Arti dan Sejarah Kanji


Arti dan Sejarah Kanji

Kanji, atau yang bisa disebut sebagai aksara Cina, adalah bahasa tulisan yang digunakan orang Jepang. Kanji dapat diartikan sebagai gambar yang bersifat abstrak yang mewakili suara atau nama objek. Bentuk tulisan Kanji awalnya didasarkan pada tulisan Cina Kuno sekitar 3000 tahun yang lalu. Adapun sejarah Kanji terbentuk adalah sebagai berikut:

Sekitar 700 SM, Cina kuno mulai menggunakan metode tulisan dengan memahat kertasa-kertasan pada tulang atau kulit binatang. Ada beberapa gagasan bahwa masyarakat Cina pada saat itu menggunakan tulisan berkarakter sebagai alat penyimpanan data historis, catatan kalender pertanian, sanksi hukum dan komunikasi antara kepemimpinan. Dari Cina, metode pembuatan karakter Cina menyebar ke Jepang dan Korea sedikit kemudian.

Setelah sistem tulisan Cina dikenal luas, blok depan berkembang menjadi 214 karakter, yang kemudian dikenal sebagai “Joyo Kanji”. Setelah beberapa reformasi, jumlah karakter menjadi 213 karakter dan digunakan oleh pemerintah Jepang pada tahun 1981 sebagai standard satuan karakter yang harus dikuasai dan dipelajari oleh semua warga negara Jepang. Karena pengaruh tradisi kanji yang kuat di Indonesia, maka banyak orang Indonesia yang belajar kanji. Bahkan, saat ini banyak sekolah bahasa Jepang dan lembaga belajar mengajar yang menawarkan kursus belajar kanji di Indonesia.

Dalam belajar kanji, maka orang Indonesia harus mengetahui arti dari karakter kanji itu sendiri. Sebuah karakter kanji umumnya memiliki arti yang sangat kuat, yang bahkan lebih kuat daripada bunyi yang dihasilkan. Penggunaan karakter Kanji biasanya diawali dengan pengenalan arti atau makna dari karakter itu sendiri. Arti dari Kanji ditentukan oleh filosofi Cina Kuno dan budaya Jepang. Karakter yang umum adalah karakter untuk nama orang, binatang, nama benda, dan nama tindakan. Belajar Kanji tidaklah mudah, karena pengetahuan dasar huruf dan cara tulis yang salah akan sangat mempengaruhi pemahaman dan penggunaannya.

Kanji memerlukan banyak pengulangan dan latihan karena setiap bentuk kanji pluraritas dan positivitas kata yang di bedakan lantaran memiliki arti yang berbeda. Contohnya, karakter kanji 人 (orang) dapat digunakan sebagai subjek atau objek dalam kalimat, sedangkan karakter 木 (pohon) biasa digunakan sebagai benda arsitektural terutama kayu. Pada saat mempelajari Kanji, penting untuk diingat bahwa pelanggan wajib menghafal makna karakter yang tepat dan persis sehingga dapat memahami setiap kalimat yang dituliskan dalam bahasa Jepang.

Kecintaan masyarakat Indonesia pada budaya Jepang juga mempengaruhi banyak orang untuk belajar kanji. Kenyataannya, Kamus Jepang – Indonesia menjadi suatu kebutuhan bagi mahasiswa Indonesia yang mempelajari bahasa Jepang. Namun, belajar bahasa Jepang dan belajar kanji tidak melulu berkaitan dengan bisnis. Seiring dengan perkembangan industri animasi dan game, Jepang menjadi lebih populer di kalangan anak muda Indonesia. Dengan begitu, kepopuleran kultur Jepang di Indonesia semakin meningkat dan belajar kanji menjadi sangat penting untuk memahami budaya Jepang.

