Mengenal Beberapa Jenis Nama Tempat di Jepang


nama tempat di jepang

Jepang memiliki berbagai jenis nama tempat yang sangat menarik untuk dipelajari. Di antara nama-nama itu, ada yang mempunyai arti yang kompleks dan rumit. Berikut ini beberapa jenis nama tempat di Jepang yang umum diketahui.

1. Yama (山)


Yama (山)

Yama merupakan kata dalam bahasa Jepang yang artinya adalah gunung atau bukit. Setiap musim, banyak orang yang berkunjung ke Jepang untuk menikmati pemandangan alam indah dari pegunungan yang berada di pulau tersebut. Di Jepang sendiri terdapat banyak sekali gunung-gunung yang terkenal, seperti Gunung Fuji atau Fuji-san (富士山), Gunung Aso atau Aso-san (阿蘇山), dan lain-lain.

Nama tempat yang berhubungan dengan Yama biasanya menggunakan karakter kanji dari kata tersebut, seperti penamaan kota di Jepang antara lain; Yamanashi (山梨), Yamaguchi (山口), Yamanobe (山辺), Yamato (大和).

2. Mizu (水)


Mizu (水)

Mizu dalam bahasa Jepang berarti air dan dipakai sebagai bagian dari nama tempat seperti nama sungai, laut, dan air terjun. Jepang mempunyai banyak sungai yang sangat terkenal, salah satu di antaranya adalah Sungai Kamo atau Kamo-gawa (鴨川) di Kyoto. Ada juga Sungai Kamogawa atau Kamogawa-gawa (釜江川) di Prefektur Chiba, yang merupakan pusat kota di wilayah tersebut dan tempat favorit untuk melihat bunga sakura.

Nama tempat yang berhubungan dengan Mizu biasa menggunakan karakter kanji dari kata tersebut, seperti nama desa atau kota di Jepang antara lain; Mizuho (瑞穂), Mizuke (水気), Mitsumori (三ツ森), dan lain-lain.

3. Hara (原)


Hara (原)

Hara merupakan istilah yang dipakai dalam bahasa Jepang untuk tanah yang rata dan luas. Biasanya tanah tersebut tersedia untuk padi atau untuk tanaman lain seperti teh hijau. Wilayah Chiba dan prefektur sekitarnya merupakan daerah dengan banyak lahan pertanian.

Beberapa kota dan penginapan menggunakan karakter kanji dari kata tersebut untuk menggambarkan ciri geografis di sekitarnya, seperti; Harajuku (原宿), Kiharada (木原田), dan lain-lain.

4. Machi (町)


Machi (町)

Machi dalam bahasa Jepang biasa diartikan sebagai kota kecil atau desa dengan populasi yang tidak terlalu padat. Biasanya nama-nama yang menggunakan pola kata Machi dipakai dalam pola penamaan bangunan, gereja, atau produk-produk mapan.

Beberapa kota dan penginapan berkonsepkan unik dan trendi biasa menggunakan karakter kanji dari kata ini untuk merefleksikan nuansa tradisional Jepang yang kental, seperti bahasa lapisan bergaya Edo, Kyoto, dan lain-lain. Beberapa kota di Jepang yang menggunakan pola penamaan Machi diantaranya; Shimmachi (新町), Yanagimachi (柳町), dan lain-lain.

Itulah beberapa jenis nama tempat di Jepang yang terkenal dan menarik untuk dipelajari. Setiap nama tempat di Jepang memiliki cerita dan nilai budaya tersendiri, sehingga tidak ada salahnya untuk mengunjungi Jepang dan mengeksplorasi keindahan negeri Sakura dengan beragam nama tempat yang ada di sana.

Nama-nama Tempat Yang Diambil dari Kegiatan atau Objek Terkenal


Tempat Wisata di Jepang

Jepang memang terkenal dengan kebudayaannya yang begitu kaya. Tak heran bila banyak tempat-tempat di Jepang yang memiliki nama yang diambil dari kegiatan atau objek terkenal. Berikut adalah beberapa di antaranya yang dapat kita temui di Jepang:

  1. Chureito Pagoda
  2. Chureito Pagoda

    Chureito Pagoda adalah sebuah kuil Buddha yang terletak di Kawaguchi-ko, Yamanashi, Japan. Chureito berasal dari kata Jepang “Churen” yang artinya adalah mengundang atau memanggil. Kegiatan memanggil atau mengundang oleh masyarakat setempat digambarkan dalam festival yang diselenggarakan di sana setiap tahun.

