Mengenal Waktu Standar Jepang


Jam Tokyo

Jepang dikenal sebagai salah satu negara maju dan terkenal dengan teknologi, budayanya, hingga waktu yang selalu tepat. Oleh karena itu, mengenal waktu standar Jepang menjadi hal penting bagi Anda yang ingin berkunjung ke sana atau berkomunikasi dengan orang Jepang.

Sebagian besar wilayah di Jepang berada di zona waktu Jepang standar atau JST (Japan Standard Time). Waktu Jepang standar adalah GMT+9, terletak 9 jam lebih cepat dari waktu koordinat waktu meridian universal (UTC).

Waktu Jepang

Waktu Jepang sekarang dihitung berdasarkan garis bujur 135 derajat timur. Oleh karena itu, jika Anda ingin mengetahui waktu di Jepang saat ini, Anda dapat menghitung dengan menjumlahkan atau mengurangi selisih jamnya dengan waktu di tempat Anda.

Mengingat perbedaan zona waktu di Jepang dan Indonesia, waktu di Indonesia selalu lebih cepat dari waktu Jepang selama satu jam. Contohnya, jika di Indonesia pukul 10 pagi, maka di Jepang saat itu sudah pukul 9 pagi.

Untuk mengatasi perbedaan ini, biasanya orang Jepang menggunakan waktu resmi yang disebut “Radio Clock” atau “Jikoo” dalam bahasa Jepang. Radio Clock merupakan alat yang menyediakan informasi waktu secara akurat dengan menunjukkan waktu GPS dan waktu atomik. Alat ini pun dilengkapi dengan alarm, kalender, dan fitur lainnya untuk memudahkan pengguna.

Radio Clock Jepang

Tidak hanya orang Jepang saja, Radio Clock juga banyak digunakan oleh para pelancong internasional yang berkunjung ke Jepang. Pasalnya, alat ini akan membantu penggunanya untuk mengetahui waktu yang tepat di Jepang.

Kesimpulannya, mengenal waktu standar Jepang merupakan hal penting untuk berkomunikasi dan berinteraksi dengan orang Jepang, maupun untuk keperluan perjalanan ke Jepang. Waktu Jepang standar adalah GMT+9 atau berselisih 9 jam dengan waktu koordinat waktu meridian universal (UTC). Selisih waktu ini perlu diperhatikan agar tidak terjadi kesalahan komunikasi atau jadwal yang terlambat. Maka dari itu, Radio Clock pun menjadi alat yang sangat diperlukan untuk mengetahui waktu yang tepat di Jepang.

Apa Dampak Jam Berbeda antara Jepang dan Indonesia?


Bendera Indonesia dan Jepang

Jepang dan Indonesia terletak di wilayah zona waktu yang berbeda, dengan perbedaan waktu sekitar 2 jam (Jepang lebih cepat dari Indonesia). Bagi beberapa orang, perbedaan ini mungkin tidak terlalu memengaruhi aktivitas sehari-hari. Namun, bagi orang-orang yang memiliki hubungan bisnis, pendidikan, atau wisata antara kedua negara, perbedaan ini bisa membuat banyak masalah dan perlu perhatian khusus.

Bagi pelaku bisnis, perbedaan waktu antara Jepang dan Indonesia bisa menjadi masalah yang serius. Meski saat ini teknologi sudah sangat canggih, membuat komunikasi antara keduanya semakin mudah, namun perbedaan waktu bisa menghambat kegiatan bisnis. Jika di Indonesia sudah sore hari, di Jepang masih pagi, sehingga kesulitan untuk membuat janji pertemuan yang efektif. Apalagi jika harus berbicara atau menyelesaikan masalah yang berhubungan dengan jam, seperti deadline dari klien yang berbeda waktu, urusan keuangan dan pajak, dan lain sebagainya.

Tidak hanya dalam bisnis, perbedaan waktu juga mempengaruhi dunia pendidikan. Banyak mahasiswa Indonesia yang akan melanjutkan studi ke Jepang atau sebaliknya. Perbedaan waktu ini bisa sangat membingungkan, terutama ketika menjadwalkan video atau konferensi online. Mahasiswa yang mengalami perbedaan jam dapat mengalami kesulitan untuk menyesuaikan jadwal dengan waktu pengajaran, mengakibatkan mereka terlambat atau bahkan absen dalam kelas mereka. Jika hal ini sering terjadi, hal ini dapat mempengaruhi nilai akademik mereka.

