sedang puasa agar tetap fokus bekerja.

Anda bisa konsumsi alpukat saat sahur dengan cara dimakan langsung, dibuat jus, atau dibuat campuran roti tawar dan oatmeal.

2. Bayam

Menu sahur sehat selanjutnya adalah sayur bayam. Sayur ini didalamnya mengandung banyak vitamin A dan K yang fungsinya adalah menjaga agar tulang tetap kuat dan mencegah peradangan. Manfaat lain yang Anda dapatkan dari sayuran ini adalah mencegah demensia di saat senja.

Kenapa bayam mengandung banyak manfaat diatas? Karena di dalam sayuran ini terdapat nutrisi penting seperti beta karoten, lutein dan folat yang efektif menjaga stamina otak agar tetap fokus saat bekerja. Konsumsilah bayam dengan cara dibuat tumis maupun dijadikan sup.

3. Brokoli

Brokoli adalah sayuran sehat yang digadang-gadang memiliki banyak manfaat meningkatkan kerja otak dan jantung. Sayuran yang satu ini kaya akan kandungan vitamin K dan kolin untuk membentuk lemak padat yang berperan penting untuk sel otak (disebut spingolipids).

Brokoli berpengaruh pada tingkat konsentrasi otak karena di dalamnya mengandung efek antiperadangan dan antioksidan yang mencegah otak dari adanya kerusakan.Tubuh tetap bugar saat puasa karena konsumsi brokoli yang didalamnya mengandung vitamin C. Coba sajikan brokoli dengan cara di panggang, di sup, atau di tumis.

4. Ikan Salmon

Tentunya, Anda sudah familiar dengan khasiat ikan salmon bagi kesehatan. Salah satunya adalah untuk meningkatkan daya ingat, kesehatan otak, dan untuk anti peradangan. Seorang anak yang rutin makan salmon, rendah potensinya terjangkit penyakit ADHD dan daya ingatnyapun meningkat. Ikan salmon kaya akan kandungan omega 3 yang berperan penting memberikan manfaat diatas.

5. Telur

Bagi beberapa orang, telur adalah makanan yang mudah diolah dan cukup ekonomis harganya. Di dalam telur, terdapat asam lemak omega 3, termasuk juga kolin.

Manfaat telur adalah untuk menjaga selaput otak agar tetap dalam kondisi baik serta meningkatkan kadar kolesterol baik dalam tubuh. Makanan yang biasa dikonsumsi dengan cara direbus, atau dibuat dadar ini membantu memperbaiki suasana hati dan juga memberikan nutrisi penting bagi otak. Kandungan energi yang ada di dalam telur bagus untuk menjaga stamina Anda saat puasa. Jadikan menu sahur sehat ini menu wajib yang tidak terlewatkan setiap harinya.

Baca juga

Tips Jaga Kesehatan Sistem Pencernaan Saat Berpuasa, Ini 5 Tipsnya!

Iklan