  3. Shin-Yokohama Ramen Museum
  4. Shin-Yokohama Ramen Museum

    Shin-Yokohama Ramen Museum sebenarnya bukan sebuah museum, melainkan festival makanan. Museum ini diberi nama begitu karena menyajikan sejarah dan jenis ramen di seluruh Jepang, serta menunjukkan cara membuat ramen yang berbeda. Shin-Yokohama Ramen Museum berada di Yokohama, Jepang.

  5. Umeda Sky Building
  6. Umeda Sky Building

    Umeda Sky Building adalah sebuah gedung pencakar langit yang terletak di Osaka, Jepang. Gedung ini diambil dari objek terkenal, yaitu langit. Di dalam gedung terdapat observatorium ropeway yang dinamakan Floating Garden Observatory. Dari sana pengunjung dapat melihat pemandangan kota Osaka dari ketinggian.

  7. Odaiba
  8. Odaiba

    Odaiba adalah sebuah pulau buatan yang terletak di Teluk Tokyo, Jepang. Pulau ini diambil dari objek terkenal yaitu “daiba” yang artinya adalah meriam kupola atau benteng. Dalam sejarah Jepang, Odaiba memiliki peran yang penting sebagai benteng pertahanan di masa lalu.

  9. Akihabara
  10. Akihabara

    Akihabara adalah sebuah daerah di Tokyo, Jepang yang diambil dari objek terkenal yaitu sejarah kegiata otaku. Kegiatan otaku seperti cosplay, gaming, anime, dan manga dapat ditemukan di sini. Akihabara juga dikenal dengan nama Akihabara Electric Town karena banyak menjual produk elektronik seperti ponsel, komputer, dan game.

Dari lima tempat di atas, kita dapat melihat bagaimana Jepang memang terkenal dengan kegiatan atau objek-objek yang menjadi ikonik dan terkenal di seluruh dunia. Semua tempat tersebut memiliki nilai sejarah dan kultural yang tinggi dan membuat semua orang merasa nyaman dan tertarik untuk berkunjung ke Jepang.

Asal-usul Dari Nama-nama Tempat di Jepang


Asal-usul-nama-tempat-di-jepang

Jepang adalah salah satu negara yang memiliki banyak sekali tempat-tempat indah yang bisa dikunjungi. Mulai dari kota-kota metropolitan hingga pedesaan yang tenang, semuanya memiliki keunikan tersendiri. Tak hanya itu, masing-masing tempat di Jepang juga memiliki arti dan sejarah yang menarik.

Di artikel ini, kami akan membahas mengenai asal-usul dari nama-nama tempat di Jepang yang mungkin belum banyak diketahui. Yuk simak ulasannya!

1. Tokyo


Asal-usul-nama-tokyo

Sebelumnya dikenal dengan nama Edo, Tokyo merujuk pada Kota Tokyo saat ini yang merupakan ibu kota Jepang. Nama Tokyo berasal dari kata (東京) yang artinya “Ibu Kota Baru di Timur”. Hal ini terjadi ketika pasukan kaisar mengambil alih kekuasaan pada abad ke-19 dan Edo diubah menjadi Tokyo.

2. Kyoto


Asal-usul-nama-Kyoto

Awalnya dikenal sebagai Heian-kyo, Kyoto adalah kota yang telah berusia lebih dari seribu tahun. Nama Kyoto (京都) sendiri berarti “Kota Istana”. Dahulu kala, kota ini pernah menjadi ibu kota Jepang, tempat kaisar berada dan berkuasa. Kyoto juga merupakan kota terkenal dengan keindahan bangunan-bangunannya yang dipengaruhi oleh budaya Jepang tradisional.

3. Yokohama


Asal-usul-nama-Yokohama

Yokohama merupakan kota pelabuhan yang terkenal di Jepang. Nama Yokohama (横浜) berasal dari dua karakter Kanji yaitu 横 (yoko) yang berarti “horizontal” dan 浜 (hama) yang berarti “pantai”. Awalnya, tempat ini adalah daerah berawa-rawa yang kemudian dijadikan pelabuhan karya Belanda pada abad ke-19. Hingga saat ini, Yokohama menjadi salah satu kota metropolitan terbesar di Jepang.