Sebaliknya, wisatawan dari Indonesia yang ingin bepergian ke Jepang, perbedaan waktu dapat menjadi masalah terlebih lagi jika liburan mereka berada di kepulauan utara Jepang di mana matahari terbit lebih awal daripada bagian utara lainnya. Perbedaan jam ini tentunya akan membuat wisatawan mengadaptasi jadwal liburan mereka dari biasanya.

Selain itu, perbedaan waktu juga mempengaruhi pola tidur orang yang bepergian antara kedua negara. Misalnya, seseorang yang datang dari Indonesia ke Jepang mungkin akan mengalami jet lag, yang dapat membuat mereka merasa sangat lelah dan mengantuk pada jam-jam yang biasanya harus waspada. Begitu juga dengan wisatawan Jepang yang pergi ke Indonesia, di mana jam tidur mereka akan terganggu karena perbedaan waktu yang ada.

Menjaga waktu juga penting untuk perjalanan antara Indonesia dan Jepang. Misalnya, jika seseorang terbang ke Jepang dari Indonesia dan mendarat di pagi hari, mereka perlu beradaptasi dengan perbedaan waktu. Hal yang sama berlaku ketika kembali ke Indonesia. Ini berarti harus memastikan bahwa waktu terbang dan waktu tiba di tempat tujuan harus diatur dengan hati-hati agar proses perjalanan berjalan lancar.

Meskipun perbedaan waktu antara Jepang dan Indonesia memiliki dampak yang signifikan dalam berbagai aspek, hal ini Sebenarnya bukanlah masalah yang sulit diatasi. Dalam era digital yang modern ini, komunikasi dan jaringan semakin berkembang, sehingga kita dapat dengan mudah menangani perbedaan jam antara kedua negara.

Overall, meskipun perbedaan waktu antara kedua negara memiliki dampak yang signifikan pada aktivitas sehari-hari, namun bukanlah hal yang sulit untuk diatasi. Dengan mengingat dampaknya, tetap bijaklah dalam membuat jadwal dan beradaptasi dengan perbedaan waktu. Dengan begitu, kita masih dapat menjaga hubungan bisnis, pendidikan, atau bahkan petualangan wisata dengan Jepang, tanpa merasa terlalu terganggu oleh perbedaan jam.

Cara Mengubah Jam Jepang ke Jam Indonesia


Jam di Jepang dan Indonesia

Jepang adalah salah satu negara yang mempunyai hubungan erat dengan Indonesia, baik dari segi industri, budaya, ataupun pariwisata. Bagi mereka yang sering berkunjung ke Jepang, terkadang bingung bagaimana mengatur jam saat berada di sana karena perbedaan waktu yang cukup jauh dengan Indonesia. Mengetahui cara mengubah jam Jepang menjadi jam Indonesia adalah hal yang penting dilakukan agar bisa lebih mudah memanajemen waktu selama berada di negara yang sering disebut bunga sakura tersebut.

1. Perbedaan waktu antara Jepang dan Indonesia

Perbedaan waktu Jepang dan Indonesia

Perbedaan waktu antara Jepang dan Indonesia adalah 2 jam. Artinya, saat jam 12 siang di Indonesia, di Jepang sudah jam 2 siang.

2. Mengatur Jam Pada Smartphone

Mengatur Jam Pada Smartphone

Salah satu hal yang sering dilihat oleh orang saat melakukan perjalanan ke luar negeri adalah penyesuaian jam pada smartphone. Setiap smartphone memiliki cara yang berbeda untuk mengubah zona waktu pada pengaturan, namun, khusus untuk iPhone pengguna bisa mengatur pada aplikasi “World Clock”. Setelah itu, Anda bisa mengurutkan berbagai kota di dunia sesuai dengan zona waktu masing-masing. Khusus untuk Android pengguna cukup mengatur zona waktu pada pengaturan “Date and Time”.

3. Mengatur Jam Pada Komputer/Laptop

Mengatur Jam Pada Laptop

Komputer atau laptop dengan sistem operasi Windows juga bisa dilakukan penyesuaian zona waktu melalui aplikasi “Settings”. Langkah-langkah yang harus diikuti adalah dengan membuka pengaturan >> “Time and Language” >> “Date and Time” >> “Set time zone automatically” (ditandai dengan mode otomatis) atau Anda bisa juga memilih “Set the time zone manually” (pengaturan manual sesuai zona waktu). Setelah itu, tentukan zona waktu yang sesuai dengan negara tempat tinggal Anda.