Sistem Penulisan Kanji di Jepang


Sistem Penulisan Kanji di Jepang

Dalam bahasa Jepang, Kanji menjadi salah satu komponen penting dalam sistem penulisan. Kanji merupakan karakter asli dari tulisan Cina yang diadaptasi ke dalam tulisan Jepang. Setiap karakter Kanji mewakili makna tertentu, dan terdapat hingga 2.136 karakter Kanji yang dapat digunakan dalam bahasa Jepang.

Sistem penulisan Kanji di Jepang terdiri dari tiga jenis penulisan, yaitu penulisan tangan, penulisan komputer, dan penulisan mesin. Ketiga jenis penulisan tersebut memiliki perbedaan cara penulisannya, namun tetap mengacu pada aturan dan jalur penulisan yang sama.

Penulisan tangan adalah jenis penulisan yang paling banyak digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Dalam penulisan tangan, karakter Kanji digambar dengan menggunakan pensil atau pena di atas kertas. Penulisan tangan mengharuskan penulis untuk mempelajari urutan goresan yang tepat agar karakter Kanji yang dihasilkan dapat dibaca dan dipahami dengan baik. Selain itu, penulisan tangan juga membutuhkan keahlian dalam mengatur letak, perbandingan ukuran, dan jarak antara setiap karakter Kanji agar tulisan tersebut terlihat rapi dan mudah dibaca.

Penulisan komputer adalah jenis penulisan yang dilakukan dengan menggunakan perangkat komputer atau smartphone. Dalam penulisan komputer, karakter Kanji dapat diinput melalui keyboard atau sentuhan layar. Dalam penulisan ini, pengguna harus memasukkan wilayah atau bunyi karakter Kanji yang ingin ditulis, kemudian perangkat akan menampilkan berbagai pilihan karakter Kanji yang sesuai untuk dipilih. Penulisan komputer sangat memudahkan bagi pengguna, namun seringkali karakter Kanji yang dihasilkan tidak memiliki urutan goresan yang sempurna seperti penulisan tangan.

Penulisan mesin adalah jenis penulisan yang jarang terjadi dalam kehidupan sehari-hari. Penulisan ini biasanya dilakukan oleh mesin cetak atau mesin stempel untuk membuat tanda pada kertas atau benda lainnya. Biasanya penulisan mesin dilakukan dalam jumlah yang besar dan disesuaikan dengan ukuran dan jenis mesin yang digunakan.

Mempelajari Kanji merupakan bagian penting dari pembelajaran bahasa Jepang. Proses belajar Kanji memerlukan waktu dan usaha yang cukup, namun dengan konsistensi dan tekun, siapa pun dapat mempelajari karakter Kanji dengan baik. Selain itu, disarankan untuk memperluas kosa kata dan berlatih mengenal kalimat yang menggunakan karakter Kanji agar lebih memahami arti dan penggunaannya dalam bahasa Jepang.

Belajar Membaca dan Menulis Kanji


Belajar Kanji

Belajar kanji merupakan suatu hal yang menarik dan seru untuk dilakukan, apalagi jika kita memiliki hobi dan minat di bidang bahasa. Kanji merupakan satu huruf bahasa Jepang yang sangat penting untuk dipelajari. Meskipun terlihat sulit, belajar kanji bisa menjadi menyenangkan jika kita tahu caranya.

Belajar Kanji Mudah Atau Sulit

Belajar menulis kanji sebenarnya cukup sulit karena harus mengetahui garis-garis dan tanda lengkung serta mendapatkannya secara detail. Proses belajar menulis kanji mungkin membutuhkan waktu lama, namun tidak perlu khawatir karena ada cara mudah untuk melakukannya. Ada dua cara yaitu membaca dan menulis tangan. Kita bisa membuat catatan sendiri untuk menulis kanji supaya lebih mudah dan bisa diingat dengan baik.

Belajar membaca kanji juga tidak kalah pentingnya. Agar bisa membaca kanji dengan baik, kita harus terlebih dahulu memahami bacaan hiragana dan katakana, karena kanji sendiri tidak bisa dibaca secara langsung. Kita juga bisa belajar membaca kanji dengan cara membaca cerita dalam bahasa Jepang yang akan menambah kosa kata kita sekaligus membantu dalam pengenalan kanji. Membaca novel, memperdengarkan lirik lagu dalam bahasa Jepang, membaca manga, dan menonton anime Jepang juga dapat mempercepat proses pembelajaran kita dalam membaca kanji.