4. Hiroshima


Asal-usul-nama-hiroshima

Hiroshima adalah kota di Jepang yang terkenal dengan tragedi bom atom yang terjadi pada Perang Dunia II. Namun, sebelum tragedi tersebut, kota ini dikenal dengan sebutan Gokamura atau lima desa yang dipimpin oleh daimyo yang kuat bernama Mori Terumoto. Nama Hiroshima (広島) berasal dari dua karakter Kanji yaitu 広 (hiro) yang artinya “luas” dan 島 (shima) yang artinya “pulau”. Menurut sejarah, nama tersebut diberikan oleh Mori Terumoto karena lokasinya yang berada di ujung semenanjung.

5. Nara


nara in japan

Di antara kota-kota di Jepang, Nara merupakan kota bersejarah yang terkenal dengan kuil-kuilnya yang indah. Nara dulunya dikenal dengan nama Heijo-kyo, di mana kota ini menjadi ibu kota Jepang selama beberapa abad sebelum dipindahkan ke Kyoto. Nama Nara (奈良) berasal dari kata narashikunai yang artinya “tidak bergemuruh”. Nama ini direferensiakan pada gunung di belakang kuil Todai-ji, yang menurut masyarakat setempat seringkali tidak berdengung meski mengalami gempa bumi.

Itulah beberapa asal-usul nama-nama tempat di Jepang yang populer. Sejarah dan arti dari nama-nama tempat tersebut memberikan nilai lebih bagi setiap destinasi wisata di Jepang. Bagi para traveler, namun juga penting untuk menghargai dan melestarikan budaya dan sejarah Jepang agar tempat-tempat tersebut tetap dapat dinikmati sampai generasi selanjutnya.

Nama-nama Tempat yang Dapat Merefleksikan Karakteristik Wilayah Tertentu


Jepang

Ketika mencari tempat baru untuk dikunjungi, tidak sedikit dari kita mungkin ingin mengunjungi tempat-tempat yang dapat merefleksikan karakteristik wilayah tertentu. Di Jepang, terdapat berbagai macam tempat yang dapat merefleksikan karakteristik dari wilayah tersebut. Berikut adalah beberapa contoh tempat yang dapat merefleksikan karakteristik wilayah tertentu di Jepang.

Kyoto – Gion


Jepang Kyoto Gion

Gion adalah salah satu tempat yang dapat merefleksikan karakteristik wilayah di Kyoto. Terdapat banyak tempat bersejarah yang masih dipertahankan di tempat ini, bahkan di tengah modernisasi Kota Kyoto yang pesat. Banyak pengunjung yang datang ke Gion untuk melihat geisha yang sedang berjalan di sepanjang jalannya. Selain itu, terdapat berbagai macam restoran tradisional Jepang dan ada juga geisha yang menampilkan tarian atau lagu tradisional.

Tokyo – Shinjuku


Jepang Tokyo Shinjuku

Shinjuku adalah salah satu area yang dapat merefleksikan karakteristik wilayah di Tokyo. Terdapat berbagai macam pusat belanja dan hiburan yang bisa dikunjungi. Selain itu, Ada juga taman-taman kota yang indah seperti Taman Shinjuku Gyoen yang sangat terkenal yang memberikan nuansa hijau di tengah-tengah bangunan tinggi.

Okinawa – Okuma


Jepang Okinawa Okuma

Daerah Okinawa dikenal dengan pantai-pantai yang indah dan tempat menarik yang lain. Okuma adalah salah satu tempat yang dapat merefleksikan karakteristik wilayah di Okinawa. Terdapat banyak pantai indah di Okuma, dan pemandangan lautnya yang jernih dan biru akan memikat siapa saja yang datang ke sini. Ada juga pusat wisata olahraga air yang menyajikan berbagai macam aktivitas seperti scuba diving, snorkeling, hingga rafting.

Hokkaido – Sapporo


Jepang Hokkaido Sapporo

Sapporo adalah salah satu kota yang dapat merefleksikan karakteristik wilayah di Hokkaido. Di musim dingin, Sapporo menjadi lokasi yang sangat terkenal untuk Festival Salju Internasional Sapporo yang menunjukkan berbagai macam patung salju yang dibuat dari salju di salju yang tebal. Selain itu, terdapat banyak tempat wisata yang menarik yang bisa dikunjungi, termasuk Menara Penyiaran TV Sapporo dan Susukino, sebuah tempat untuk menikmati kehidupan malam Hokkaido yang sibuk.