Selain itu, bagi Anda yang menggunakan laptop dengan sistem operasi Mac, Anda hanya perlu masuk ke menu “System Preferences” >> “Date and Time” >> “Time Zone”. Setelah itu, Anda mengubah waktu dan tanggal pada pengaturan “Automatically set time zone based on current location” atau memilih zona waktu secara manual pada pengaturan “Time Zone”.

4. Mengatur Jam Pada Perangkat Elektronik Lainnya

Mengatur Jam Pada Perangkat Elektronik Lainnya

Jam pada perangkat elektronik lainnya seperti TV, microwave, oven atau peralatan elektronik lainnya harus diubah secara manual guna memperoleh waktu yang aktual sesuai dengan negara yang Anda kunjungi. Biasanya terdapat tombol pada perangkat elektronik dan petunjuk penggunaan yang bisa dijadikan panduan.

Sekarang, Anda tidak perlu bingung lagi mengatur jam Jepang dan Indonesia. Dengan beberapa langkah mudah di atas, Anda bisa mengatur jam pada berbagai perangkat elektronik yang digunakan dan tidak lagi khawatir kehilangan waktu selama di Jepang ataupun Indonesia. Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda yang akan atau sedang berkunjung ke Jepang.

Bagaimana Kebiasaan Orang Jepang Menjaga Waktu?


jam berapa jepang sekarang

Waktu adalah salah satu hal yang sangat berharga bagi orang Jepang. Mereka sangat menjaga waktu dan menganggapnya sebagai sesuatu yang sangat berharga. Kebiasaan orang Jepang dalam menjaga waktu ini terlihat dari berbagai kegiatan sehari-hari mereka. Seperti apa sih kebiasaan orang Jepang dalam menjaga waktu?

Menghormati Waktu Orang Lain


menghormati waktu orang lain

Orang Jepang memiliki tingkat disiplin yang sangat tinggi dalam menjaga waktu, karena mereka percaya bahwa waktu adalah sesuatu yang sangat berharga dan tidak bisa kembali. Oleh karena itu, Jepang memiliki kebiasaan untuk selalu menghormati waktu orang lain. Mereka senantiasa berusaha untuk datang tepat waktu dalam sebuah pertemuan atau rapat.

Ada juga kebiasaan untuk memberikan peringatan kepada orang lain jika terlambat. Mereka akan mengirim pesan atau telepon untuk meminta maaf dan memberi tahu kapan mereka akan datang. Hal ini dilakukan untuk menghargai waktu yang dimiliki orang lain dan meminimalisir kerugian yang timbul akibat keterlambatan.

Menggunakan Sistem Transportasi Publik


menggunakan sistem transportasi publik

Jepang dikenal dengan sistem transportasi publiknya yang sangat baik dan efisien. Hal ini membuat orang Jepang lebih memilih menggunakan kereta api atau bus ketimbang menggunakan kendaraan pribadi. Selain lebih efisien, penggunaan transportasi publik juga bisa memperkecil kemungkinan terjadi macet dan keterlambatan.

Orang Jepang menggunakan sistem transportasi publik dengan disiplin. Mereka tidak menunda-nunda ketika harus membeli tiket atau melakukan tap card. Mereka juga tidak berbincang-bincang terlalu keras dan selalu memberikan tempat duduk kepada orang yang membutuhkan.

Menggunakan Sistem Pembagian Tugas


menggunakan sistem pembagian tugas

Di Jepang, setiap orang memiliki tanggung jawabnya masing-masing. Oleh karena itu, mereka menggunakan sistem pembagian tugas untuk mempermudah pengelolaan waktu mereka. Ketika seseorang mendapat tugas baru, mereka akan memprioritaskan tugas tersebut dengan memberi deadline. Selain itu, mereka juga akan menindaklanjuti semua tugas yang diberikan oleh atasan atau rekan kerja.

Dalam bekerja, orang Jepang juga menggunakan sistem pomodoro. Sistem ini adalah sebuah metode pengaturan waktu di mana seseorang bekerja selama 25 menit, kemudian memberikan waktu istirahat selama 5 menit. Hal ini berguna untuk membantu seseorang menghindari rasa lelah dan kejenuhan dalam bekerja.