Belajar Kanji Jepang

Belajar kanji sendiri sebenarnya tidak harus dilakukan di Jepang. Kita bisa belajar kanji dengan berbagai cara, seperti membeli buku kanji atau menggunakan aplikasi yang kamiunduh di smartphone. Ada banyak aplikasi yang menyediakan pengenalan kanji mulai dari yang mudah hingga yang sulit.

Selain itu, kita juga bisa belajar kanji dengan bergabung bersama komunitas Jepang di Indonesia, mengikuti kursus bahasa Jepang dan menonton film atau konser di Jepang. Dengan adanya teknologi dan kemajuan informasi, belajar bahasa Jepang semakin mudah dilakukan dan kita diberikan akses yang lebih luas untuk belajar kanji.

Kesimpulannya, belajar kanji merupakan suatu hal yang penting untuk dipelajari. Selain menambah pengetahuan kita, belajar kanji juga dapat membuka peluang kerja, meningkatkan kemampuan komunikasi dan semakin memperkaya pengalaman seorang diri. Selamat belajar!

Teknik Mempermudah Pembelajaran Kanji


belajar kanji di Indonesia

Belajar Kanji menjadi suatu hal yang dirasa sulit bagi kebanyakan orang. Mengetahui banyak tanda atau huruf Jepang sedikitnya mencakup sekitar 2000 karakter kanji. Jangan khawatir, terdapat beberapa teknik mempermudah pembelajaran kanji yang dapat mengatasi kesusahan ini.

1. Kenali susunan Radikal dalam Kanji


Radikal dalam kanji

Radikal merupakan elemen penyusun yang sangat penting dalam Kanji. Menguasai susunan radikal merupakan langkah awal dalam mempelajari Kanji. Karena dari sini kita bisa mengetahui cara mudah membaca dan membuat serta menghafal kanji baru. Manfaatkan aplikasi yang tersedia seperti Duolingo, Japanese, Anki, atau Rosetta Stone untuk memperdalam pemahaman radikal.

2. Setelah Mengenal Radikal, Kamus Online Jadi Sahabat Baru


Kamus Jepang Indonesia

Sesudah kami mengenali kesemua susunan Radikal, maka mencari makna dari kanji menjadi lebih mudah. Ada banyak jenis kamus online yang membantu kita menemukan ratusan arti kanji. Beberapa saran kamus online yang bisa diakses seperti Jisho, Kanji Study, atau Wanikani.

3. Metode Menghafal secara Visual


Metode Menghafal Visuak Kanji

Metode menghafal secara visual ialah salah satu cara yang efektif untuk menghafal kanji. Kita bisa mencoba melihat gambar atau menonton video secara langsung pada program belajar bahasa Jepang atau aplikasi online. Metode visual ini sangat membantu kita memperluas kosakata bahasa Jepang. Beberapa aplikasi belajar bahasa Jepang saja juga memanfaatkan metode ini, contohnya seperti Drops atau LingoDeer.

4. Membuat Kalimat sesuai dengan Peran dalam Kehidupan Sehari-hari


Belajar Bahasa Jepang Sehari-hari

Terakhir, membuat kalimat yang sesuai dengan peran kita dalam kehidupan sehari-hari merupakan langkah penting dalam memperkuat kemampuan kita memahami kanji. Memahami tata bahasa Jepang dan membuat kalimat sederhana sesuai dengan situasi kita dalam keseharaian kita akan melatih kita mengingat huruf pelengkap, tata bahasa, dan kosakata sehari-hari yang direkomendasikan. Cocok untuk dipraktikkan lewat aplikasi Drop, Awabe, atau HelloTalk.