Mengunjungi tempat-tempat yang dapat merefleksikan karakteristik wilayah tertentu di Jepang akan memberikan pengalaman yang berbeda dari wilayah yang lainnya . Dengan memilih tempat wisata yang cocok, kamu bisa merasakan langsung kehidupan di Jepang pada wilayah yang kamu ingin kunjungi.

Tempat Wisata yang Populer Di Jepang Dikelilingi Dari Nama Unik dan Menarik


Golden Pavilion Kyoto Japan

Jepang dikenal sebagai salah satu tempat tujuan wisata yang populer di dunia. Banyak tempat yang indah dan menarik untuk dikunjungi di negara tersebut, seperti gedung-gedung bersejarah, kuil, kuil Shinto, istana, taman bermain, dan masih banyak lagi.

Nama tempat wisata di Jepang terkadang sangat unik dan menarik untuk dilihat. Nama-nama itu sering diambil dari sejarah, kepercayaan, atau tradisi Jepang di masa lalu. Di bawah ini adalah lima tempat wisata populer di Jepang dengan nama unik dan menarik:

1. Kuil Kinkaku-ji (Paviliun Emas)


Kinkaku-ji

Kuil Kinkaku-ji (Kuil Paviliun Emas) adalah kuil Zen di Kyoto, Jepang. Bangunan utama kuil ini memiliki tiga lantai, dan dinding serta atapnya dilapisi dengan emas. Nama Kinkaku-ji berasal dari penampilannya yang mewah dan indah seperti emas (Kin berarti emas dalam Bahasa Jepang). Tempat ini menjadi salah satu tempat favorit bagi wisatawan untuk menikmati pemandangan yang indah.

2. Kuil Fushimi-Inari Taisha


Fushimi-Inari Taisha

Kuil Fushimi-Inari Taisha terletak di Fushimi-ku, Kyoto, Jepang. Tempat ini dikenal memiliki ribuan gerbang torii (gerbang merah yang disusun berjajar) yang mengalir di bukit-bukit sekitar kuil. Gerbang-gerbang tersebut dihiasi dengan pola-pola Jepang dan logo dari perusahaan lokal. Fushimi-Inari Taisha merupakan tempat yang populer bagi warga sekitar maupun wisatawan untuk berjalan kaki dan menikmati keindahan alam sekitar kuil.

3. Istana Himeji


Himeji Castle

Istana Himeji terletak di kota Himeji, Prefektur Hyogo, Jepang. Istana ini terkenal sebagai salah satu istana Jepang yang paling menakjubkan dan indah. Dapat dilihat dari namanya, Himeji berarti ‘Kota Putri’ dalam Bahasa Jepang, sehingga dapat ditebak bahwa istana ini sering menjadi tempat wisata bagi pasangan yang sedang jatuh cinta. Bagian dari istana ini juga menjadi lokasi syuting film-film Jepang terkenal, seperti The Last Samurai (2003) dan Rurouni Kenshin (2012).

4. Kuil Toshogu


Toshogu

Kuil Toshogu terletak di Nikko, Jepang. Kuil ini didedikasikan untuk memperingati Tokugawa Ieyasu, yang terkenal sebagai pendiri Keshogunan Tokugawa. Nama Toshogu sendiri diambil dari nama Ieyasu (yang juga dikenal sebagai Toshogu). Karena sejarahnya yang terkait dengan shogun, tempat ini menjadi salah satu tujuan wisata populer di Jepang. Dapat ditarik kesimpulan bahwa nama Toshogu memiliki makna yang penting bagi orang Jepang.

5. Kuil Senso-ji (Asakusa Kannon Temple)


Senso-ji

Kuil Senso-ji, juga dikenal sebagai Asakusa Kannon Temple, terletak di Asakusa, Tokyo, Jepang. Kuil ini didedikasikan untuk dewi Buddhisme Kannon, yang merupakan dewi pelindung Kota Tokyo. Kuil ini sangat populer karena kecantikan arsitekturnya. Nama Senso-ji diambil dari nama pelindung Kuil Kannon. Tempat ini menjadi salah satu tempat favorit bagi para turis untuk berbelanja cendera mata dan kuliner tradisional di sekitar kuil.

Itulah lima tempat wisata paling populer di Jepang dengan nama tempat dengan ciri khas yang unik dan menarik. Banyak tempat indah lain di Jepang yang menanti untuk mulai dijelajahi, dan nama-nama tempat wisata yang indah tersebut tidak kalah menarik dari contoh di atas.

Iklan