Pengertian Domain Authority Dan Page Authority

Mungkin tidak banyak orang yang mengetahui tentang pengertian Domain Authority (D/A) dan Page Authority (P/A). D/A dan P/A sebenarnya masih bersangkutan dan memiliki kaitan yang erat dengan SEO. Karena, D/A dan P/A ini merupakan tolak ukur bagi sebuah situs website apakah situs website tersebut berkualitas atau tidak. Hampir sama dengan PageRank Google, D/A dan P/A bisa diukur berdasarkan angka. Semakin tinggi angka yang di dapat , maka semakin bagus situs website tersebut di dalam penialaian google.

Jika PageRank Google hanya memberikan angka 10 untuk score tertinggi, D/A dan P/A memiliki range lebih tinggi lagi yaitu sampai dengan 100. Lalu, sebenarnya apakah pengertian Domain Authority dan Page Authority itu sendiri?

DOMAIN AUTHORITY (D/A)

Domain Authority (D/A) adalah sebuah tolak ukur untuk sebuah domain situs website secara keseluruhan. D/A ini akan mengukur seberapa kuat nama sebuah domain di dalam mesin pencarian seperti Google, Yahoo, atau Bing. Semakin tinggi score D/A , maka semakin berkualitas juga situs website tersebut dimata mesin pencarian.

Ada 3 Faktor yang dapat digunakan untuk menilai score Domain Authority (D/A)

Usia Domain ⇒ Menunjukan sudah berapa lama domain tersebut bertahan di internet. Semakin lama usia domain akan semakin baik karena ini memperlihatkan konsistensi si owner dalam mempertahankan situs websitenya.

Popularitas Domain ⇒  Semakin banyak backlink / inbound link yang mengarah kepada situs website, maka akan semakin populer juga situs website tersebut. Dengan memanfaatkan kepopuleran ini, maka nilai D/A akan semakin tinggi karena akan dianggap berkualitas dan dapat dipecaya oleh para pengguna (pengunjung).

Ukuran Domain ⇒  Faktor yang satu ini dapat dinilai dari seberapa banyak postingan atau konten yang ada did alam suatu situs website kamu. Dengan semakin banyak postingan artikel, maka akan semakin banyak pula backlink yang akan masuk kedalam situs website anda. Cara ini juga dapat meningkatkan score Domain Authorize kalian loh.

Baca Juga : CARA OPTIMASI SEO ON PAGE PADA WEBSITE / BLOG ANDA

PAGE AUTHORITY (P/A)

Page Authority (P/A) adalah sebuah tolak ukur yang diperuntukan untuk satu halaman saja didalam sebuah situs website. Jadi, jika D/A bermaksud untuk mengukur kekuatan secara keseluruhan, maka P/A mengukur kekuatan halaman tertentu saja. P/A yang tinggi menandakan jika halaman tersebut sering muncul di dalam mesin pencarian dan sering dikunjugi.

Sebtulnya tidak ada cara khusus yang dapat dilakukan untuk meningkatkan score P/A. Tingginya score P/A memang benar-benar didasarkan dariapada isi konten situs website yang benar-benar berkualitas. Maka dari itu, agar score  P/A dapat terus meningkat, kamu harus memperhatikan konten yang original, baru, dan menarik, lalu kamu dapat backlink ke halaman tersebut dan menggunakan Alt Text Image yang diselipkan dengan keywords.

Selain artikel / koten yang berisi banyak dengan keywords namun tetap natural, kamu juga perlu memmperlihatkan hal lain dalam halaman ini seperti title tags, heading, struktur URL, internal link, dll.

BAGAIMANA CARA MENGECHECK SCORE D/A dan P/A PADA SITUS WEBSITE

D/A dan P/A dapat diukur dari 0 – 100. Score yang paling tertinggi adalah 100. Untuk mengetahui seberapa tinggi score D/A dan P/A pada situs website kalian, kalian dapat melakukan pengecheckan menggunakan tools dibawah ini :

KESIMPULAN

Untuk kalian yang ingin menaikan ranking situs website kalian di dalam mesin pencarian, sebenarnya D/A dan P/A sama pentingnya untuk kalian optimalkan. Peran D/A dan P/A ini juga dapat diumpamakan seperti : D/A sebagai rumah dan P/A sebagai kamar. Rumah memang harus bagus dilihat baik dari luar maupun dari dalam (ruang tamu, ruang keluarga, atau daput), tetapi alangkah lebih bagusnya lagi kalau kamar juga sama menariknya seperti yang terlihat di bagian luar rumah. Jadi, untuk mengoptimalkan kinerja SEO, D/A dan P/A harus tetap berjalan berdampingan.

Iklan