Itulah beberapa teknik mempermudah pembelajaran kanji. Kuncinya ialah konsistensi dalam mempersiapkan diri, mau belajar dari kesalahan, dan praktik secara teratur. Percayalah, tertantang dalam mempelajari karakter Jepang dan mengeksplorasi budaya Jepang dapat membuat pengalaman belajar bahasa menjadi lebih seru dan bermanfaat.

Aplikasi Belajar Kanji Terbaik


Belajar Kanji Terbaik

Untuk mempercepat proses belajar kanji, tidak ada salahnya mencoba menggunakan aplikasi yang cukup banyak tersedia di Indonesia. Berikut adalah lima aplikasi belajar kanji terbaik yang bisa kamu coba:

1. Duolingo


Duolingo

Duolingo adalah aplikasi belajar bahasa yang populer di Indonesia. Namun, aplikasi ini juga menyediakan fitur belajar kanji dengan metode gamifikasi sehingga membuat proses belajar lebih menarik. Duolingo berbasis pengulangan dan grafik untuk setiap level yang dicapai oleh pengguna dan berhasil membuat pengguna tidak bosan dalam belajar. Selain itu, Duolingo memberikan kuis dan pembelajaran daring untuk menjawab pertanyaan dan memperoleh lebih banyak poin bagi penggunanya.

2. Memrise


Memrise

Dalam aplikasi Memrise, pengguna dapat memilih berbagai varian bahasa yang ingin dipelajari, termasuk kanji. Aplikasi ini memiliki fitur belajar kanji dengan pengulangan dan tes cepat yang fleksibel sehingga cocok bagi pengguna yang memiliki waktu luang lebih sedikit. Memrise sering memberikan hadiah dan rangking ke penggunanya sebagai motivasi dalam belajar. Selain itu, aplikasi ini juga dikembangkan oleh para ahli bahasa dan menerapkan metode belajar berbasis visual.

3. WaniKani


WaniKani

WaniKani adalah aplikasi belajar kanji khusus yang dirancang bagi pengguna yang tidak memiliki latar belakang dalam bahasa Jepang. Aplikasi ini memiliki fitur belajar kanji dengan metode pembuatan cerita yang mirip dengan memori. WaniKani menekankan pada persamaan karakter dan dilengkapi dengan pengulangan untuk membantu mengingat materi yang telah dipelajari. Selain itu, WaniKani memiliki forum komunitas di mana pengguna dapat berkomunikasi dengan anggota lainnya dan membahas materi terkait bahasa Jepang.

4. Kanji Study


Kanji Study

Aplikasi Kanji Study menyediakan fitur belajar kanji dengan tujuan memperkaya kosakata orang Indonesia dalam menulis huruf Katakana dan Kanji. Aplikasi ini memiliki fitur cerita dan pengulangan dengan grafik yang membantu pengguna dalam melacak kemajuan belajar mereka. Selain itu, aplikasi ini juga dilengkapi dengan prinsip huruf untuk membantu pengguna membedakan penggunaan sehari-hari dalam bahasa Jepang.

5. Anki


Anki

Anki adalah aplikasi yang dirancang untuk mempercepat cepat belajar kosakata dan membantu pengguna merencanakan jadwal belajar yang lebih teratur. Anki dapat menyesuaikan pilihan bahasa dan tingkat kesulitan sesuai dengan kebutuhan pengguna dalam belajar kanji. Aplikasi ini memiliki fitur pengulangan, kartu belajar, dan tes pasangan kosakata yang membuat pengguna lebih mudah menghafal materi yang telah dipelajari. Selain itu, Anki juga menyediakan berbagai plug-in dan tema yang dapat dipilih sesuai dengan selera pengguna.

Dalam memilih aplikasi belajar kanji, kamu harus mengetahui preferensi belajarmu. Ada sejumlah aplikasi yang menyesuaikan metode belajar sesuai tingkat kesulitan bahasa Jepang pengguna. Semoga lima aplikasi diatas bisa membantu kamu dalam menambah kosakata dan belajar kanji.

Iklan