Pemahaman Dasar tentang Jam di Jepang


Jepang jam berapa sekarang

Di Jepang, jam menjadi salah satu hal yang sangat penting bagi orang-orangnya. Bukan hanya digunakan sebagai bentuk pengatur waktu dalam kehidupan sehari-hari, tapi juga sebagai budaya hingga tradisi di Jepang. Namun, bagi orang yang baru pertama kali tinggal di Jepang, terkadang sulit untuk memahami bagaimana cara membaca, menggunakan, dan mengatur waktu di Jepang. Oleh karena itu, di artikel ini akan dibahas pemahaman dasar tentang jam di Jepang.

1. Cara Membaca Jam di Jepang

Secara tidak lazim, orang Jepang lebih sering memakai sistem 12-jam yang biasanya dikaitkan dengan waktu malam dan pagi. Namun, 24-jam juga sering digunakan terutama di tempat-tempat publik seperti bandara, pertokoan, dan stasiun kereta)

Bagi yang belum terbiasa, membaca jam di Jepang mungkin akan membingungkan. Pertama-tama, kamu harus memperhatikan bahwa jam di Jepang menggunakan sistem 12-jam dengan tambahan a.m. atau p.m.

Selain itu, saat membaca jam, orang Jepang menyebutkan terlebih dahulu jam kemudian diikuti dengan menit dan detik. Sikap disiplin mereka juga terlihat dari kebiasaan tepat waktu dan telat menjadi hal yang memalukan di sana.

2. Jam di Jepang selalu diatur tepat waktu

Seperti yang sudah diketahui, Jepang dikenal sebagai negara yang sangat menjunjung tinggi disiplin dan keakuratan, termasuk dalam penentuan waktu. Oleh karena itu, setiap jam di Jepang selalu diatur tepat waktu di mana jam-jam di stasiun dan jam-jam di ruang kelas selalu benar sesuai dengan waktu resmi di Jepang.

3. Batas Waktu di Jepang Sangat Penting

Di Jepang, batas waktu sangatlah penting. Penting bagi siapa saja yang tinggal atau berkunjung ke Jepang untuk tahu waktu yang tepat dalam semua situasi. Jangan sampai terlambat dalam rapat, pertemuan bisnis, atau perjalanan perjalanan kereta. Perhatikan juga waktu saat menunggu di stasiun dan bandara. Jika misalnya sebuah kereta yang kamu tunggu belum datang hingga satu menit pas tengah malam, jangan harap kereta yang ditinggal bisa ditempuh kembali.

4. Jam Tangan Berharga di Jepang

Orang Jepang sangat memperhatikan detail pada jam tangan yang mereka miliki. Banyak dari mereka yang mengoleksi jam dari merek-merek terkenal dari seluruh dunia. Di Jepang, banyak merek jam terkenal seperti Seiko dan Casio. Harga jam di Jepang juga kadang membuat mata kepala terbelalak namun di balik ini, jam yang bisa dibeli disana sangatlah berkualitas tinggi. Jam juga sering diberikan sebagai hadiah di Jepang, contohnya pada saat wisuda atau ketika memulai pekerjaan.

5. Waktu Istirahat Bisa Menentukan Sukses di Jepang

Waktu istirahat sangat penting bagi orang Jepang. Waktu istirahat berarti mempersiapkan kembali tenagamu agar bisa menjadi lebih produktif lagi. Di Jepang kebiasaan tidur siang bukanlah sesuatu yang biasa seperti di Indonesia. Mereka mengistirahatkan dirinya secukupnya dengan tidur malam yang cukup dan mengambil waktu istirahat pada siang hari ketika waktunya istirahat keluar masuk rapat. Kemudian pada jam kerja lagi dia akan lebih bersemangat untuk bekerja.

Demikianlah beberapa pemahaman dasar yang harus diketahui untuk membaca, menggunakan, dan mengatur waktu di Jepang. Semoga artikel ini bermanfaat, terutama bagi kamu yang ingin mengunjungi atau tinggal di Jepang.

Iklan