Menjaga Tepat Waktu Dalam Berbagai Kegiatan


menjaga tepat waktu dalam berbagai kegiatan

Bukan hanya dalam bekerja atau kegiatan resmi, menjaga waktu juga penting dalam berbagai kegiatan lainnya seperti berolahraga, belajar, dan lain-lain. Oleh karena itu, orang Jepang sangat menghargai waktu dalam kegiatan-kegiatan tersebut.

Contohnya, dalam berolahraga seperti yoga atau zumba, orang Jepang senantiasa datang tepat waktu dan tidak mengganggu kelas yang sedang berlangsung. Mereka juga akan mengucapkan salam pada guru atau instruktur sebelum memulai kelas.

Dalam kegiatan belajar, orang Jepang juga sangat disiplin dalam mengelola waktu mereka. Mereka datang tepat waktu di sekolah atau universitas, menyelesaikan tugas-tugas dengan segera, dan tidak menunda-nunda dalam mengerjakan tugas-tugas tersebut.

Itulah beberapa kebiasaan orang Jepang dalam menjaga waktu. Kita bisa belajar dari mereka untuk lebih disiplin dalam mengelola waktu kita agar tidak mengalami keterlambatan atau masalah lainnya.

Keunikan Jam di Jepang yang Tak Boleh Kamu Lewatkan


Jam di Jepang

Jepang adalah negara yang terkenal dengan keunikannya yang khas dan cukup mencolok. Dari mulai makanan, budaya, anime, teknologi dan masih banyak lagi. Namun tahukah kamu bahwa Jepang juga memiliki jam yang tidak biasa dan unik? Seperti apa keunikan jam di Jepang yang tak boleh kamu lewatkan? Yuk, simak uraian berikut ini!

Jam Shuriken


Jam Shuriken

Jam Shuriken adalah jam yang satu-satunya di dunia yang dibuat persis seperti senjata Shuriken. Jam yang terlihat seperti kunai yang pertama kali digunakan oleh ninja sebagai senjata mematikan ini bisa menjadi barang antik yang langka untuk dijumpai. Jam ini dibuat dianggap sangat keren dengan bentuk unik dari jam Shuriken yang benar-benar terlihat seperti benda aslinya.

Jam Mekanik


Jam Mekanik

Jam mekanik merupakan jam yang akan mengeluarkan suara dan gerakan seperti di zaman Edo di Jepang. Jam ini dibuat dengan desain khusus yang meniru suara yang dikeluarkan oleh mesin yang digerakan oleh air. Jenis jam ini sangat unik dan sangat jarang ditemukan. Dengan suara dan tampilan mekanik, jam ini akan terlihat sangat keren di tempatmu.

Jam Oborozukiyo


Jam Oborozukiyo

Jam Oborozukiyo dibuat berdasarkan kisah legendaris di masa lampau Jepang. Jam ini terilhami oleh seorang wanita bernama Kiyohara no Motosuke. Jam Oborozukiyo ini mempunyai desain dengan karakteristik khas dari zaman tersebut dan tertera gambar wanita yang mengenakan pakaian tradisional Jepang. Kesan mewah dan elegan dari waktu lampau bisa menjadi dekorasi yang unik di ruanganmu.

Jam Toki


Jam Toki

Jam Toki adalah jam yang menggunakan desain khas waktu Edo pada 1800-an. Jam ini memiliki suara khas yang mengeluarkan nada-nada yang sangat indah setiap kali jarum di atasnya bergerak. Wajah dari jam Toki ini mempunyai contoh lukisan karya Utagawa Hiroshige, seorang pelukis Jepang terkemuka yang terkenal karya-karyanya. Jam ini dapat menjadikan nuansa tenang dan damai di rumah kamu.

Jam Aqua Clock


Jam Aqua Clock

Jam Aqua Clock merupakan jam yang bisa mempercantik keindahan air di dalam aquariummu. Bentuk yang menarik karena berteknologi tinggi, jam ini bisa mengejar waktu akurat dengan titik-titik terang yang tidak mempengaruhi kondisi air di dalam akuarium. Meskipun sebagai pendatang baru, namun jam jenis ini mampu bersaing dengan jam-jam antik lainnya.

Itulah beberapa jenis jam unik dan langka di Jepang yang mampu menarik perhatianmu dengan bentuk dan desain yang khas. Membeli dan memajang salah satu dari jenis jam Jepang di atas di rumahmu dapat membawa suasana baru dan ketenangan yang berbeda, sehingga kamu pun bisa merasakan nuansa tradisional Jepang yang kental.

Iklan