4 Tips Ampuh Menghemat Kuota Internet

 

Menghemat Kuota Internet – Siapa yang tidak membutuhkan smartphone? Saat ini, hampir sebagian besar orang membutuhkan smartphone. Selain sebagai alat komunikasi, smartphone kini lebih banyak digunakan untuk browsing dunia maya, bermain game (offline dan online), dan berkirim pesan instan.

Tentunya untuk melakukan aktivitas ini membutuhkan koneksi internet, bukan? Untuk bisa menggunakan internet, para pengguna smartphone biasanya mengandalkan apa yang disebut dengan paket internet.

Berbagai jenis paket internet ditawarkan oleh operator seluler di Indonesia dengan kuota internet yang beragam. Berapa kuota yang Anda butuhkan sesuai pemakaian. Begitu juga dengan harganya.

Tips Hemat Data Kuota Terbaik

Terkadang masih ada pengguna smartphone yang mengeluh karena paket internetnya boros. Padahal ada tips dan trik bagaimana menggunakan paket internet agar tidak berlebihan. Bagaimana caranya? Lebih lanjutnya baca artikel berikut ini.

1. Pakai mode offline

Untuk bisa menghemat, cara pertama adalah menggunakan mode offline di sejumlah aplikasi. Sebagian besar aplikasi yang Anda gunakan mungkin selalu bersinggungan dengan internet. Namun, ada juga aplikasi yang menyediakan mode offline.

Aplikasi yang dimaksud termasuk YouTube, Google Maps dan Netflix. YouTube, dalam beberapa tahun terakhir, telah mempromosikan fitur unduhan. Fungsi ini bertujuan agar pengguna dapat menikmati konten secara offline tanpa bergantung pada internet.

Hal yang sama berlaku untuk Netflix. Anda dapat menggunakan Wi-Fi di rumah, kampus, atau kantor untuk mendownload video yang ingin Anda tonton terlebih dahulu.

Untuk Google Maps, Anda juga dapat mendownload peta area yang biasa Anda kunjungi sehingga Anda tidak perlu menggunakannya lagi secara online. Selain aplikasi yang disebutkan di atas, aplikasi streaming musik seperti Spotify juga bisa digunakan dengan cara serupa.

2. Matikan paket internet

Opsi berikutnya yang dapat Anda gunakan adalah mematikan paket data. Di hampir semua ponsel cerdas saat ini, pasti ada opsi untuk mematikan paket data atau koneksi internet. Tujuannya pasti untuk menyelamatkan.

Gunakan koneksi internet hanya saat Anda membutuhkannya. Jika tidak, harus dimatikan. Misalnya, saat Anda tidur atau di perjalanan. Dengan menonaktifkan sementara paket data, Anda setidaknya dapat menyimpan.

Sekadar informasi, ada beberapa aplikasi yang masih berjalan di background dan kehabisan kuota internet. Anda juga dapat memanfaatkan Wi-Fi di sekitar Anda, seperti di kantor, rumah, dan lainnya.

Namun, Anda harus berhati-hati menggunakan Wi-Fi publik. Pastikan untuk tidak melakukan transaksi perbankan. Ini dilakukan untuk mencegah peretasan. Selain itu, pastikan untuk mematikan koneksi Wi-Fi saat tidak digunakan untuk mencegah smartphone terus mencari sinyal Wi-Fi yang mengakibatkan habisnya baterai ponsel.

3. Matikan auto-download dan update

 

Apakah Anda pengguna yang memiliki banyak aplikasi di smartphone? Jika demikian, pastikan untuk mematikan fitur unduh otomatis atau pembaruan otomatis di toko aplikasi digital Anda, seperti Google Play Store dan App Store.

Karena jika tidak dimatikan, smartphone akan otomatis mengupdate aplikasi yang kamu miliki. Semakin banyak aplikasi yang diminta untuk diperbarui, semakin banyak kutipan internet yang akan digunakan.

Meskipun Anda ingin aplikasi Anda terus diperbarui, Anda dapat memilih opsi pembaruan hanya dengan menggunakan koneksi Wi-Fi. Aplikasi akan diperbarui secara otomatis saat ponsel Anda terhubung ke Wi-Fi.

4. Nyalakan notif peringatan data

Penghematan paket internet sebenarnya dimulai dari dalam. Anda harus membatasi penggunaan internet Anda dengan menyesuaikan pengeluaran Anda untuk membeli paket internet. Untuk mencegah penggunaan yang berlebihan, Anda dapat mengaktifkan pemberitahuan peringatan.

Anda biasanya dapat menemukan pemberitahuan peringatan ini dengan membuka menu Pengaturan di ponsel Anda. Setel penggunaan data yang Anda inginkan. Misalnya, Anda ingin menggunakan kuota hanya 3 GB dalam satu bulan, lalu tetapkan nomor untuk ditargetkan. Nanti akan ada notifikasi peringatan jika pemakaiannya sudah mencapai angka yang diinginkan.

Nah itu dia empat tips ampuh menghemat kuota internet yang bisa kami bagikan. Sampai bertemu di artikel Tekno Mania berikutnya, semoga bermanfaat!

Baca juga: Daftar Lengkap Rumus Excel Paling Sering Digunakan 2021!

Iklan